Travel  

Tips Liburan ke Singapura yang Penting untuk Pemula

Tips Liburan ke Singapura yang Penting untuk Pemula

tribunwarta.com – Dengan banyaknya promo-promo tiket pesawat murah ke Singapura, banyak pelancong dari Indonesia yang berwisata ke negara ini. Singapura terkenal sebagai surganya belanja sehingga banyak yang datang ke negara ini untuk membeli barang-barang kesukaannya. Namun sekarang tak melulu belanja, para wisatawan juga datang ke Singapura untuk menjelajahi tiap sudut dari negara kecil ini.

Bagi para pemula, mungkin agak kebingungan ketika harus mempersiapkan semuanya sebelum liburan ke Singapura. Bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat, penginapan, barang yang harus dibawa dan masih banyak lagi. Supaya kamu tak pusing, cobalah untuk membaca tips liburan ke Singapura sebelum pergi berikut ini!

1. Pakai Pakaian yang Tepat

Seperti yang kamu ketahui Singapura berada di Asia Tenggara, makanya beriklim tropis seperti Indonesia. Ini artinya kamu tak perlu bawa jaket mantel tebal seperti untuk liburan musim dingin.

Cukup bawa pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik karena suhu di negara ini rata-rata antara 25-31 derajat sepanjang tahunnya dengan kelembapan yang cukup tinggi.

Walaupun umumnya musim di Singapura tak begitu berbeda, tapi umumnya dari bulan November hingga Januari rata-rata curah hujannya cukup tinggi. Jadi, kalau kamu hendak berlibur di bulan-bulan tersebut, bisa membawa baju hangat biasa saja juga raincoat plastik yang tipis atau payung lipat.

2. Peta Transportasi dan Peta Wisata

Jangan anggap sepele peta. Meskipun Singapura tak seluas Indonesia atau tak serumit Jakarta, tapi saat berada di negara orang untuk pertama kali, peta adalah teman terbaikmu. Untuk mendapatkan peta Singapura, saat kamu tiba di bandara Changi, mau di terminal mana pun, 1,2 atau 3, kamu akan dengan mudah menemukan booklet atau brosur yang ditempatkan di rak dekat pintu imigrasi.

Jadi pastinya tidak akan sulit untuk menemukan peta Singapura. Kamu bisa juga mencarinya di bagian informasi. Cek dulu ya sebelum mengambil brosur karena tersedia brosur dalam berbagai bahasa. Kalau sulit mencari yang berbahasa Indonesia, coba kamu cari saja yang berbahasa Inggris.

Pada brosur-brosur yang tersedia di bandara itu, kamu akan menemukan juga peta kota dan MRT yang akan kamu butuhkan selama liburan di Singapura. Di peta tersebut juga banyak daerah-daerah wisata yang diberi tanda. Ini akan memudahkan kamu merencanakan traveling selama di sana. Peta ini bermanfaat juga untuk menghitung jarak dari penginapan ke stasiun MRT dan destinasi wisata.

3. Pilih MRT

Untuk pilihan transportasi di Singapura ada beberapa tapi yang paling direkomendasikan adalah naik transportasi umum seperti MRT. Dengan naik MRT, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk transport. Jaringan MRT sangat luas sehingga memudahkan kamu untuk menggunakannya.

Jaringannya ada di hampir penjuru Singapura. Karenanya kamu bisa pergi ke mana saja dengan naik MRT. Sebelum masuk ke MRT, kamu harus memiliki dulu kartu e-money yang mirip dengan kartu yang digunakan untuk naik Transjakarta.

4. Jelajahi Singapura dengan Berjalan Kaki

Salah satu cara untuk menjelajahi Singapura dengan lebih detail adalah dengan berjalan kaki. Mungkin kamu berpikir apakah nyaman berjalan-jalan di Singapura? Untuk kamu ketahui, negara ini sangat ramah untuk para pejalan kaki. Di sini trotoarnya lebar dan terkadang beratap. Jadi jalan kaki di Singapura pastinya nyaman.

Bahkan di tengah kota Singapura pun ada jalur trekking yang bernama Southern Ridges. Di jalur ini ada Henderson Waves, yaitu sebuah jembatan pedestrian paling tinggi di Singapura yang unik dan cantik. Pakai alas kaki yang nyaman ketika akan jalan-jalan supaya kamu kamu bisa jalan tanpa merasa kesakitan.

5. Beli Kartu EZ Link atau Tourist Pass

Ketika kamu tiba di bandara Changi, direkomendasikan untuk membeli dahulu EZ Link Card yang akan kamu gunakan untuk naik MRT. Kartu ini dijual di loket-loket penjualan tiket. E-money card ini merupakan alat pembayaran elektronik yang secara luas diterima di Singapura.

Menggunakan kartu ini kamu bisa melakukan beragam pembayaran untuk alat transportasi umum, seperti MRT atau LRT juga bus dengan praktis. Untuk bisa masuk moda transportasi umum, kamu tinggal menempelkan kartu di mesin khusus yang ada di alat transportasi tersebut. Oh iya, kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk membeli minuman di vending machine.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu ini sebagai alat pembayaran di gerai ritel ternama di Singapura. Untuk mengisi ulang kartu ini, kamu tinggal cari vending machine otomatis di semua stasiun MRT.

Ingin lebih mudah lagi selama jalan-jalan di sana, kamu bisa beli kartu tourist pass harian yang dijual di loket penjualan tiket. Kartu ini tidak perlu diisi ulang dan bisa digunakan seharian untuk ke mana saja.

6. Pilih Penginapan Dekat Tempat Wisata

Kamu pasti tahu kalau Singapura itu negara kecil. Tak perlu waktu lama untuk menjelajahi kota-kota di negara ini. Kalau waktu liburanmu tidak lama, lebih baik kamu pilih tempat penginapan yang dekat dengan tempat wisata untuk menghemat waktu perjalanan.

Selain irit tenaga karena kamu tak akan lama di perjalanan, juga irit ongkos. Kamu tak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya transportasi. Bahkan mungkin kamu tak perlu naik kendaraan sama sekali, cukup berjalan kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!