Bisnis  

Dekranasda-Bank SumselBabel subsidi harga benang untuk petenun

Dekranasda-Bank SumselBabel subsidi harga benang untuk petenun

tribunwarta.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Bank SumselBabel memberikan bantuan subsidi harga benang 30 persen untuk petenun kain songket di daerah itu.

“Dekranasda-Bank SumselBabel memberikan subsidi pengadaan benang untuk petenun, karena memang harga benang untuk tenun di pasaran cukup mahal, terutama benang emas impor,” kata Ketua Dekranasda Sumsel Febrita Lustia Herman Deru didampingi Ketua Harian Mega Nugraha di Palembang, Sumsel, Kamis.

Dia menjelaskan subsidi harga benang tenun dari berbagai jenis itu disediakan di Toko Kriya Sriwijaya Jl. Balap Sepeda Kota Palembang.

“Namun pembelian benang tenun subsidi ini dibatasi atau tidak boleh belanja melebihi Rp300.000 agar tidak terjadi pembelian borongan oleh bukan perajin tenun, karena masih banyak petenun yang lain membutuhkan benang ini,” katanya.

Harga benang tenun yang dijual di Toko Kriya Palembang ini sama dengan harga di pasaran, tapi toko ini memberikan diskon atau subsidi 30 persen setiap pembelian yang dilakukan perajin tenun kain songket.

Dekranasda Sumsel yang diketuai Febrita istri Gubernur Sumsel Herman Deru ini telah membina lebih kurang 1.600 industri kecil dan menengah (IKM) di 17 kabupaten dan kota di provinsi ini, dan sebagian besar bergerak di bidang industri kerajinan rumah tangga yaitu pembuatan kain songket.

Dekranasda Sumsel selain memberikan subsidi harga benang di Toko Kriya Srwijaya ini, juga telah melakukan bimbingan teknis (Bimtek) bagi perajin tenun agar bisa terus berkembang dengan produksi tinggi baik secara kualitas maupun kuantitas.

Untuk memproduksi kain tenun songket itu cukup lama, makanya harganya cukup tinggi dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per lembar atau tergantung jenis dan kualitas, katanya.

Harga benang subsidi yang disediakan Dekranasda di Toko Kriya Sriwijaya adalah benang katun 80/2 AA 1 pcs seharga Rp1,1 juta, benang tembaga satirbi Rp30.000/pcs, benang katun 80/2 pongara Rp1,05 juta/pcs, benang katun celup warna merah dan merah marun Rp1,3 juta/pcs, dan benang krayon zebra merah cabai, merah hati, dan biru Rp33.000/pcs.

Kemudian benang polyster kyoto biru Rp21.000/pcs, benang polyster garuda warna merah cabai, hijau, dan biru Rp18.000/pcs, benang cristal merek berlian warna gold dan silver Rp180.000/pcs, benang cristal merek diamond gold Rp60.000/pcs, dan benang cristal merek diamond silver Rp50.000/pcs.

Benang cristal warna cap elang Rp60.000/pcs, benang cristal cap elang silver Rp50.000/pcs, dan benang crystal cap bola dunia Rp60.000/pcs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!