Travel  

Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

tribunwarta.com

Lokasi: Negeri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat 41111Map: Klik DisiniHTM: GratisBuka Tutup: Setiap Sabtu Atau Malam MingguTelepon: –

Jadwal Hari ini

Bagi Kamu yg ingin menyaksikan pertunjukan AirMancur di Taman AirMancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta agar mengatur waktu wisata menjelang jam pertunjukan.

Pertunjukan AirMancur sendiri akan digelar rutin setiap hari sabtu atau malam minggu pada jam 19:30 WIB dan berakhir jam 22:30 WIB.

Sedangkan bagi Kamu yg hanya ingin sekadar menikmati suasana taman AirMancur, maka kawasan Situ Buleud akan dibuka secara umum setiap harinya. Pada hari biasa, AirMancur tetap akan menyembur tetapi tanpa ada efek tambahan.

Untuk pagi hari dibuka mulai jam 05:00 sampai 09:00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Adapun pada malam hari kawasan tersebut dibuka sejak jam 17:00 sampai jam 19:00 WIB.

Wisata Memukau

Purwakarta, daerah yang terkenal dengan makanan sate maranggih ini ternyata memiliki destinasi wisata sangat memukau. Taman air mancur Sri Baduga salah satu contohnya.

Lokasi taman air mancur ini berada di kawasan wisata Situ Buleud. Spot yang baru saja diresmikan oleh menteri pariwisata tersebut, memiliki jadwal pertunjukan setiap malam minggu.

Pertunjukannya biasanya terbagi atas tiga sesi dan dimulai pukul 19.30 waktu Indonesia Barat.

Letak Lokasi

Alamat lengkap taman air mancur Sri Baduga berada di Negeri Kidul, kabupaten Purwakarta ini memiliki luas dua hektar.

Terdapat kursi tribun yang dapat menampug 5000 orang mengelilingi danau empat hektar ini.

Patung Sri Baduga di letakkan di tengah danau dan dikelilingi oleh patung empat ekor macan. Bila Anda ingin menonton pertunjukan air mancur ini, cukup datang ke kawasan wisata Situ Buleud.

Tanpa dikenakan biaya tiket masuk untuk menonton pertunjukan. Anda cukup ikut mengantre di luar pintu masuk taman air mancur Sri Baduga.

Pertunjukan air mancur yang memiliki lokasi di Purwakarta tersebut tidak kalah menarik dengan pertunjukan air mancur di Singapura yang sudah sangat terkenal.

Bahkan dikatakan juga taman air mancur ini merupakan yang terbesar dan terindah di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya itu saja, pertunjukan air mancur istimewa ini termasuk tujuan wisata yang diunggulkan oleh pemerintah Indonesia.

Banyaknya variasi ‘gerakan’ air mancur dihadirkan dan ikut mengiringi alunan musik yang disediakan, semakin menambah rasa kagum dan terpesona dengan keindahan yang ditampilkan.

Harus Datang

Menjadi destinasi wisata utama dan terbilang baru di Indonesia, tentunya membuat bangga masyarakat Purwakarta.

Obyek wisata yang mengandalkan keindahan air mancur ini memang termasuk menyegarkan.

Selain di purwakarta, di kota lain Indonesia juga terdapat obyek wisata serupa misalnya Taman air mancur sungai Kapuas yang berada di Pontianak.

Dinamakan demikian karena lokasinya tepat berada di sebelah sungai Kapuas dan di depan alun-alun kota pontianak. Nama lainnya adalah Tugu Digulis Untan atau tugu Bambu Runcing.

Selain sebagai objek wisata, tugu Digulis tersebut ternyata simbol sejarah para pejuang kemerdekaan. Sama halnya dengan asal-muasal penamaan taman air mancur Sri Baduga di Purwakarta.

Sri Baduga atau Prabu Siliwangi adalah seorang pemimpin pemerintahan Kerajaan kebudayaan Indonesia di zaman kerajaan lampau, maka dijadikanlah nama Sri Baduga untuk objek wisata air mancur ini.

Tidak hanya menunjukkan kekentalan budaya aslinya, taman air mancur Sri Baduga juga memiliki cara kerja unik tanpa mengadopsi metode air mancur terbaik di dunia. Walaupun hasilnya tetaplah keindahan tarian air mancur kelas dunia.

