Travel  

Wisata Curug Panjang Megamendung Bogor

Wisata Curug Panjang Megamendung Bogor

tribunwarta.com – Alamat: Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770Peta Map: Klik DisiniHTM: Wisatawan Domestik: Rp.10.000, Mancanegara: Rp.50.000Buka Tutup: Setiap hari selama 24 JamTelepon: –

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan budaya dan memiliki ratusan bahkan ribuan tempat pariwisata begitu indah.

Terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pulau-pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau kecil lainnya yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Pariwisata di negara ini juga sangat beragam, mulai dari wisata budaya, kuliner dan regili semua tersedia di negara Indonesia.

Daerah di Indonesia juga memiliki sejarah dan keunikannya masing-masing. Salah satu contoh yang juga mempunyai keragaman budaya serta pariwisata adalah kota Bogor.

Kota yang berada sekitar 59 km di selatan Jakarta ini sudah lama dikenal sebagai pusat penelitian dan pendidikan pertanian nasional.

Sebagai salah satu pendukungnya adalah dengan adanya Kebun Raya Bogor dan Institut Pertanian Bogor.

Selain terkenal dengan kebun Raya Bogor, kawasan yang juga disebut kota hujan ini memiliki banyak tempat pariwisata indah dan begitu diminati.

Sudah bukan hal asing lagi bila banyak penduduk Jakarta berlibur di tempat ini, entah menghabiskan waktu liburan panjang atau hanya sejenak menikmati alam kota Bogor selagi senggang.

Sebagai suatu daerah dataran tinggi yang berada di pegunungan, kawasan Bogor memiliki curah hujan cukup tinggi. Hal ini juga menyebabkan banyaknya objek wisata air di kota hujan tersebut.

Beberapa diantaranya adalah Curug Cinta/Curug Love (Sentul, Bogor), Curug Leuwi Hejo (Cibadak), Curug Cilember (Cisarua), Curug Cipayung, Cigalagah di Kuningan, Curug Bulao, serta Curug Panjang.

By the way, ‘curug’, merupakan sebuah kata dari Bahasa Sunda, yang memiliki arti air terjun. Kata ini sering digunakan untuk menyebut air terjun berukuran kecil dan tidak begitu tinggi.

Berhati-hatilah dalam menyebut, dimana juga terdapat satu kota, bernama Curup di daerah Renjang Lebong, Bengkulu.

Lokasi Dimana

Curug Panjang merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Puncak. Tepatnya berada di Desa Citamiang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Letak dari Curug Panjang ini masih termasuk daerah lereng Gunung Paseban. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi, tebing, batu alam yang masih alami.

Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam khas Kabupaen Bogor dengan duduk di batu-batu tersebut.

Karena letaknya yang berada di daerah lereng Gunung, Curug ini bukan satu-satunya objek wisata di Kabupaten Bogor.

Di daerah Megamendung, juga terdapat Curug Cibulao dan Curug Naga, yang letaknya berdekatan dengan Curug Panjang. Ketiganya sudah dikelola oleh pemerintah dan masih terjaga keindahan alamnya.

Lokasi Curug Panjang ini berada cukup dekat dengan tempat wisata yang digunakan untuk melihat dan berinteraksi dengan beragam satwa, yaitu Taman Safari Indonesia, Cisarua.

Taman Safari Indonesia ini letaknya tidak jauh yaitu sama-sama berada di lereng Gunung Paseban. Selain itu, dikelilingi oleh berbagai camping ground untuk camp, villa, river, dan lahat buat berolahraga golf.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi Curug Panjang, bagi yang berasal dari Jakarta, Karangpucung, Cilacap, Depok, Subang, dan daerah sekitar Bogor seperti Kuningan serta Parakan, silakan berkendara menuju Kabupaten Bogor.

Atau Anda dapat juga naik kereta api menuju stasiun Parung Panjang Bogor. Lokasi Curug kurang lebih 20 km atau 1,5 jam berkendara dari Pusat kota dan akan melewati Jalan Raya Bogor Puncak.

Ketika sudah sampai di daerah Megamendung, barulah Anda akan merasakan ‘tantangan’ untuk menemukan letak Curug Panjang.

