Bisnis  

4 Cara Cerdas Atur Keuangan Buat Generasi Sandwich

4 Cara Cerdas Atur Keuangan Buat Generasi Sandwich

tribunwarta.com – Menjadi seorang generasi sandwich tentu memiliki tantangan tersendiri dalam mengatur keuangan. Hal itu disebabkan karena besarnya beban biaya hidup yang membuat diri mereka sulit untuk menyisihkan uang demi masa depannya.

Lantas apakah tidak mungkin bagi seorang generasi sandwich merdeka finansial? Anggapan ini tidak benar, lantaran semua orang di dunia ini pasti bisa menggapai capaian hidup tersebut.

Seperti apa tips cerdas bagi generasi sandwich dalam mengatur keuangan dan berinvestasi? Berikut ulasannya.

Surplus arus kas bersih adalah hasil pengurangan total pemasukan dan pengeluaran. Nilai surplus yang ideal setiap bulannya adalah 10% dari pemasukan.

Surplus bisa didapat dari mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang bersifat keinginan (konsumtif), atau menambah penghasilan.

Jangan pernah mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan wajib dan pokok, lantaran hal itu justru bisa mengurangi kualitas hidup orang yang kita cintai.

Jangan langsung berinvestasi, lantaran keuangan Anda belum tentu aman dan terlindungi. Milikilah dana darurat terlebih dulu, dan lindungi seluruh anggota keluarga dengan asuransi kesehatan atau minimal adalah BPJS Kesehatan.

Investasi mengandung risiko, jangan sampai dana yang sudah kita investasikan harus ditarik lantaran ada salah satu di antara keluarga kita yang butuh biaya berobat.

Dalam keluarga seorang generasi sandwich, tidak menutup kemungkinan bahwa ada anggota keluarga yang sebetulnya masih berada di usia produktif, namun memilih bergantung hidup pada pencari nafkah dan tidak bekerja.

Anggota keluarga yang harusnya Anda bantu penuh adalah mereka yang memang berada di fase bergantung. Bisa disebabkan karena mereka masih di bawah umur atau lanjut usia.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan anggota keluarga yang memang masuk usia produktif, ajaklah dia untuk membantu Anda dalam meringankan beban finansial yang Anda tanggung.

Pilihlah instrumen investasi yang Anda ketahui dengan baik seluk beluknya. Dan lakukanlah secara rutin, dengan bujet yang sudah Anda tentukan setiap bulannya.

Ada baiknya jika penghasilan Anda bertambah, tambahlah pula dana yang akan disisihkan untuk investasi.

Hal itu disebabkan karena, semakin besar dana yang disisihkan, semakin cepat pula bagi Anda untuk merealisasikan tujuan keuangan dan merdeka finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!