Travel  

Taman Lansia Kota Bandung

Taman Lansia Kota Bandung

tribunwarta.com

Lokasi: Jalan Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115Map: Klik DisiniHTM: GratisBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0815-6160-009

Harga Tiket Masuk

Bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, bisa datang kapanpun sesuai waktu yang anda mau, sebab taman tersebut buka 24 jam dan tidak memungut tiket masuk alias gratis.

Untuk menuju ketempat ini Anda dapat mengikuti gambar rute pada peta online dengan arah yang sama menuju Gedung sate.

Menjadi tua memang sudah menjadi kodrat bagi setiap manusia, seiring dengan bertambahnya waktu tentunya fisik yang tadinya bugar kini semakin renta dan membutuhkan banyak beristirahat.

Oleh karena itu pemerintah berinisiatif menyediakan Ruang Terbuka Hijau nyaman yang dapat dijadikan sebagai sarana wisata bagi segala usia khususnya lansia.

Beberapa daerah di dunia yang memiliki taman seperti ini diantaranya seperti Carol Park di Rumania, Hanoi Park di Vietnam, Peace Garden di Korea serta Elderly Playgrounds di Jepang.

Untuk di negara tetangga kita sendiri yakni Malaysia tidak diketahui apakah ada juga taman sejenis yang diperuntukan bagi lansia khususnya di Johor.

Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia sendiri, tentunya perlu berbangga diri. kenapa?

Sebab meski nusantara ini berbentuk kepulauan, nampaknya selain memiliki rasa nasionalisme, negara kita juga masih menghargai, menyayangi dan menghormati orang tua.

Terbukti dengan banyaknya Taman Lansia yang tersedia di beberapa daerah seperti RTH Gubeng di Surabaya, East Java hingga ke Samarinda Kalimantan.

Sedikit bergeser dari kota SBY dan masih di daerah Jawa Timur, ada pula Taman Manula di Probolinggo kemudian di RTH Lansia di Tembokrejo Pasuruan.

Bergeser ke Jawa Tengah, Indonesia juga punya Taman Lansia di Magelang dan di daerah Jogja.

Lalu, bagaimana dengan Jawa barat? Tentu punya dong! Tak melulu Gasibu, kota Bdg juga memiliki Taman Lansia, Bogor dengan ruang Malabar.

Sementara di Ibukota, kita juga akan menemukan ruang terbuka khusus Lansia namanya yaitu, Taman Langsat. Letak spot ini ada di Kebayoran Baru DKI Jakarta.

Namun yang akan kita bahas lebih dalam kali ini adalah mengenai Taman Lansia di kota Kembang Bandung. Tanpa basa-basi, langsung aja yuk disimak ulasan berikut!

Sekilas Sejarah

Ruang publik yang kini dikenal dengan Taman Lansia Bandung, ternyata memiliki nama lain yakni Taman Cisangkuy.

Dinamakan demikian karena Taman tersebut menurut Wikipedia, letak lokasinya berada pada Jl Cisangkuy serta Cilaki.

Namun karena banyak warga lansia kerap memanfaatkan jalur setapak yang dipenuhi batu untuk refleksi kaki dan menurunkan hipertensi, akhirnya spot ini dinamakan dengan Taman Lansia.

Taman ini juga masuk dalam program dari Ridwan kamil yang kala itu mencanangkan pembuatan 7 danau buatan untuk menanggulangi ancaman banjir di daerah Cileuncang agar tidak memenuhi jalan.

Dari program tersebut terpilihlah Taman Lansia dan Taman Kandaga Puspa dengan 2 danau, sementara Taman Cilaki mendapat 3 danau buatan.

Keindahan Taman

Taman di sebelah kanan Gedung Sate yang ikonik ini beralamat di daerah Citarum dandiresmikan pada penghujung tahun 2014.

Selepas pemugaran dan mendapat peresmian dengan adanya 2 danau buatan, Taman Lansia semakin dipadati pengunjung baik mereka yang ingin berolahraga maupun sekedar bersantai sembari menghirup segarnya udara.

Danau yang berada di Taman Lansia Bandung ini, ternyata memiliki ukuran berbeda satu sama lainnya.

Danau yang gede sendiri ini memiliki luas kurang lebih 1.397 m2 dengan kedalaman mencapai 4,5 m dan tampungan volume air hingga 1.806 kubik.

Sementara danau satunya lagi memiliki luas kurang lebih 689 m2 dengan kedalaman 3,8 m dan sanggup menampung volume air hingga 753 kubik.

Asyik lagi dari denah Taman lansia ini diketahui bahwa adasebuah jembatan yang dapat menghubungkan kedua bagian danau.

Begitupun dibagian pinggirnya disediakan pula beberapa tangga sehingga orang-orang yang tengah berkunjung ke Taman lansia ini dapat duduk-duduk santai, membaca buku ataupun bermain dengan sanak keluarga.

Di beberapa bagian terdapat beberapa bangku dan meja yang bisa jadi spot untuk berkumpul, bermain gitar serta berfoto bersama.

Apalagi ditempat ini juga masih begitu asri dengan rimbunan pohonnya hijau menyejukkan mata dan terasa romantis.

Bukan hanya itu, spot ini juga dilengkapi jalanan setapak untuk berkeliling santai ataupun ber-olah raga dan jogging.

Misteri Taman

Entah dari mana awal mula berita mengenai mitos yang kini sering diperbincangkan oleh warga sekitar mengenai hantu di Taman Lansia Bandung ini.

Konon katanya di Taman Lansia Bandung ini kerap kali muncul penunggu dengan rupa angsa putih (iya angsa, bukan dinosaurus ya!) bermoncong hitam dan dinamai neng siti.

Konon katanya neng siti kerap kali muncul kala malam menjelang. Menurut cerita beredar ia merupakan arwah gentayangan dari orang yang gantung diri di Taman Lansia Bandung pada beberapa tahun lalu.

Namun tentunya, terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, sebagai orang yang waras dan masih percaya adanya Tuhan, tidak perlu takut dengan hal-hal semacam itu selama kita masih menjaga norma dan kesopanan dimanapun berada.

Fasilitas Yang Ada

Adakah yang memiliki pemikiran bahwa berkunjung ke Taman akan sangat membosankan karena tidak memiliki fasilitas?

Bila ya, maka Anda salah besar. Karena meski dinamakan Taman Lansia, namun spot ini bebas di kunjungi oleh umum, berapapun usianya.

Di Taman Lansia ini, Anda tak hanya bisa berkeliling taman, menggunakan kursi roda maupun jogging, namun juga dapat menaiki kuda yang memang sengaja disewakan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Jika sudah mahir, Anda dapat bebas membawa kuda berkeliling sendiri tanpa perlu didampingi oleh petugas.

Selain itu ditempat ini juga tersedia delman bila Anda ingin berkeliling bersama orang-orang terkasih.

Yang tak kalah penting dan nampaknya sudah jadi konsumsi wajib bagi para muda mudi adalah adanya ketersediaan wifi gratis.

Wifi ini tentunya sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa di yang ingin mencari materi makalah dari dosen atau untuk download film maupun streaming youtube menikmati patah hati bersama dari video pernikahan Raisa-Hamish.

Tak perlu takut kelaparan, karena ditempat ini juga ada beberapa cafe yang tentunya bisa jadi pilihan untuk nongkrong bareng temen.

Menu-menunya pun variatif, ada surabi coklat dengan beraneka rasa lainnya, kue cubit, roti, ayam bakar/goreng, yoghurt Cisangkuy dan masih banyak lagi menu-menu lainnya yang dapat dinikmati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!