Travel  

Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul

tribunwarta.com

Lokasi: Karangwuni, Weru, Sukoharjo, Candi Rejo, Semin, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta 57562Map: Klik DisiniHTM: FreeBuka Tutup: 06.00-18.00 WIBTelepon: –

Keindahan alam Indonesia memang sudah bukan rahasia lagi, negeri yang berbentuk kepulauan dan dikelilingi pegunungan serta samudera yang luas menjadikan negeri ini bak negeri khayangan.

Beberapa spot seperti beragam pantai di Bali, Bunaken, Wakatobi, Lombok, Danau kelimutu hingga Raja Ampat, bahkan telah dikenal luas hingga ke mancanegara.

Namun siapa sangka bila didaerah gk atau gunung kidul, memiliki satu spot yang dapat dikatakan Raja ampat atau danau kelimutunya Yogyakarta dengan nama Telaga biru semin.

Kota yang memiliki banyak julukan ini, seolah menjadi primadona bagi para traveler yang gemar dengan destinasi-destinasi wisata berbau budaya hingga panorama alamnya.

Keindahan Telaga

Telaga yang berlokasi di perbatasan jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini, memang masih terbilang baru dan belum dikelola dengan sepenuhnya sebagai tempat pariwisata.

Setelah sempat dihebohkan dengan keberadaan blue lagoon yang bernama Mata Air Ngreneng di Kec. Semanu, kini GunKid menambah daftar blue lagoonnya dengan spot terbaru yakni Telaga Biru Semin.

Telaga biru yang ber alamat di desa Candirejo dan masuk di wilayah gunungkidul ini, memiliki panorama yang begitu indah untuk anda yang gemar berswafoto baik bersama pasangan maupun sahabat dan keluarga anda.

Pesona kolam kolam dengan warna biru kehijauan,ditambah dengan adanya bukit kapur kecil ditengahnya seolah membawa pengunjung bak tengah berada di raja ampat.

Selain memiliki panorama telaga dengan warnanya yang hijau kebiruan dan dikelilingi tebing-tebing kapur, anda juga akan dimanjakan dengan hamparan sawah dan rimbunan pepohonan yang begitu hijau yang menyejukan mata.

Apalagi bila anda berkunjung pada saat sunrise/sunset, tentunya keindahan yang didapat akan semakin bertambah. Ditempat ini juga ditambahkan tempat wisata lainnya oleh masyarakat setempat, guna menunjang keberadaan Telaga biru yakni watu payung.

Pada bagian puncak watu payung ini, terdapat batuan yang berbentuk bak sebuah payung yang menjadi cikal bakal penamaan daerah wisata ini.

Selain itu warga juga mengadakan gazebo dan sebuah gardu pandang, untuk menambah minat wisatawan berkunjung dengan pemandangan Gunung kidul dan juga jogja yang nampak begitu jelas.

Sayangnya tempat wisata yang satu ini belum dapat dikelola secara maksimal, sebab telaga ini bukanlah sebuah telaga yang terbentuk dengan proses alam, melainkan tempat bekas galian dari penambangan batu kapur di sekitarnya.

Bekas penambangan yang meninggalkan lubang dengan kedalaman 4 hingga 5 meter ini lah yang menampung air hujan dan menghasilkan semburat warna biru kehijauan pada kolamnya.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi tempat yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Hal ini disebabkan, air yang ada di telaga ini sewaktu-waktu dapat mengering tergantung cuaca yang ada.

Sehingga masyarakat setempat, hanya menarik biaya retribusi untuk keamanan parkir sebesar 2.000 rupiah untuk anda yang menggunakan sepeda motor dan 5.000 bagi yang menggunakan mobil.

Dengan biaya yang murah tersebut, anda sudah dapat berfoto sepuasnya dengan background ala-ala danau kelimutu dan raja ampat atau berenang dengan menyewa pelampung/ban yang dikenakan biaya 10.000 rupiah saja.

Ditempat ini juga disediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti toilet untuk membilas tubuh selepas berenang, musholla bagi anda yang ingin beribadah, serta warung makan bagi anda yang kebetulan tidak membawa perbekalan.

Namun bagi anda yang berkunjung ketempat yang satu ini, ada baiknya untuk berhati-hati karena keamanan masih sangat minim, karena air disekitar telaga tentunya sangat dalam dan terutama pada bukit yang biasa digunakan untuk berfoto yang belum dilengkapi dengan pagar pengaman.

Di tempat ini juga terkadang beberapa mobil besar pengangkut hasil tambang, masih berlalu lalang sehingga pengunjung perlu tetap memperhatikan keadaan sekitarnya.

Meski demikian pemerintah daerah mulai saling berkoordinasi untuk menambah kenyamanan dan minat pengunjung dengan di adakannya perbaikan sarana jalan dan juga pembentukan PokDarWis (kelomPok saDar Wisata) untuk mengelola Obyek wisata Telaga Biru kedepannya.

Rute Menuju Lokasi

Bagi anda yang ingin menuju ke tempat ini, dapat memanfaatkan aplikasi peta online seperti google maps yang ada di android anda untuk lebih mudahnya.

Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini dari jogja, dapat mengarah ke utara melalui rute Jalan solo hingga sampai di Prambanan Klaten, dari situ mengarah ke Cawas menuju Sukoharjo, kemudian setelah sampai di tugu perbatasan dengan gn kidul dapat menggunakan jalan yang sudah di cor blok hingga sampai pada denah tujuan.

Bila dari Yogyakarta, bisa juga mengarah ke Jl. Wonosari hingga melalui karangmojo, kemudian semin dan setelah sampai di watukelir, anda dapat melihat petunjuk yang letaknya di pinggir jalan untuk menuju ke Telaga biru semin.

Jadi? Tunggu apalagi? Yuk kunjungi tempat yang tengah hits dan instagramable banget ini sebelum keduluan temanmu! Yuk visit jogja!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!