Travel  

Wisata ke TMII Selama Libur Akhir Tahun 2022, Ada Banyak Event

Wisata ke TMII Selama Libur Akhir Tahun 2022, Ada Banyak Event

tribunwarta.com – Warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin menikmati pergantian malam Tahun Baru 2023, bisa mengunjungi salah satu wisata di Jakarta Timur, yaitu Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ).

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC), berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menyelenggarakan Event Tahun Baru 2023 di ibu kota yang terpusat di TMII.

“Event ini menghadirkan Grup Band Indie, Kesenian Rakyat, dan Parade Budaya Nusantara di beberapa titik lokasi TMII,” ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan beberapa lokasinya antara lain Plaza Keong Emas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara dan Selatan Gedung Pengelola, serta Acara Puncak di Danau Archipelago.

Pertunjukan atraksi budaya selama libur akhir tahun

Selama periode libur akhir tahun Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023, pengunjung tidak hanya bisa menikmati wajah baru TMII dan ragam anjungan, serta wahana yang kembali dibuka setelah revitalisasi pada Minggu (20/11/2022).

Wisatawan juga akan dihibur dengan pertunjukan atraksi budaya, di antaranya Support Anjungan Daerah, Ragam Budaya, Musisi Jalanan, Changing Guard, Color Guard, dan Musik Legenda (Koes Plus).

Lalu, ada Angklung Paglak, Calung, Banyumasan, Sisingaan, Barong Blora, Taman Mini Menari, Musik Gendang Kempul, Jejangkungan, Reyog Ponorogo, Musik Doll Bengkulu, dan Blegajuran.

“Selain itu, PT TWC juga menggandeng seniman pahat dan seniman lukis untuk memberikan atraksi edukatif bagi wisatawan,” imbuh Edy.

Sebagai informasi, pasca sembilan bulan revitalisasi, PT TWC telah membuka pintu destinasi untuk kunjungan wisatawan ke TMII dalam masa Uji Coba Operasional sejak Minggu (20/11/2022).

Artinya, momen libur Nataru 2022/2023 menjadi peak season perdana TMII pasca penutupan selama revitalisasi.

Prediksi peningkatan kunjungan ke TMII saat libur akhir tahun

Dengan wajah baru TMII saat ini, sambung Edy, pihaknya memprediksi terjadi kenaikan signifikan terhadap angka kunjungan wisatawan.

“Ditargetkan 262.000 wisatawan akan mengunjungi TMII selama periode 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023,” tuturnya.

Oleh karena itu, sejumlah persiapan dilakukan PT TWC untuk pelayanan Masa Ramai Nataru 2022/2023.

Di antaranya penambahan akses pintu masuk wisatawan, yaitu Pintu 3 (utama), Pintu 1 dan Pintu 4, dengan jam operasional pukul 06.00 – 16.00 WIB pada Senin – Jumat dan pukul 05.00 – 16.00 WIB pada Sabtu – Minggu.

Adapun khusus Sabtu (31/12/2022), jam operasional TMII akan dibuka lebih panjang hingga pukul 24.00 WIB, Edy mengungkapkan.

“Guna mengantisipasi kebutuhan tambahan area parkir kendaraan wisatawan, PT TWC bekerjasama dengan berbagai pihak untuk penyediaan kantong-kantong parkir cadangan,” terang Edy.

Kantong parkir tersebut tersebar di beberapa titik lokasi yaitu Area Taman Burung, Area PP IPTEK, Area Migas, Museum Komodo, Area Pintu 5 Museum Budaya Tionghoa, dan Museum Purna Bhakti.

Edy menjelaskan, PT TWC berupaya memberikan layanan terbaik bagi wisatawan pada momen Nataru 2022/2023. Pihaknya dikatakan menggandeng komunitas-komunitas seni budaya dan kearifan lokal, sebagai upaya memperkuat akar kebudayaan bangsa Indonesia.

“Besar harapan destinasi-destinasi yang kami kelola, mampu memberikan experience value bagi wisatawan bahkan menjadi sumber inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk berkarya dan berkreasi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!