Travel  

Tonjong Canyon Tasikmalaya

Tonjong Canyon Tasikmalaya

tribunwarta.com – Lokasi : Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Jawa BaratMap : Klik DisiniHTM : Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per OrangBuka Tutup : 24 JamTelepon : –

Selain dikenal sebagai kota santri, kota Tasikmalaya juga dikenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Hal ini, dibuktikan dengan keberadaan bermacam jenis wisata alam yang bisa dijumpai di setiap sudut kota tasikmalaya.

Berbagai jenis wisata tersebut diantaranya adalah wisata bahari di pantai sindangkerta, wisata air di situ gede, wisata alam di curug dengdeng dan wisata alam di tonjong canyon yang secara khusus akan kita bahas pada artikel ini.

Wisata Tasik

Sebagian dari anda mungkin baru pertama kali ini mendengar nama tempat wisata tonjong canyon. Kami maklum karena memang lokasi wisata alam yang satu ini belumlah terlalu populer seperti tempat-tempat wisata lainnya di tasikmalaya.

Hal ini dikarenakan belum maksimalnya upaya pengelola dalam hal pembangunan fasilitas dan promosi. Pemerintah pun sepertinya kurang begitu bersemangat dalam membangun infrastruktur untuk pengembangan lokasi wisata tonjong canyon.

Padahal. Apabila melihat potensi tempat wisata tonjong canyon ini. Bila diperhatian dengan lebih serius oleh pemerintah atau pihak pengelola. Maka bukan tidak mungkin ia akan menjadi sumber income tambahan untuk masyarakat dan pemerintah daerah.

Namun meskipun belum terlalu populer. Tapi pengunjung tempat wisata ini juga tidak bisa dibilang sedikit. Pada waktu-waktu tertentu semisal hari minggu atau hari libur panjang, puluhan hingga ratusan orang biasanya akan memenuhi lokasi wisata tonjong canyon.

Jadi jangan buru-buru mencap tonjong canyon sebagai tempat wisata yang kurang menarik. justru di tempat inilah anda akan menemukan pengalaman liburan yang lain dari biasanya.

Apa Daya Tariknya

Tonjong canyon adalah sebuah lokasi wisata air yang menawarkan keindahan alam berupa jernihnya air sungai dengan hiasan tebing-tebing kecoklatan di atasnya.

Bagi anda yang mendambakan ketenangan dan kesejukan alami untuk melepaskan penat. maka tonjong cayon adalah lokasi yang pas untuk didatangi.

Ada beragam aktivitas liburan yang bisa anda lakukan di tonjong canyon. Di tempat ini, anda bisa menyegarkan badan dan fikiran dengan mandi atau berenang mengikuti aliran air sungai sepanjang 60 meter.

Ataupun kalau tidak suka berenang. Anda juga bisa menenangkan fikiran dengan duduk santai di atas tebing sambil menyaksikan panorama alam sekitar tonjong. Atau bisa juga dengan mengarahkan pandangan ke bawah menikmati jernihnya air sungai.

Hal lainnya yang bisa anda lakukan ketika berada di tonjong canyon, selain berenang dan duduk santai adalah berfoto. Tekstur tebingnya yang khas ditambah rimbunan pepohonan disekelilingnya, membuat tempat ini berpotensi untuk dijadikan sebagai spot foto yang unik.

Dan bila anda ingin menguji nyali. Anda bisa menceburkan tubuh ke dalam air dengan diawali lompatan dari atas tebing. Dengan cara ini, dijamin adrenalin anda akan memuncak tatkala tubuh melayang menghujam permukaan air.

Tenang saja. tempat ini sangat aman untuk melakukan jumping. Tidak ada sama sekali batu besar di dasar sungai, sehingga sekeras apapun anda melompat akan tetap aman.

Sarana dan Fasilitas

Melihat potensinya yang cukup besar untuk menjadi destinasi wisata populer. Pengelola ataupun pemerintah daerah sepertinya harus mulai memperhatikan mengenai sarana dan fasilitas penunjunga yang ada di tonjong canyon.

Dengan semakin bertambahnya jumlah pengunjung yang tertarik untuk mendatangi lokasi wisata ini. Maka fasilitas-fasilitas yang ada sekarang rasanya masih sangat-sangat kurang.

Adapun fasilitas yang saat ini tersedia di tonjong canyon ialah area parkir, musholla, kamar mandi serta penginapan.

Fasilitas-fasilitas tersebut sepertinya harus ditambah dengan fasilitas lain misalnya gazebo sebagai pilihan tempat duduk pengunjung, information center sebagai tempat penyaluran informasi serta sarana bermain tambahan bagi anak-anak.

Rute Menuju Lokasi

Obyek wisata tonjong canyon terletak di desa nagrog, kecamatan cipatujah, kabupaten tasikmalaya jawa barat. Untuk sampai di tonjong canyon. Anda bisa memilih beberapa jalur berikut ini.

Jalur pertama yang bisa anda pilih yakni dengan memulai perjalanan dari pusat kota tasikmalaya ke arah karangnunggal. Setelah sampai karangnunggal, selanjutnya anda pilih jalur ke kiri yang mengarah ke cipatujah. Dari kecamatan cipatujah, lanjutkan perjalanan anda menuju desa nagrog.

Nah setelah sampai di desa nagrog, perjalanan anda tersisa sekitar 3 KM menuju lokasi. Dari desa nagrog ke lokasi tonjong canyon hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Kemudian jalur kedua ialah melalui darawati menuju cikalong dengan jarak tempuh sekitar 4 KM. Yang perlu diingat adalah anda hanya bisa melewati jalur ini dengan kendaraan roda dua saja. jadi apabila anda menggunakan mobil. Maka pilihlah jalur pertama.

Dari cikalong lah kemudian anda bisa langsung menuju lokasi tonjong canyon dengan berjalan kaki sejauh 3 KM.

Harga Tiket Masuk

Meskipun belum termasuk obyek wisata populer. Namun untuk bisa menikmati keindahan tonjong canyon. Anda tetap harus membayar tiket di pintu masuk.

Harga tiket yang dipatok saat ini ialah antara Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 saja. Cukup murah apabila mengukurnya dengan apa yang akan anda temui dan bisa dilakukan di dalam kawasan wisata tanjong canyon.

Buka Jam Berapa

Anda bisa mengunjungi obyek wisata tonjong canyon kapan pun anda mau. Di hari kerja ataupun hari libur, obyek wisata ini tetap dibuka oleh pengelola. Hanya saja sebelum datang, anda harus memilih waktu yang tepat dengan cuaca yang bagus.

Sebaiknya jangan datang saat musim hujan. Disamping jalanan menuju lokasi tonjong sangat licin, air sungainya juga akan keruh dan alirannya sangat deras.

Tips Liburan

Agar liburan anda ke tonjong canyon dapat berjalan lancar dan lebih bermakna. Maka sebaiknya anda mempersiapkan segala hal yang mungkin akan anda perlukan saat dalam perjalanan dan saat tiba di tonjong canyon.

Beberapa hal yang perlu anda siapkan diantaranya adalah makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan seperti sabun mandi dan sikat gigi serta perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan.

Jangan lupa juga untuk membawa alat komunikasi seperti handpone serta kamera untuk keperluan mengabadikan moment-moment indah di tonjong canyon.

Dan terakhir, pastikan juga kondisi fisik anda sudah prima. Jangan lanjutkan perjalanan kalau memang tubuh sedang tidak fit. Tentu tidak akan membahagiaan apabila berlibur dalam kondisi tubuh yang sakit kan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!