Bisnis  

Sambut Tahun Baru 2023, Simak Sederet Nasihat Investasi dari Warren Buffett

Sambut Tahun Baru 2023, Simak Sederet Nasihat Investasi dari Warren Buffett

tribunwarta.com – Warren Buffett dikenal sebagai investor sekaligus pengusaha sukses di dunia. Ia juga merupakan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan multinasional Berkshire Hathaway.

Warren Buffett juga dikenal karena setia pada metode investasi value investing. Ia juga dijuluki sebagai peramal dari Omaha.

Untuk dapat berinvestasi seperti Warren Buffett di tahun 2023, tidak perlu dilakukan dengan sesuatu yang luar biasa. Gaya investasi Warren Buffet kerap dinilai tidak rumit.

Warren Buffett berinvestasi dalam bisnis besar yang diperdagangkan kurang dari nilai intrinsiknya. Kemudian ia akan memegang investasi tersebut seiring perkembangan perusahaan.

Dilansir dari The Motley Fool, berikut ini adalah 5 prinsip investasi dari Warren Buffett yang perlu diperhatikan memasuki tahun baru 2023.

1. Mencari Margin Keamanan

Warren Buffett selalu memprioritaskan margin keamanan dalam landasan filosofi investasinya.

Margin keamanan mengacu pada karakteristik investasi yang membantu melindungi investor dari kehilangan uang.

Misalnya, ketika sebuah saham diperdagangkan seharga 10 dollar AS per saham, tetapi aset perusahaan secara realistis bernilai 12 dollar AS per saham, maka ada margin keamanan 2 dollar AS.

Nilai intrinsik aset harus mencegah harga saham perusahaan turun terlalu signifikan.

Ia percaya, harga beli yang terlalu tinggi untuk saham perusahaan yang sangat baik dapat membatalkan efek dari perkembangan bisnis yang menguntungkan selama satu dekade berikutnya.

2. Fokus pada Kualitas

Warren Buffett tidak berinvestasi dalam sampah. Dia biasanya tidak akan membeli bisnis yang dalam kesulitan, terlepas dari seberapa murah harganya.

Ia mengatakan, jauh lebih baik membeli perusahaan yang luar biasa dengan harga yang wajar, daripada perusahaan adil dengan harga yang luar biasa.

3. Jangan Ikut-ikutan Orang Lain

Warren Buffett berpesan, jangan membeli saham tertentu hanya karena orang lain juga memilikinya. Namun demikian, jangan juga bertujuan untuk selalu menjadi pelawan dan menjual saham yang dibeli orang lain.

Warren Buffett menjelaskan, cara terbaik untuk investasi adalah mengabaikan kerumunan sepenuhnya dan fokus menemukan diri sendiri.

Ia berkata, kualitas yang paling penting bagi seorang investor adalah temperamen, bukan kecerdasan.

Seseorang membutuhkan temperamen yang tidak menghasilkan kesenangan besar dari berada bersama atau menentang kerumunan.

4. Jangan Takut pada Pasar yang Terkoreksi

Tujuan yang jelas dari investasi saham adalah untuk membeli rendah dan menjual tinggi, tetapi sifat manusia dapat memaksa kita untuk melakukan sebaliknya.

Saat kita melihat semua teman kita menghasilkan uang, saat itulah seseorang merasa harus mencoba menghasilkan uang juga.

Namun, ketika pasar saham ambruk, sudah menjadi sifat kebanyakan orang untuk keluar sebelum harga turun lebih jauh.

Warren Buffett menyukainya ketika harga saham turun karena menciptakan peluang untuk membeli dengan harga diskon. Itu sebabnya, pada tahun 2022 ini, menjadi tahun yang sangat aktif bagi dia.

5. Terapkan Pola Pikir Jangka Panjang

Salah satu kutipan Warren Buffett yang terkenal adalah, jika Anda tidak ingin memiliki saham selama 10 tahun, jangan pernah berpikir untuk memilikinya selama 10 menit.

Warren Buffett tidak memilih saham hanya karena menurutnya harganya akan naik minggu ini, bulan ini, atau bahkan tahun ini. Ia membeli saham karena dia ingin memiliki bisnis tersebut untuk jangka panjang .

Dia masih sering menjual saham dan untuk berbagai alasan, tetapi dia mendekati sebagian besar investasinya dengan pola pikir memilikinya selamanya.

Itu adalaah strategi investasi dari investor terkenal dunia Warren Buffett yang mungkin dapat direnungkan untuk memasuki tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!