Travel  

Wisata Pantai Bajul Mati Malang Jawa Timur

Wisata Pantai Bajul Mati Malang Jawa Timur

tribunwarta.com

Lokasi: Desa Bajulmati, Gajah Rejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang 65178Map: Klik DisiniHTM: Rp.10.000 per OrangBuka Tutup: 05.00 – Malam HariNomor Telepon: 0813-3318-3380

Harga Tiket Masuk

Untuk mengeksplor Pantai Bajul Mati yang sangat indah, Anda tidak pergi merogoh kantong terlalu dalam.

Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang. Untuk parkir kendaraan bermotor sebesar Rp.2.000, dan mobil kisaran Rp.5.000.

Malang, kota ini memang salah satu daerah yang cukup terkenal dengan berbagai macam objek wisatanya.

Banyak tujuan wisata yang ramai dikunjungi di sini, entah itu wisatawan berasa dari Indonesia atau pun luar negeri.

Lebih lagi, Batu Malang merupakan salah satu daerah yang terkenal akan keseruan wahana wisata Jatim Park.

Selain beberapa wisata yang sudah terlalu umum, terdapat salah satu kawasan wisata alam Malang yang mempunyai pemandangan begitu indah namanya yakni Pantai Bajul Mati.

Pesona pantai Bajul Mati ini tidak kalah indah dengan Pantai Goa Cina ataupun Pantai Kondang Merak yang begitu terkenal.

Pantai Bajul Mati adalah salah satu pantai di Kab.Malang Jawa Timur yang juga memiliki keindahan tidak kalah dengan pantai lain seperti Pantai Sempu.

Banyak wisatawan menyebut Pantai Bajul Mati sebagai Raja Ampat Mini Jatim karena mempunyai karakteristik yang mirip dengan pantai di Gunung Kidul Yogyakarta seperti pasir putih serta gugusan karang dan gunung kapur.

Pantai Bajul Mati berada di Desa Bajulmati, Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65178. Jika Anda dari Pusat kota Apel, Anda harus menempuh jarak sepanjang 57 km.

Eksplor Keindahan

Meskipun akses untuk menuju ke Pantai Bajul Mati seperti tiada ujung karena jaraknya jauh, namun Anda tidak akan merasa bosan justru terhibur sebab view yang ditawarkan di sepanjang perjalanan cantik dan menarik.

Salah satu hal unik dari pantai tersebut ialah adanya Jembatan Bajulmati yang terlihat cukup mencolok.

Dapat dikatakan jika jembatan Bajulmati merupakan ikon dari daerah tersebut. Bila sudah melihatnya, itu tandanya tidak lama Anda sudah akan sampai di pantai tujuan.

Sesudah memarkirkan kendaraan, Anda akan diberi sambutan oleh semilir angin laut yang sangat menyegarkan.

Bisa dipastikan rasa lelah dan letih sesudah berkendara akan lenyap sesudah kaki merasakan pasir dengan tekstur yang sangat lembut.

Pasir di kawasan Pantai Bajul Mati ini memiliki warna putih kecokelatan dan terhampar begitu luas.

Jika Anda ingin olahraga seperti jogging di Pantai Bajul Mati, Anda bisa dengan mudah melakukannya.

Berenang di Pantai Bajul Mati sebenarnya tidak dianjurkan karena topografi lokasinya curam dan menawarkan ombak yang sangat besar serta sedikit berbahaya.

Sebagai gantinya, Anda dapat menikmati pantai dengan menanti hantaman ombak yang berganti atau bermain air ketika muara sungainya sedang tenang.

Pantai Bajul Mati pernah menelan korban. Tahun lalu terdapat 5 wisatawan yang terseret ombak.

Apalagi kabar tersebut disertai dengan kabar-kabar angker. Dengan adanya berita ini, diharapkan Anda harus semakin berhati-hati dan menjauhi tengah laut saat ingin bermain air.

Ingin sesuatu yang berbeda? Anda bisa bermain-main dengan air yang berada di muara sungai.

Letak sungai ini berada tidak jauh, karena Anda hanya perlu berjalan di bibir pantai sebelah barat.

Air dari muara sungai ini dingin dan menyegarkan. Aliran yang sangat tenang serta berwarna jernih kehijauan memberikan pesona begitu indah, bahkan Anda bisa melihat view di dasar sungainya.

Masih memiliki energi yang cukup besar? Lanjutkan petualangan Anda di Pantai Bajul Mati dengan mengeksplor teluk yang terlihat luar biasa.

Di teluk ini, Anda akan menemukan batu karang berukuran sangat besar, sehingga jika diperhatikan dengan baik, mirip seperti pulau kecil dan hal tersebut justru menjadi perhiasan Pantai Bajul Mati.

Apalagi karena lokasinya berada di tengah pantai, sehingga mirip dengan pulau yang mengambang.

Jika ombak air laut sedang besar, batu karang ini menjadi pemecah ombak sehingga hempasan buih berwarna putih bisa langsung melayang di udara.

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah di Pantai Bajul Mati. Sayang sekali kan, jika momen indah seperti ini tidak Anda abadikan.

Sesudah memperoleh foto terbaik di Pantai Bajul Mati, Anda dapat melanjutkan petualangan dengan pergi ke arah timur, dengan jarak 300 meter dari pantai.

