Travel  

Tips Irit Jalan-Jalan Ke Pulau Kei Ala Backpacker, Simak Sampai Habis!

Tips Irit Jalan-Jalan Ke Pulau Kei Ala Backpacker, Simak Sampai Habis!

tribunwarta.com

Bukan hanya Papua saja yang memiliki surga tersembunyi Raja Ampat. Ternyata Maluku Tenggara juga punya surga dunia yang tersembunyi lho. Kepulauan Kei khususnya, banyak sekali wisata-wisata yang indah dan masih perawan disana.

Seperti Pantai Ngurbloat Pasir Panjang dengan pasir pantainya sehalus tepung, Pulau Baer surganya para divers dan pecinta snorkeling, Hawang Cave gua stalakmit dan stalaktit yang menyimpan misteri, hingga Pulau Adranan Maldivesnya Maluku.

Namun tidak mudah lho untuk bisa sampai di tempat-tempat wisata ini, karena biaya transportasinya tidaklah murah. Tapi kamu tetap bisa mengunjungi tempat indah ini walaupun dengan budget minim lho, liburan ala backpacker adalah pilihan yang tepat.

Nah buat kamu yang berencana ingin menjajal menjelajah Kepulauan Kei, simak terlebih dahulu tips liburan ala backpacker berikut ini. Liburan hemat namun tetap seru dan aman!

1. Pertimbangankan Musim

Karena kawasan Maluku berbentuk kepulauan, apalagi berada di bagian timur Indonesia. Kei memiliki dua musim, yaitu timur dan barat. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kei adalah disaat musim timur. Karena jika berkunjung pada saat musim barat, kamu akan terancam tidak bisa explore pulau-pulau kecil disana.

Karena pada musim barat, cuacanya terbilang buruk karena sering terjadi hujan angin dan ombak besar. Musim barat biasanya berlangsung antara bulan Januari – Februari.

2. Memilih Rute Transit Makassar

Akses untuk menuju ke Kepulauan Kei bisa dibilang masih sangat terbatas. Karena belum tersedia direct flight dari Jakarta. Penerbangan yang melayani rute Jakarta – Kei harus transit dulu di beberapa kota pilihan seperti Surabaya, Ambon, dan Makassar.

Bagi kamu yang ingin pressing budget agar lebih hemat, kami sarankan transit di Makassar. Karena biasanya selisih harga penerbangan dengan rute kota transit lainnya mencapai Rp 200.000- Rp 300.000 lebih murah. Untuk rute pulangnya, kamu bisa memilih jalur Langgur – Kei – Makassar – Jakarta.

3. Menginap Di Villa Atau Homestay

Selain tiket pesawat, bagian yang paling memakan biaya kedua adalah penginapan. Kamu harus pintar dalam mengelola keuangan liburanmu. Caranya dengan bijaksana dalam memilih penginapan yang terjangkau namun tetap nyaman.

Nah sebagai bahan pertimbangan, kami sarankan agar menginap di villa atau homestay yang terletak di kawasan Pantai Ngurbloat, Kei Kecil, dan Desa Ngilngof. Villa dan homestay disana tergolong murah, yaitu kisaran Rp 150.000 per malam per kamar. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan harga dibawah itu dengan menawar.

4. Gunakan Speedboat Kecil Untuk Hopping Island

Jika kamu ingin menjelajah pulau-pulau kecil disekitaran Kei, sewalah speedboat kecil. Tarif sewa speedboat kecil lebih murah ketimbang yang besar. untuk kapasitas sepuluh orang, tarif sewanya cuman Rp 700.000. Jika pergi rame-rame bareng temenmu, kamu bisa sharing cost untuk sewanya.

Jika pergi sendirian, kamu bisa nebeng dan patungan bareng rombongan lain. Speedboat ini bakal mengantarmu keliling pulau-pulau kecil disana seperti Pulau Adranan, Baer, Ngurtavur,tergantung rute yang dipilih.

5. Makan Makanan Khas Nan Murah

Jika kamu ingin menambah sensasi berlibur di wilayah kepulauan, ada baiknya cicipin juga kuliner khasnya. Makanan wajib masyarakat Maluku adalah ikan-ikanan. Dan harga ikan dan hasil laut di Kepulauan Kei ini dibanderol sangat murah lho.

Jadi jika ingin makan lezat dan bergizi tapi tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, pergilah ke warung-warung sederhana yang menyediakan menu makanan ikan. Biasanya untuk bisa makan dengan menu ikan, kamu hanya kan membayar Rp 20.000 saja, murah kan?

Jadi itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar kunjunganmu ke Kepulauan Kei tidak memakan banyak biaya, namun liburanmu tetap seru dan aman ! Selamat mencoba, guys !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!