Travel  

Taman Wisata Matahari, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga di Bogor

Taman Wisata Matahari, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga di Bogor

tribunwarta.com – Salah satu destinasi wisata yang pantas dikunjungi untuk mengisi hari libur adalah Taman Wisata Matahari. Lokasinya di Bogor, pastinya memiliki udara sejuk dan nyaman dengan pohon rindang di sekitar lokasi. Objek wisata ini mengusung konsep permainan dan edukasi, jadi cocok dikunjungi bersama anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Pengelola sengaja membangunnya dengan konsep permainan bertema alam. Menariknya, wahana permainan yang ada di lokasi bukan hanya untuk anak-anak, melainkan dewasa dan usia remaja. Wahana permainan, edukasi, petualangan, dan atraksi merupakan beberapa hal yang dapat di temui di sana.

TWM Park merupakan nama lain atau singkatan dari objek wisata keluarga yang dibangun pada tahun 2007 ini. Setiap pengunjung yang datang dipastikan betah berlama-lama dengan konsep Recreation and Education Park. Apalagi bagi anak-anak, dimana di usia mereka lebih seru dan bahagia ketika diajak bermain.

Daya Tarik Wisata Taman Wisata Matahari

Sebagai objek wisata keluarga di Bogor, Taman Wisata Matahari memiliki banyak daya tarik yang menjadikan wisatawan datang berkunjung. Telah sedikit disinggung mengenai hal ini sebelumnya. Lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut!

1. Wahana Wisata Air

Bagaimana reaksi anak-anak diajak bermain dengan air? Tentu saja mereka merasa lebih senang dan bahagia. Di sinilah anda dapat melihat kebahagiaan mereka ketika bermain wahana wisata air. Bahkan bukan hanya untuk anak-anak, sebagian wahana disediakan bagi usia dewasa. Sebut saja arung jeram, perahu karet, dan perahu kayak, ketiganya cocok bagi usia dewasa.

Untuk usia anak bisa memasuki wahana waterpark berupa kolam renang yang dilengkapi water slider dan ember tumpah. Mereka pun dapat bermain water ball atau bola air yang menggelinding di sungai. Apabila ingin bersantai sambil olahraga ringan, paddle boat dan sepeda air siap menemani hari libur anda dan keluarga.

2. Wisata Edukasi

Selain memiliki wahana wisata air, Taman Wisata Matahari cocok digunakan sebagai media pendidikan. Konsep objek wisata ini memang salah satunya ditujukan untuk wisata edukasi. Wisatawan yang datang biasanya dari instansi sekolah, baik TK maupun SD. Setiap kategori wisata terletak di lahan yang berbeda, namun lokasinya tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lain.

Dengan memasuki wilayah wisata edukasi, anak-anak dapat memahami bagaimana proses menanam padi dengan tema Agro Sawah. Selain itu, mereka diajari bagaimana cara berkebun dengan tema Agro Sayur. Taman Satwa pun tersedia dengan koleksi binatang yang lumayan lengkap, meskipun tidak selengkap di kebun binatang.

3. Wahana Petualangan

Bermain sambil berpetualang, kedua hal tersebut dapat dilakukan ketika berada di Taman Wisata Matahari. Setiap wahana yang disediakan cocok untuk segala usia, contohnya adalah Rumah Hantu, Flying Fox, dan ATV. Wahana lainnya adalah Padamoto, dimana tersedia beberapa spot foto unik dan menarik sebagai dokumentasi liburan.

Sebut saja glow in the dark dan wahana selfie 3D yang terkesan unik dengan hasil foto yang dipastikan menarik. Terdapat lukisan 3 dimensi berupa gajah, dinosaurus, dan masih banyak lainnya. Beberapa spot bertema superhero dan negeri dongeng yang tentu disukai anak-anak.

4. Wahana Permainan

Daya tarik Taman Wisata Matahari berikutnya dari Wahana permainan, dimana banyak sekali spot bermain yang disediakan. Ada dua wahana utama yang dimiliki, yakni Dinopark dan Citra PlayLand. Setiap wahana memiliki keunikan masing-masing yang pasti disukai anak-anak.

Dinopark contohnya, konsepnya dibangun zaman purba, dimana terdapat banyak pohon buatan yang dilengkapi dinosaurus di dalamnya. Permainannya pun lengkap, seperti perosotan, rumah balon, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk Citra PlayLand dilengkapi dengan permainan Komidi Putar, Gajah Terbang, dan Pol Bus.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Taman Wisata Matahari berada di Jalan Raya Puncak KM.77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya strategis, anda dapat berkunjung menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dari pusat kota Bogor pun tidak terlalu jauh, apalagi jika anda sampai di Tol Gadog.

Rute pertama yang harus ditempuh jika anda datang dari arah Jabodetabek yakni menuju Tol Jagorawi. Selanjutnya, ambil jalan keluar menuju gerbang tol Cigadog, jaraknya sekitar 8 kilometer dari objek wisata tujuan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Manfaatkan GPD atau Google Map jika anda masih bingung atau takut tersesat.