Di sana, Anda akan menemukan spot unik bernama Gua Wil, letaknya tepat berada di bawah bukit karang dan sekitarnya dihiasi dengan pohon ketela serta kelapa milik warga.

Jika penasaran dengan isi gua tersebut, Anda bisa masuk ke dalam lubangnya yang menjorok ke dalam.

Walaupun suasana dari Pantai Bajul Mati cukup sepi, namun tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menyendiri.

Keunikan Pantai

Keistimewaan yang dimiliki oleh Pantai Bajul Mati dibandingkan dengan pantai lainnya adalah keasriannya.

Mungkin di pantai lain, Anda akan menemukan sampah-sampah berserakan sembarangan, namun di Pantai Bajul Mati, tidak ada sama sekali. Karena itu, seluruh pengunjung diharapkan ikut berkomitmen menjaga kebersihan bahari tesebut.

Misteri Legenda

Tidak ada yang mengetahui secara pasti dari mana istilah nama Pantai Bajul Mati ini berasal.

Tetapi, menurut cerita dari beberapa warga yang tinggal di sekitar Pantai Bajul Mati, dahulu spot ini tidak memiliki nama.

Namun, karena pada suatu waktu di sungai ditemukan seekor buaya mati atau bajul raksasa mati. Maka sejak itu, masyarakat sekitar memberi namanya Pantai Bajul Mati.

Selain legenda bajul mati tersebut, ada juga asal usul lain kenapa pantai tersebut dinamakan demikian.

Diberi nama demikian karena terdapat sebuah batu karang yang cukup panjang serta membentuk buaya raksasa.

Entah mitos mana yang benar, namun dibalik legenda tersebut, tetap saja Pantai Bajul Mati mempunyai pemandangan begitu indah.

Menikmati suasana pantai memang paling nyaman sembari duduk. Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda yang menyegarkan.

Memang, di Pantai Bajul Mati tidak banyak warung yang buka, hanya ada beberapa saja dan itu pun saat sedang hari libur atau musim liburan.

Sementara di hari biasa warung-warung yang buka di sekitar pantai ini biasanya bisa semakin sedikit lagi. Agar tidak bingung mencari makanan, Anda bisa membawa bekal makanan sendiri.

Camping di Lokasi

Ingin menikmati keindahannya saat pagi hari? Nah, solusi satu-satunya adalah camping di pinggir Pantai Bajul Mati.

Hal ini disebabkan Pantai Bajul Mati belum terdapat hotel atau penginapan murah, sehingga mau tidak mau Anda harus membawa perlengkapan kemah sendiri.

Oleh Oleh Khas

Seperti yang sudah disampaikan, di sekitar Pantai Bajul Mati tidak terdapat warung, sehingga jika Anda ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga, silahkan mencari di luar pantai.

Biasanya banyak penjual oleh-oleh seperti kaos bertuliskan Malang dan penjual aneka makanan laut yang lainnya.

Biasanya harga oleh-oleh yang ditawarkan di sini pun tidak terlalu mahal, tergantung dari lokasi Anda melakukan pembelian.

Fasilitas

Jangan salah, walaupun Pantai Bajul Mati merupakan pantai yang cukup terpencil, fasilitas di Pantai Bajul Mati cukup memadai.

Di Pantai Bajul Mati sudah terdapat fasilitas dasar seperti kamar mandi, toilet, gazebo, mushola hingga tempat parkir yang luas.

Rute Menuju Lokasi

Jika Anda dari luar kota dan menggunakan alat transportasi umum, lebih baik menyewa mobil atau motor, karena angkutan untuk menuju ke Pantai Bajul Mati masih terbilang cukup sulit.

Jalan menuju ke Pantai Bajul Mati sebenarnya mudah. Dari pusat Kota Malang hanya berjarak sekitar 57 km saja.

Pantai Bajul Mati berlokasi di Desa Gajahrejo, Gedangan. Perjalanan untuk sampai ke sini memerlukan waktu kurang lebih 3 jam dari Malang dengan mengambil jalan ke Sumbermanjing.

Setelah itu, Anda akan menemukan jembatan dengan bentuk buaya mati yang memiliki panjang 90 meter dan bertentuk setengah lingkaran.

Jembatan bajul mati adalah salah satu jembatan yang berada di Lintas Selatan. Anda bisa menggunakannya sebagai patokan.

Bila sudah sampai di jembatan ini, itu artinya Anda sudah sampai di Pantai Bajul Mati.

Untuk arah rute, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Turen menuju ke arah Sumbermanjing Wetan, kemudian pilih jalan ke Sendangbiru lalu mengikuti plang ke Pantai Goa Cina dan Bajul Mati.

Anda cukup mengambil arah kanan kurang lebih 4 km tiba di Jembatan Bajulmati.

Jalanan ke Pantai Bajul Mati sarat akan tikungan tajam dan pegunungan, sehingga perjalanan sampai di lokasi begitu mengasyikkan.

Sebagai saran, hindari mengunjungi Pantai Bajul Mati di sore menjelang malam, karena jalanan akan sulit untuk Anda lihat, apalagi jika menggunakan kendaraan sepeda motor.

Bila masih bingung dan takut tersesat, silahkan gunakan bantuan Google Map. Dengan mengikuti arah petunjuk, akan mempermudah perjalanan Anda sampai tiba di Pantai Bajul Mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!