Travel  

Tips Backpacking ke Singapura untuk Para Pemula

Tips Backpacking ke Singapura untuk Para Pemula

tribunwarta.com – Kalau ditanya negara di Asia yang terkenal sebagai tempat belanja, pasti orang akan langsung menyebut Singapura. Negara tetangga yang memiliki ikon berupa patung Merlion ini sangat terkenal di kalangan wisatawan Asia, seperti Indonesia dan Malaysia. Meski negara ini dikenal memiliki biaya hidupnya cukup mahal tapi ternyata masih cocok untuk para backpacker.

Apa iya bisa backpacking ke Singapura? Walaupun tergolong mahal, bukan berarti para backpacker tidak bisa liburan ke Singapura. Namun tentu harus tahu tips dan triknya. Fakta lainnya, ternyata negara ini juga cukup ramah kok untuk jadi tujuan para backpacker. Intinya kamu harus tahu tipsnya supaya bisa jalan-jalan murah meriah di Singapura. Nah, berikut ini tips backpacker ke Singapura.

1. Budgeting dan Planning

Pasti sebelum pergi backpacking ke Singapura, kamu sudah browsing dulu tempat-tempat wisata di sana yang murah atau bahkan gratis. Kalau informasinya sudah terkumpul dan kamu sudah menentukan destinasinya, waktunya untuk mulai mengotak-atik budget nih.

Umumnya traveler yang berkunjung ke Singapura akan menghabiskan sekitar 3 hari 2 malam di sana. Nah, kamu harus perhitungkan berapa besar pengeluaran yang akan kamu alokasikan untuk waktu selama itu. Berikut ada tips untuk mengatur budget:

    Coba cek apakau kamu memiliki budget yang fleksibel atau ketat.

    Buat hitungan kasar jumlah pengeluaran, mulai dari tiket pesawat, transport, penginapan, makan, juga tiket tempat wisata. Kalau berencana akan membawa suvenir, buat perkiraan pengeluaran oleh-oleh yang maksimal.

    Anggarkan dana tidak terduga ke dalam budget-mu. Dana ini dapat digunakan untuk hal-hal yang diluar perkiraan, misalnya sakit, cedera maupun ketinggalan pesawat.

2. Hunting Tiket Murah

Kemanapun jalan-jalannya, pastinya akan lebih efisien dan mudah jika ditempuh dengan menggunakan transportasi udara. Tips backpacker ke Singapura selanjutnya adalah berburu tiket murah.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, kamu tinggal cek laman situs maskapai penerbangannya, seperti Airasia atau situs-situs yang pencarian tiket, seperti Skyscanner atau Wego.

Harga murah itu biasanya didapatkan dengan mencari penawaran promo. Diperlukan kegigihan dan kesabaran untuk bisa mendapatkan tiket pesawat promo tersebut. Terkadang promo tersebut muncul di waktu yang tidak umum, seperti tengah malam.

Selain promo online, terkadang maskapai penerbangan juga menjual tiket promo offline. Event promo ini biasanya sudah terjadwal. Untuk bisa mendapatkan tiket pesawat murah ada tipsnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

    Langganan Newsletter Budget airplane. Dengan ini kamu bisa tahu kapan maskapai tersebut akan mengadakan promo.

    Booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum hari H. Biasanya promo tiket murah diselenggarakan 3 hingga 6 bulan sebelum tanggal kepergian.

    Penerbangan pagi umumnya jauh lebih murah harganya dibandingkan penerbangan lainnya.

    Pakai aplikasi pencari tiket pesawat dan hidupkan fitur notifikasi promo ataupun penurunan harga tiket pesawat.

    Cari penerbangan yang memberikan tawaran pilihan pembelian bagasi. Kalau kamu hanya membawa tas ransel saat pergi dan pulang, tidak perlu membeli bagasi jadi harga tiket akan bisa lebih murah.

3. Berburu Tempat Penginapan

Selain berburu tiket pesawat, ada lagi yang harus kamu perjuangkan, yaitu mencari tempat penginapan. Mendapatkan tempat penginapan dengan harga murah juga adalah tips backpacking ke Singapura. Pastikan kamu tidak memesan penginapan di saat sudah sampai di sana. Tempat penginapan di negara itu cepat sekali penuhnya.

Jadi agar tidak kehabisan tempat menginap, kamu harus memesan penginapan jauh-jauh hari. Kalau sedang mujur, kamu bisa dapatkan penginapan dengan harga yang murah. Salah satu daerah di Singapura tempat kamu bisa mendapatkan penginapan yang murah ada di Little India. Harga penginapan di sana per malamnya bisa di bawah 200 ribu rupiah.

Kalau lokasi penginapannya selalu penuh, bisa dipastikan harga di sana sangat murah. Jadi kalau kamu bisa memanfaatkan tempat seperti ini akan sangat menguntungkan.

4. Tukar Mata Uang

Sebelum berangkat ke Singapura, akan lebih baik jika kamu menukarkan dulu uangmu di sini. Kamu memang bisa menukarkan uang kamu di sana dan prosesnya pun mudah. Akan tetapi ada banyak kelemahan kalau kamu menukar uang di sana. Contohnya saja, jika setibanya di bandara kamu ada keperluan mendadak, akan menyulitkan jika kamu belum menukarkan uang.

Hal itu karena Rupiah sendiri tak akan berguna di sana. Karenanya akan lebih baik jika kamu telah menukarkan uang sejak dari Indonesia. Jangan lupa juga untuk membawa kartu kredit dan kartu ATM agar saat ada kebutuhan mendadak kamu tidak akan kesulitan. Tapi ingat, gunakan dengan bijak, ya. Jangan sampai kamu jadi boros akhirnya.

5. Siapkan Peta

Ketika jalan-jalan ke mana pun, peta adalah barang yang harus selalu dibawa. Sekarang ini tersedia peta digital. Google Maps akan siap membantumu saat jalan-jalan. Selain gratis, peta ini juga praktis. Namun itu bukan berarti kamu melupakan peta manual. Ini untuk berjaga-jaga jika HP-mu kehabisan baterai.

Biasa peta manual itu selalu tersedia di bandara. Di Bandara Changi, kamu bisa mendapatkan peta tersebut secara gratis. Kalau kesulitan membaca peta manual, kamu bisa gunakan bantuan GPS.

6. Hunting Tempat Makan yang Murah

Selain jalan-jalan, saat berlibur kamu pasti akan hunting makanan setempat, kan? Nah, begitu juga saat kamu backpacking ke Singapura. Di Singapura terdapat banyak tempat makan dari yang mahal sampai yang murah. Tentunya pemilihannya disesuaikan dengan budget-mu.

Salah satu tempat makan yang banyak direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu Hawker Center. Hawker Center merupakan tempat makan yang terkenal karena harganya murah. Kamu bisa juga datang ke Food Junction. Di sini harga makanannya tak begitu berbeda dengan Hawker Center.

Untuk traveler yang beragama Islam tak perlu khawatir soal makanan. Kamu bisa mendapatkan makanan halal ini di warung makan Melayu dan makanan khas India. Dan selain makanannya halal, harga makanan di sana juga murah. Lauk pauk di sana menunya seperti menu warteg.

7. Hemat dengan MRT atau Berjalan Kaki

Untuk petualangan yang lebih mengesankan dan memorable, coba gunakan MRT. Moda transportasi ini di negara kita baru ada di Jakarta. Menggunakan moda transportasi ini saat berjalan-jalan di Singapura akan sangat efisien dan nyaman selain itu murah. Untuk menggunakan MRT di Singapura kamu harus punya kartu EZ Link.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!