Dari arah Bandung, silahkan ambil masuk Gerbang Tol Pasteur sebagai titik awal. Kemudian ambil Purbaleunyi (Cipularang) sebagai pintu keluar. Titik berikutnya adalah menuju ke Rajamandala dan melewati Cipatat. Dari lokasi ini, objek wisata tidak jauh lagi, silahkan ambil jalur Cianjur dan berakhir di Cisarua.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Matahari

Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari masih tergolong murah untuk sekelas objek wisata keluarga yang memiliki bayak wahana seru di dalamnya. Hanya dengan 60.000 rupiah, anda dapat menikmati 5 wahana gratis, diantaranya kereta kelinci, perahu naga dayung, kereta klasik, dan wara-wiri.

Selain itu, anda pun mendapatkan paket konsumsi lengkap yang terdiri dari makan siang, ice cream, dan air mineral. Tiket masuk berlaku bagi dewasa dan anak-anak dengan tinggi badan minimal 80 cm. Objek wisata ini dibuka setiap hari dengan jam operasional yang sama, yakni dibuka pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 16.00 waktu setempat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Dari banyaknya wahana Taman Wisata Matahari yang tersedia, tentunya banyak sekali aktivitas yang menarik dilakukan. Sebagian besar cocok untuk anak-anak, sebagian lagi bebas, baik untuk anak maupun dewasa.

1. Uji Nyali di Rumah Hantu

Baik anak maupun dewasa, mereka dapat mencoba uji nyali di Rumah Hantu. Wahana ini didesain dengan banyak kejutan di dalamnya. Memang bukan hantu asli, namun kondisi ruangannya lumayan menyeramkan dan mungkin membuat anak mudah berteriak, tidak menutup kemungkinan juga dewasa.

2. Belajar Menanam

Khusus untuk anak-anak, mereka dapat belajar menanam di Wahana Edukasi. Bukan hanya tanaman persawahan, namun juga perkebunan. Menariknya, mereka diberi kesempatan untuk melihat dan juga menunggangi kerbau ketika proses membajak. Setelah itu, mereka pun melanjutkannya dengan menanam padi satu persatu di lahan yang sudah dipersiapkan.

3. Pacu Adrenalin dengan Arung Jeram

Memacu adrenalin di Taman Wisata Cantik ini pastinya seru dilakukan. Aktivitas ini khusus dewasa dan tidak disarankan bagi anak-anak. Aliran Sungai Ciliwung lah yang menjadi tempat aktivitas ini, dimana memiliki arus lumayan kuat. Batuan yang ada di sepanjang aliran air menjadikan wahana ini semakin seru dan menantang.

4. Bersantai dengan Paddle Boat

Masih dalam satu Wahana Air, anda dan keluarga dapat bersantai sambil menikmati suasana sejuk dan keindahan selama di lokasi. Hampir mirip dengan bebek air, namun ukurannya lebih besar dan dapat menampung 3 orang sekaligus. Terdapat roda sebagai baling-baling yang bergerak ketika anda mengayuh nya.

5. Mencoba Serunya Flying Fox

Aktivitas di Taman Wisata Matahari berikutnya adalah Flying Fox. Aktivitas ini tidak disarankan bagi dewasa, namun boleh juga mencobanya setelah mendapat izin dari pengelola. Pasalnya, permainan ini biasanya digunakan untuk anak-anak yang mencoba mengukur keberanian, dimana mereka meluncur dari atas ketinggian dilengkapi pengaman.

6. Melihat Keanekaragaman Satwa

Kebahagiaan anak-anak semakin lengkap dengan adanya Taman Satwa yang ada di objek wisata keluarga di Bogor ini. Meskipun tidak terlalu besar, namun konsep yang digunakan hampir mirip dengan kebun binatang pada umumnya. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis binatang, mulai dari yang jinak hingga buas. Untuk wahana ini tidak termasuk tiket masuk, jadi anda perlu membayar lagi seharga 10.000 rupiah.

7. Wisata Kuliner

Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan permainan, Taman Wisata Matahari menyediakan restoran dan café bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner. Berbagai menu tersedia, khususnya untuk menu yang umum ditemui di daerah lain. Contohnya adalah bakso, soto, sate, dan beberapa makanan khas Bogor. Selain itu, tersedia juga minuman dari berbagai jenis sebagai pelepas dahaga.

8. Belanja Oleh-Oleh

Setelah puas bermain dan mengisi perut yang lapar, tidak ada salahnya jika melanjutkan aktivitas dengan berbelanja. Di salah satu titik tersedia tempat khusus bagi pengunjung yang ingin membawa buah tangan bagi orang di rumah. Baju, aksesoris, dan kerajinan tangan tersedia lengkap, anda hanya perlu memilih yang cocok.

Fasilitas Wisata di Taman Wisata Matahari

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Matahari sangat lengkap untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Lahan parkir nya luas, begitu juga dengan toilet yang bersih dan terawat. Di setiap sudut dilengkapi dengan aula yang disediakan bagi rombongan pengunjung. Jika anda datang dengan rombongan kecil, silahkan istirahat di saung dan gazebo. Mushola pun tersedia bagi pengunjung muslim, bahkan ATM pun ada.

Banyaknya wahana permainan yang disediakan membuat objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi jika hari libur. Sebagian yang datang membawa rombongan besar sehingga terkesan semakin ramai. Apabila anda tidak suka keramaian, ada baiknya mengunjungi Taman Wisata Matahari di hari aktif. Pastikan anda memiliki banyak waktu luang karena tidak mungkin hanya sebentar berada di lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!