Travel  

Wisata Sejarah Sekaligus Hunting Foto di Benteng Vastenburg Solo

Wisata Sejarah Sekaligus Hunting Foto di Benteng Vastenburg Solo

tribunwarta.com – Alamat: Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133Map: Klik DisiniJam Buka: 24 JamNo. Telp:–WhatsApp:–

Harga Tiket Masuk

HTM: GratisParkir Motor: GratisParkir Mobil: Gratis

Saat ini trend berwisata ke tempat-tempat kekinian lebih banyak dipilih oleh generasi muda ketimbang memilih liburan ke wisata sejarah. Banyak anggapan bahwa wisata sejarah itu kuno, tidak kekinian dan tempoe doeloe banget.

Padahal sensasi berwisata sejarah lebih seru dan menguntungkan lho. Hampir setiap situs sejarah menawarkan nilai edukasi yang mana mampu memberikanmu ilmu pengetahuan tentang masa lampau.

Solo, merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sampai saat ini masih menyimpan segudang wisata bersejarah. Dari sekian wisata sejarah yang ada di Solo, satu paling recommended untuk dikunjungi ialah Benteng Vastenburg.

Sebagian dari kamu mungkin sudah cukup familiar dengan tempat satu ini ya? Ya, Benteng Vasterburg ini bisa dibilang saudara dari Benteng Vredeburg yang lokasinya ada di Jogja. Jika kamu warga Solo dan Jogja asli pasti sudah pernah dong berkunjung kesini?

Benteng Vastenburg merupakan salah satu situs sejarah peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Meskipun sudah berumur ratusan tahun namun eksistensi Benteng Vastenburg sebagai salah satu destinasi wisata di Solo tidak pernah luntur.

Ya, meskipun keberadaan benteng satu ini memang sempat terabaikan berpuluh-puluh tahun lamanya. Namun saat ini wajah Benteng Vastenburg menjadi lebih terlihat cantik dan exotic setelah pembenahan beberapa tahun lalu.

Banyak muda-mudi yang sengaja datang ke Benteng Vastenburg hanya untuk sekadar berfoto-foto saja didepan bangunan benteng. Benteng Vastenburg sendiri berdiri diatas lahan seluas 40.000 m2.

Karena belum dikelola secara resmi sebagai salah satu objek wisata di Solo, maka tidak ada tiket khusus yang diberlakukan untuk para pengunjung Benteng Vastenburg. Selain itu benteng ini juga bisa didatangi kapan saja alias 24 jam.

Jalan Menuju Lokasi

Buat kamu yang ingin mengunjungi Benteng Vastenburg namun tidak mengetahui dimana lokasinya maka jangan khawatir. Letak Benteng Vastenburg tidak jauh dari Keraton Kasunan Surakarta dimana jaraknya hanya sekitar 2,5 kilometer.

Kamu bisa berjalan kaki akan menggunakan kendaraan bermotor untuk dapat menjangkau lokasi wisata sejarah Benteng Vastenburg ini. Karena aksesnya yang mudah dilalui, kamu pun menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Rute jalan menuju lokasi Benteng Vastenburg bisa melalui Jalan Kapten Mulyadi. Detail rute lengkapnya bisa kamu ikuti arahannya dengan membuka link maps yang sudah kami siapkan diatas.

Fasilitas

Sebenarnya Benteng Vastenburg ini belum resmi disebut sebagai objek wisata di Kota Solo. Sehingga tak usah berekspektasi terlalu tinggi mengenai fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan disini.

Untuk saat ini belum ada fasilitas penunjang yang bisa kamu manfaatkan disini selain area parkir kendaraan. Mengingat peminat benteng ini cukup besar, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya Benteng Vastenburg akan lebih diperhatikan dan kemudian segera dijadikan objek wisata baru di Kota Bengawan.

Dengan begitu nantinya Benteng Vastenburg pun akan dilengkapi oleh ragam fasilitas penunjang lainnya selayaknya sebuah objek wisata. Mari kita tunggu saja kabar baik tersebut supaya cepat terealisasikan ya.

Tentang Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1745 dibawah perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Pembangunan benteng tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pengawasan Belanda terhadap para penguasa Keraton Surakarta.

Selain itu, Benteng Vastenburg ini juga dibangun sebagai pusat garnisun. Letak Benteng Vastenberg ada kediaman gubernur Belanda yang kini menjadi Kantor Balai Kota Surakarta. Bentuk tembok Benteng Vastenburg tersebut berupa bujur sangkar yang ujung-ujungnya ada penonjolan ruang atau disebut juga Selekoh (Bastion).

Kemudian di sekeliling tembok benteng terdapat juga parit yang fungsinya sebagai perlindungan jembatan. Bangunan benteng terdiri dari beberapa barak yang lokasinya terpisah dan memiliki fungsi kemiliteran masing-masing.

Di bagian tengahnya terdapat lahan terbuka yang fungsinya sebagai tempat persiapan para pasukan dan apel bendera. Setelah masa kemerdekaan, benteng ini dipakai untuk markas TNI guna mempertahankan kemerdekaan.

Pada tahun 1970-1980 bangunan benteng ini juga sempat digunakan sebagai pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad serta tempat pelatihan keprajuritan wilayah Karisidenan Surakarta dan sekitarnya.

Setelah lama terbengkalai, akhirnya pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo tahun 2014, Benteng Vastenburg kembali dibenahi dan direnovasi. Hal tersebut terlihat kini wajah Benteng Vastenburg lebih cantik dan aestethic.

Benteng Vastenburg merupakan salah satu tempat yang juga menjadi saksi bisu para pahlawan Indonesia dalam perjuangannya melawan penjajah. Dulunya di tempat inilah para pejuang kita di penjara, disiksa hingga akhirnya dibunuh oleh tentara Belanda.

Untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut, dibangunlah sebuah Tugu Prasasti. Tugu tersebut dibangun di sebelah Selatan Benteng Vastenburg tepatnya di halaman Kantor Koperasi Darmawanita.

Ngapain Aja

Untuk sementara, selain dijadikan sebagai tempat belajar sejarah Benteng Vastenburg juga ternyata cocok sekali untuk hunting foto guna memenuhi kebutuhan sosial mediamu. Bangunannya yang terlihat kuno bisa kamu jadikan latar belakang foto.

Benteng Vastenburg yang dulunya sempat dilupakan, kini tempat ini menjadi wisata sejarah sekaligus selfie baru yang ada di Solo. Bahkan tak sedikit juga pengunjung yang memanfaatkan kunjungan mereka kesini untuk melakukan profesional photoshoot session.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Benteng Vastenburg ialah saat sore hari, dimana suasana dan cuaca udaranya yang adem. Buat kamu yang pengen uji nyali, boleh juga nih eksperimen dengan mengunjungi benteng ini tengah malam. Konon tempat ini juga menyimpan kisah mistis yang cukup mengerikan.

Udah nggak bingung lagi kan kalau pengen mengisi waktu pekan dengan cara antimainstream? Mengunjungi situs sejarah seperti Benteng Vastenburg ini bisa jadi kegiatan yang mengasyikan. Jadi tunggu apalagi? Siapkan outfit terkecemu untuk berpose di benteng tua ini yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!