Travel  

Tradisi Lebaran di Indonesia 2022, 5 Hal Ini Lumrah Dilakukan Masyarakat Kita

Tradisi Lebaran di Indonesia 2022, 5 Hal Ini Lumrah Dilakukan Masyarakat Kita

tribunwarta.com – Apa yang terbayang di benak anda saat mendengar kata lebaran? Liburan panjang? Mudik ke kampung halaman? Bercengkrama dengan sanak saudara? Semua aktivitas khas lebaran tersebut selalu mewarnai momen lebaran di Indonesia.

Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, Indonesia kaya akan tradisi menjelang dan usai lebaran. Sebut saja lebaran ketupat bagi sebagian masyarakat di daerah Sumatera Barat dan Riau atau ziarah makam bagi sebagian besar umat muslim di Indonesia.

Ada beberapa tradisi unik yang hanya ditemukan saat libur lebaran tiba. Penasaran apa saja tradisi unik tersebut? Berikut beberapa diantara tradisi unik yang kerap anda jumpai di Indonesia.

1. Mudik

Tak ada yang tahu pasti siapa yang pertama kali menciptakan kata ini. Beberapa sumber menyebutkan kata mudik berasal dari bahasa betawi, udik yang berarti kampung. Menurut KBBI, mudik adalah pergi atau berlayar ke arah hulu (pedalaman).

Sedangkan bahasa jawa ngoko mengartikan mudik sebagai mulih dilik atau pulang sebentar. Pulang sebentar bagi para perantau yang mencari nafkah di ibukota atau kota-kota lainnya.

Seiring urbanisasi yang meningkat, istilah mudik terdengar lazim digunakan oleh masyarakat. Para perantau menjadi orang-orang yang terbiasa melakukan ritual mudik.

Momen liburan dimanfaatkan mereka untuk pulang ke kampung guna bertemu dengan sanak saudara. Berbagai pilihan transportasi tersedia untuk memfasilitasi para pemudik, mulai dari kereta api, bus sampai pesawat terbang.

Pemerintah turut memberi kuota tambahan guna mencukupi kuota para pemudik dari dan menuju kota-kota di seluruh tanah air.

2. THR

Siapa yang tengah menunggu THR atau tunjangan hari raya? Setiap orang selalu menunggu yang satu ini tatkala lebaran tiba. Bagaimana tidak, THR identik dengan angpao yang diberikan oleh orang yang lebih tua kepada yang muda.

Biasanya mereka yang telah bekerja juga diberondong THR oleh keponakan atau adik-adik. Jadi, anda yang sudah bekerja siap-siap memberikan THR kepada sanak saudara. Persiapkan dari jauh-jauh hari agar tak memberatkan keuangan anda saat lebaran tiba.

3. Kue lebaran

Kue-kue cantik dan lezat berjajar rapi di atas meja dalam stoples-stoples. Di Indonesia sendiri, kudapan ini menjadi wajib disediakan di setiap rumah-rumah. Tidak ada ketentuan pasti memang mengapa kue lebaran harus tersedia saat lebaran tiba.

Tetapi tradisi membuat kue lebaran masih bertahan hingga saat ini. Bahkan beberapa orang sengaja membuat kue lebaran untuk dikirim ke sanak keluarga sebagai bingkisan. Tradisi bertukar kue lebaran tersebut lumrah dilakukan, bahkan di pelosok daerah.

Meskipun terlihat ribet, nyatanya bertukar kue lebaran menjadi pererat tali silahturahmi antar saudara. Anda yang mungkin tak sempat membuat kue jenis tertentu bisa mendapatkannya dari bingkisan.

Begitu pula sebaliknya, saudara dapat mencicipi dan menyajikan kue yang anda buat untuk tamu mereka. Jenis kue yang umum kita jumpai adalah nastar, kastangel, lidah kucing, bola-bola coklat atau kacang goreng yang dibumbui bawang.

4. Silahturahmi

Kapan terakhir kali anda mengunjungi saudara di kampung? Mungkin momen lebaran menjadi waktu yang tepat untuk anda berkunjung ke rumah famili. Jika di hari biasa anda menunggu momen tertentu atau acara, kini tidak demikian.

Lebaran membantu anda memperbaiki silahturahmi yang sebelumnya renggang dan terputus.

Anda bisa datang ke rumah saudara-saudara di kampung dan bercengkrama sembari menanyakan kabar. Setelah bertahun-tahun tak bertemu, idul fitri tentu membuat suasana canggung lebih cepat mencair.

Bukan hanya bersilahturahmi dengan sanak saudara, berlebaran di kampung juga diwarnai dengan berkunjung ke para tetangga. Bahkan beberapa tetangga baru yang tak dikenal juga menjadi tujuan kunjungan anda.

Lumrah memang, mengingat kehidupan di kampung yang terjalin kuat antara satu dengan yang lainnya. Cara ini juga bisa anda jadikan sebagai langkah tepat untuk mengenal orang-orang baru.

Mana tahu saja mereka bisa menjadi teman anda dalam berbisnis atau hubungan pekerjaan lainnya di kemudian hari.

5. Berbelanja pernak-pernik khas lebaran

Pasar dan mall menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi di hari-hari terakhir bulan ramadan.

Seminggu atau lebih sebelum lebaran, orang-orang sengaja berbelanja berbagai perlengkapan lebaran. Toko baju menjadi salah satu toko yang paling ramai dan diburu oleh masyarakat.

Membeli baju baru adalah salah satu tradisi yang melatarbelakangi mengapa orang-orang doyan belanja di hari terakhir ramadan. Tak hanya baju, stoples sampai sajadah juga masuk dalam daftar belanjaan.

Tradisi mana yang selalu anda lakukan menjelang lebaran tiba? Atau anda termasuk pelaku semua tradisi di atas? Indonesia memang kaya akan tradisi khas lebaran yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Jangan sampai anda melewatkan euphoria lebaran tanpa penuh sukacita. Momen yang terjadi sekali dalam setahun ini bisa anda jadikan untuk kembali bersama keluarga tanpa harus dipusingkan dengan beragam persolan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!