Bisnis  

Mau Gadai Laptop di Pegadaian? Simak Syarat dan Tata Caranya

Mau Gadai Laptop di Pegadaian? Simak Syarat dan Tata Caranya

tribunwarta.com – – Gadai laptop di Pegadaian bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan pinjaman tunai dalam waktu cepat. Terutama bagi masyarakat yang belum bisa mengakses layanan perbankan.

Selain aman dan terdaftar di OJK, cara gadai laptop di Pegadaian juga terbilang mudah. Meski begitu, nasabah perlu mengetahui apa saja syarat gadai laptop di Pegadaian agar pinjaman bisa langsung dicairkan.

Laptop sendiri termasuk salah satu barang yang bisa digadaikan di Pegadaian. Untuk menggadaikan laptop di Pegadaian, nasabah bisa memanfaatkan layanan Gadai Elektronik dari KCA (Kredit Cepat Aman).

Dikutip dari laman resmi Pegadaian, KCA adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif.

KCA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman. Untuk mendapatkan kredit, nasabah hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas, emas batangan, mobil, sepeda motor, laptop, handphone, dan barang elektronik lainnya.

Syarat gadai laptop di Pegadaian

Bagi Anda yang ingin menggadaikan laptop di Pegadaian, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain laptop yang menjadi agunan, syarat lain yang perlu disiapkan adalah kuitansi asli dari laptop yang Anda beli untuk menunjukkan kisaran harga barang tersebut.

Jangan lupa untuk menyiapkan data diri seperti KTP dan dokumen lain yang diperlukan supaya proses gadai yang Anda lakukan tidak menemui kendala. Nantinya, petugas akan membantu Anda menaksir harga pinjaman yang bisa didapatkan dari kondisi laptop yang akan digadaikan.

Secara lebih rinci, berikut syarat gadai laptop di Pegadaian:

  • Fotocopy KTP atau identitas resmi lainnya
  • Menyerahkan barang jaminan yaitu laptop beserta kuitansi aslinya
  • Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)

Cara gadai laptop di Pegadaian

Setelah semua persyaratan lengkap, Anda bisa menggadaikan laptop di Pegadaian. Berikut langkah-langkahnya:

  • Datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan lengkap.
  • Isi formulir pengajuan pinjaman cepat di kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Anda juga bisa mendaftar online lewat Pegadaian Digital Service.
  • Setelah itu, petugas dari Pegadaian akan menaksir dan menilai barang jaminan laptop Anda.
  • Jika disetujui, uang akan ditransfer ke rekening Anda atau diserahkan dalam bentuk tunai.

Keuntungan gadai laptop di Pegadaian

Dikutip dari laman resmi Pegadaian, ada beberapa keuntungan bagi Anda yang menggadaikan laptop di Pegadaian. Berikut penjelasannya:

1. Mudah dan cepat

Agar bisa mencairkan dana dari gadai laptop, Anda hanya perlu menyerahkan KTP dan barang jaminan. Untuk barang jaminan berupa laptop, sertakan bukti pembelian asli dari toko. Setelah lengkap, Anda harus membubuhkan tanda tangan di formulir khusus.

Keseluruhan proses tersebut berlangsung selama kurang lebih 15 menit. Jika lembaga menyetujui pengajuan kredit, Anda bisa menerima dana secara tunai atau nontunai.

2. Tenor dan sistem pembayaran fleksibel

Lembaga formal peminjaman uang biasanya memberlakukan tenor gadai laptop maksimal 120 hari. Jika Anda belum bisa melunasi sampai batas tenor, lembaga tersebut memberikan perpanjangan berulang kali. Syaratnya, Anda harus mencicil barang agunan sesuai dengan nilai penyusutan.

3. Pelunasan mudah

Lembaga formal gadai laptop memberikan kemudahan dalam pelunasan meski belum jatuh tempo. Anda bisa membayarnya tanpa harus takut dikenai denda atau syarat yang memberatkan.

4. Cicilan ringan

Lembaga formal peminjaman uang menetapkan nominal cicilan per hari sesuai kemampuan kreditur. Bunga yang dibebankan pun ringan dan flat. Jika tidak ingin dikenai bunga, Anda bisa pilih pinjaman tenor 60 hari. Namun, untuk jenis pinjaman ini, kreditur harus bayar lunas saat jatuh tempo.

Kerugian gadai laptop

Sementara kerugian dari gadai laptop adalah pekerjaan akan terganggu jika laptop yang digadaikan merupakan alat utama dalam pekerjaan Anda. Terlebih, jika Anda tidak memiliki barang pengganti atau laptop cadangan untuk menunjang pekerjaan.

Selama Anda tidak bergantung pada laptop dalam menyelesaikan pekerjaan, syarat itu tidak menjadi masalah. Sebaliknya, bagi yang membutuhkan perangkat komputer, pinjaman model ini mesti dipertimbangkan.

Selain itu, apabila kondisi laptop Anda sudah lebih dari satu tahun, biasanya harga yang diberikan tidak akan terlalu tinggi. Kondisi laptop tentu akan mempengaruhi besaran pinjaman yang diberikan kepada Anda. Jika kondisi laptop buruk, nilai pinjaman pun semakin kecil.

Itulah informasi seputar cara gadai laptop di Pegadaian serta untung ruginya. Sebelum melakukan gadai laptop di Pegadaian, pastikan Anda melakukan survei terlebih dahulu dan memahami sistem gadai laptop di Pegadaian agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!