Dengan medan kira-kira 8 m, Anda akan menemui jalan yang cukup sempit, berbatu, dan masih berupa tanah atau belum diaspal.

Selain itu, Anda akan menemukan spanduk selamat datang di bagian pintu masuk kedatangan Curug Panjang.

Di tempat ini, Anda juga akan membayar tiket masuk serta menitipkan kendaraan yang digunakan. Biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil adalah Rp3.000.

Selanjutnya, silakan menikmati perjalanan sekitar 200 m untuk sampai di air terjun. Berjalan melalui jalan setapak, dengan tebing-tebing tinggi serta pohon-pohon dan bebatuan.

Sesekali bisa juga berhenti sejenak untuk menikmati alam. Mengambil beberapa gambar dan foto buat dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Daya Tarik

Sebagai suatu kawasan wisata di Kab. Bogor, tentunya daerah Megamendung memiliki beragam destinasi wisata, baik itu alam, budaya, sejarah, atau kuliner.

Tetapi, sekalipun memiliki potensi wisata yang besar, banyak dari lokasi spot ini belum banyak dikenal oleh masyarakat umum.

Di satu sisi, hal ini memberikan keuntungan yaitu menjaga kemurnian destinasi wisata ini, seperti air terjun Lemutu di Muara Enim, Sumatra Selatan.

Bila dibandingkan dengan curug lain yang ada di Bogor, Curug Panjang memang tergolong tidak begitu dikenal masyarakat.

Namun, hal ini justru dapat menjadi nilai plus bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu berliburnya tanpa harus berdesak-desakan dengan banyak pengunjung lain.

Daya tarik utama dari Curug Panjang tentu adalah keindahan tempatnya. Berada di daerah Bogor yang begitu asri dan sejuk.

Selain itu, karena merupakan suatu curug alami, air yang mengalir sangat jernih. Pengunjung bisa menikmati kesegaran sungai Cirangrang yang dialirkan melalui Curug Panjang, Curug Blao dan beberapa curug di sekitarnya.

Seperti yang sudah dikenal oleh orang-orang, Suku Sunda di daerah Bogor terkenal akan keramahan penduduknya.

Wisatawan domestik maupun mancanegara yang silih berganti berdatangan di Bogor, pasti akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat Bogor.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam indah, udara sejuk dan bersih, tetapi juga mendapatkan perlakuan ‘serasa di kampung sendiri’, tentu membuat mereka yang sudah pernah mendatangi kawasan Bogor ingin datang lagi.

Salah satu hal unik dari Curug Panjang ini adalah aliran airnya. Pada umumnya, air terjun mengalirkan airnya secara vertikal, dari ketinggian tebing hingga ke dasar yang menyebabkan terbentuknya suatu kolam atau aliran sungai kecil.

Tetapi aliran air di Curug Panjang ini memiliki posisi miring yang kemudian memanjang dengan kepanjangan sekitar 20 m.

Fasilitas dan Aktivitas

Sekalipun belum merupakan lokasi wisata terkenal, fasilitas di Curug Panjang ini cukup memadai ada mushola, toilet, pusat info, pos untuk tiket dan kendaraan bermotor serta tempat sampah.

Pengunjung diperkenankan untuk membawa makanan atau bekal sendiri selama menikmati keindahan alam di Curug Panjang.

Namun, bila Anda tidak sempat untuk membuat bekal ataupun membawa makanan, tidak perlu khawatir karena di daerah sekitar Curug Panjang terdapat warung yang menjual makanan.

Beberapa makanan yang dijual adalah seperti rujak, gorengan, cilok, dan beberapa makanan khas Jawa Barat lain.

Selain menikmati pemandangan dan kesegaran air, di Curug Panjang ini, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain, salah satunya adalah berenang.

Dengan air yang jernih serta segar, berenang di Curug Panjang merupakan suatu kegiatan mengasyikkan dan menolong untuk refreshing, rehat sejenak dari kesibukan.

Bila ingin berenang, pihak pengelola juga menyediakan pelampung dan disewakan dengan harga Rp15.000 per orang.

Namun, perlu hati-hati ketika berenang atau melakukan kegiatan air lain seperti body rafting ataupun lainnya di river di sekitarnya.

Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu, di awal tahun 2022 terjadi tragedi kecelakaan yang mengakibatkan korban.

Banyak kemungkinan penyebab kecelakaan ini, dimulai dari arus deras, banyaknya batu curam, sampai dengan lokasi yang dikenal angker.

Selain berenang, pengunjung juga bisa pergi ke curug lain yang juga dialiri aliran Sungai Cirangran dengan track menyusuri aliran sungai.

Contohnya adalah dengan tracking melawan arus sungai, dan dengan kira-kira satu jam perjalanan pengunjung akan bisa mencapai Curug Bulao.

Track bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa berjalan kaki, gowes alias bersepeda, atau menggunakan alat transportasi darat lainnya.

Lokasi wisata di Curug Panjang ini terdiri atas dua wilayah, yaitu wilayah air terjun dan wilayah camping gound.

Di daerah Curug Panjang ini juga disediakan fasilitas agar pengunjung bisa camp ataupun melakukan trekking (trek) di Curug Panjang.

Camping ground di Curug Panjang ini disewakan termasuk dengan fasilitas untuk camp seperti tenda, pasak, dan berbagai kelengkapannya.

Bagi pengunjung yang ingin menyewa tenda, pengelola Curug Panjang memberikan tariff sekitar Rp420.000 untuk penyewaan.

Dengan harga sewa ini, pengunjung sudah bisa mendapatkan tenda untuk 6 orang, termasuk dengan sleeping bag, matras serta penerangan camp.

Tips Berkunjung

Sungai Cirangcang tergolong sungai dengan arus air yang cukup deras, terutama air yang mengalir ke Curug Panjang.

Dengan demikian, sangat disarankan bagi pengunjung untuk membawa pelampung atau alat-alat keselamatan air pribadi lainnya.

Terutama bagi pengunjung yang tidak dapat berenang dengan baik, disarankan untuk sangat berhati-hati mengingat kedalaman air di Curug Panjang adalah sekitar 3-7 meter.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi mereka yang tidak fasih berenang. Pastikan untuk menjaga keselamatan agar tidak ada korban akibat dari ketidakhati-hatian.

Bagi pengunjung yang tidak mempunyai pelampung atau alat keselamatan air pribadi lainnya, tidak perlu cemas, karena pihak pengelola sudah menyediakan persewaan alat keselamatan seperti pelampung yang dapat Anda sewa.

Jika ingin berenang di Curug Panjang, silakan siapkan baju ganti. Pengunjung dipersilakan untuk menggunakan toilet yang disediakan untuk berganti pakaian.

Pastikan untuk menjaga barang bawaan secara pribadi karena belum disediakan penitipan barang. Andalah yang bertanggungjawab atas keamanan barang.

Gunakanlah teknologi GPS seperti Google Maps atau map online lainnya, serta juga GPS (Gunakanlah Penduduk Sekitar) dengan bertanya.

Akses untuk mencapai Curug Panjang sebenarnya tidak sulih, namun belum ada penunjuk arah yang memadai sehingga pengunjung dimungkinkan akan tersesat atau mencapai rute salah.

Perbanyaklah info, terutama tentang jalur yang harus dilalui untuk mencapai Curug Panjang.

Bila Anda seorang traveler, boleh juga dengan mencatat koordinat Curug Panjang lalu memanfaatkan legenda pada peta atau kontak dengan penduduk sekitar. Naik apapun, motor, mobil, tidak ada persoalan.

Silakan datang kapanpun, sesuai dengan waktu senggang yang Anda miliki. Wahana ala mini dibuka 24jam selama 7 hari, alias buka terus, tidak pernah tutup.

Namun, pastikan juga kondisi cuaca di daerah Bogor ketika Anda berkunjung ke Curug Panjang. Akan lebih menyenangkan dan aman ketika berkunjung di musim kemarau daripada berhujan-hujan.

Manfaatkan waktu Anda untuk berwisata ke objek wisata lain yang ada di sekitar Curug Panjang, seperti Taman Safari Indonesia, Kebun Raya Bogor, dan lain-lain.

Akhir kata, selamat bersenang-senang di Wahana Alam Curug Panjang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!