Travel  

Taman Pandan Wilis, Tempat Wisata yang Diapit Dua Gunung di Nganjuk

Taman Pandan Wilis, Tempat Wisata yang Diapit Dua Gunung di Nganjuk

tribunwarta.com – Lokasi: Werungotok, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64419Map: KlikDisiniHTM: GratisBuka/Tutup: 06.00 – 23.00 WIBTelepon: 0812-1044-6475

Wisata taman pandan wilis merupakan salah satu objek wisata di Nganjuk yang ramai dengan pengunjung setiap harinya. Apalagi ketika libur panjang, lebih ramai lagi pengunjungnya. Tempat ini cocok sekali untuk bersantai, berolahraga atau berkumpul bersama teman-teman.

Jaman kerajaan Medang dulu, Nganjuk memiliki nama Anjuk Ladang berarti Tanah kemenangan. Hingga saat ini, Nganjuk mendapatkan julukan Kota Angin. Banyak yang bilang, kalau sudah sampai di Nganjuk belum mengunjungi taman pandan wilis seperti ada yang kurang.

Anda akan senang bila sudah berada di tempat wisata ini. Karena wilayahnya pasti sangat sejuk mengingat diapit dua buah gunung. Sekarang, taman ini semakin populer karena banyak orang yang mengupload fotonya ke media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya.

Daya Tarik Taman Pandan Wilis Nganjuk

Dinamakan Taman Pandan Wilis diambil dari gabungan nama kedua gunung yang mengapitnya yakni Gunung Pandan dan Gunung Wilis. Taman ini luas sekali dan mempunyai track bagus untuk olahraga terutama joging.

Kawasannya terbagi dalam beberapa area, penuh rumput serta pepohonan hijau yang nyaman bagi penglihatan. Kanan-kiri track terdapat warna-warni bunga. Ketika memasukinya, anda akan mendapati tulisan “Taman Pandan Wilis” di atas sebuah kolam air.

Lalu, masuk ke area lebih dalam lagi semakin tampak futuristik. Tempat ini ramai pada pagi dan sore hari. Biasanya anak-anak kecil bermain air disana, karena terdapat air mancur. Tentu menyenangkan bagi anak-anak bisa terkena cipratan air mancur.

Sebenarnya, dulu itu bukan kolam air melainkan sebuah track skateboard. Karena terkena digenangi air hujan, makanya menjadi kolam. Area paling ramai adalah di gazebo-gazebo, penggunanya seringkali sekelompok anak muda.

Ikon taman berada di bagian tengah yang membuatnya semakin unik. Ada pula tempat duduk berbahan drum dengan cat warna-warni. Di berbagai sisi tersedia tempat sampah, agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

Pada bagian kanan taman, terdapat area berteduh cukup luas, pas sekali menjadi food court. Bahkan tempat tersebut memiliki colokan kabel pada setiap petaknya. Mungkin memang sengaja disediakan oleh pengelola agar mendukung pengunjung yang butuh listrik.

Meskipun belum memiliki pohon besar, tapi tanaman-tanaman dan bunga-bunga kecil, justru membuat tampilannya menarik. Anda tak perlu khawatir kepanasan karena selalu berhembus angin yang siap menyejukkan setiap orang. Karenanya, tak heran kalau Nganjuk disebut Kota Angin.

Kegiatan yang Bisa di Lakukan di Taman Pandan Wilis

Kegiatan pertama yang harus anda lakukan adalah menikmati seluruh area taman. Berkeliling taman menyusuri setiap sudutnya. Kemudian, berhenti sejenak pada tempat berteduh yang disediakan atau duduk pada kursi drum.

Kala berkeliling, jangan lupa untuk mengabadikan foto tentang objek wisata ini. Anda juga bisa berfoto selfie pada spot foto yang menarik seperti tulisan Taman Pandan Wilis, tangga, panggung. Mengabadikan momen-momen menyenangkan akan membuat waktu anda tak terlupakan.

Datang di pagi hari, lalu berolahraga mampu meningkatkan mood anda. Udara yang bersih penuh dengan oksigen bisa sangat menyehatkan tubuh. Sehingga, lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Sore hari juga asyik, menikmati keindahan taman setelah lelah beraktivitas. Apalagi bila datang bersama teman atau pasangan, semua kelelahan pasti segera sirna. Ngobrol ringan, bercanda atau membicarakan hal serius dapat anda lakukan disana.

Ketika libur akhir pekan atau libur nasional, bawa keluarga anda berkunjung supaya seru. Ketika sampai disana, anda akan melihat banyak segerombolan anak muda, rombongan satu keluarga atau pasangan muda-mudi berpacaran.

Fasilitas Taman Pandan Wilis

Untuk mendukung kegiatan para pengunjung, taman menyediakan beragam fasilitas. Mulai dari tempat beristirahat, colokan listrik, area parkir yang luas, toilet dan fasilitas lainnya. Pokoknya, anda bisa bersantai secara nikmat. Pada sore hari, area parkir sering penuh dengan kendaraan.

Sedangkan untuk petugas parkir adalah para pemuda kampung. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian kendaraan sekitar taman. Selain itu, bisa menambah penghasilan bagi mereka. Ongkos parkir juga tidak begitu mahal. Sekitar taman ada penjual jajan atau makanan dan minuman ringan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman Pandan Wilis buka setiap hari pukul 06.00 – 23.00 WIB. Objek wisata ini belum mematok harga tiket masuk, hanya mungkin ada biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,-.

Lokasi dan Cara Menuju Taman Pandan Wilis

Alamat Taman Pandan Wilis terletak di Area Sawah, Werungotok, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64419. Rute dari pusat kota Nganjuk dapat ditempuh selama 6 menit saja. Lokasinya juga tak jauh dari taman pintar dan GOR Nganjuk, bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum untuk mencapai tempat ini. Tak perlu bingung mencari letaknya, buka aplikasi peta atau google maps saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!