Saat air mancur yang disemburkan dari nozzle, diiringi dengan teknik pencahayaan warna pelangi seperti biru, kuning, hijau, merah, ungu.

Dimana lima unsur warna tersebut mewakili keragaman yang terdapat di Indonesia.

Selain menggunakan teknik pencahayaan bagus, air mancur ini juga ikut menari mengikuti alunan musik yang ada.

Tanpa menghilangkan nilai filosofi atas dasar dijadikannya objek wisata air mancur ini, sang perancang memberikan pertunjukkan memukau kelas internasional di tanah pasundan.

Hal ini tentunya membuat warga Purwakarta bangga dan tidak hanya itu saja, adanya taman air mancur Sri Baduga telah memberikan angin segar dalam peningkatan perekonomian di daerah tersebut.

Desain yang dibuat oleh sang perancang Hery Sugihardi pantas untuk mendapatkan penghargaan terbaik dalam menunjukkan keragaman nusantara ditampilkan pada atraksi air mancur tersebut.

Kita mungkin dapat mengambil contoh untuk teknologi air mancur terbaik dimiliki Dubai, sedangkan untuk tampilan seni air mancur terbaik disuguhkan di Guangzhou. Tetapi, di Sri Baduga kita akan mendapatkan keduanya.

Menjamurnya Taman Air

Beberapa taman air mancur yang terdapat di daerah-daerah Indonesia terilhami dari model taman air mancur Sri Baduga.

Seperti Taman Air Mancur Pesanggrahan Padjajaran di Alun-alun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Ukuran taman air mancur ini dapat dikatakan sebagai bentuk mini dari taman air mancur Sri Baduga, namun tetap memberikan atraksi yang tak kalah hebat dari pendahulunya.

Taman air mancur buatan dan minimalis ini semakin menambah daya tarik Purwakarta. Selain sebagai objek wisata, pastinya juga berfungsi sebagai hiasan dalam kota.

Disamping itu, letaknya di alun-alun kota, sehingga sangat memudahkan akses untuk pengunjung.

Contoh lainnya adalah di kota Palembang, terdapat dua taman air mancur yang menarik perhatian. Air mancur Masjid Agung Palembang dan Prameswara.

Keduanya berada di lokasi yang berbeda. Taman Air Mancur Prameswara terletak searah dengan Stadion Internasional Jakabaring Palembang.

Sedangkan air mancur masjid Agung, tentunya berada di pelataran halaman masjid Agung Palembang.

Air mancur ini juga menjadi landmark atau simbol kota Palembang, selain itu juga dekat dengan Jembatan Ampera.

Berikutnya adalah taman air mancur menari Surabaya, tepatnya di kawasan Kenjeran, Bulak, 60123 atau Taman Balai Kota Sby, Jawa Timur.

Sama dengan objek wisata air mancur lainnya, di sini pengunjung dapat menikmati suguhan atraksi air mancur tanpa dipungut biaya.

Ada juga beberapa kolam air mancur yang menjadi ikon kota di beberapa daerah. Air mancur Masjid Agung Palembang adalah salah satunya.

Lainnya adalah air mancur tugu kota Malang. Taman air mancur ini termasuk pada ikon bersejarah dan melambangkan perjuangan kemerdekaan. Disebut juga sebagai contoh taman kota di Indonesia dengan konsep budaya.

Ikon taman air mancur yang juga bersejarah ada di Bundaran Hotel Indonesia. Tidak ada yang tidak mengetahui air mancur bundaran Hotel Indonesia.

Selain sebagai salah satu landmark kota Jakarta, sudah beberapa tahun belakangan di pakai untuk aktivitas car free day pada hari minggu.

Masih di Jakarta, taman air mancur Monas juga landmark kota Jakarta. Dilengkapi dengan efek pencahayaan yang lebih menarik.

Monas juga terkenal sebagai objek wisata yang murah meriah. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang ke kawasan ini.

Jadi daripada menghabiskan waktu, uang dan tenaga dengan belanja di mall jakarta, lebih baik datang ke Monas dan sekitarnya. Lebih alami dan dapat menghirup udara segar, terutama saat pagi hari.

Tidak jauh dari Jakarta, ada juga taman air mancur yang cukup baru di Taman Electrical. Air mancur ini tepat berada di samping Masjid Raya Al-Azhom, Tangerang.

Ada juga taman air mancur Vanda di Bandung, Jawa Barat. Spot yang dibuat untuk mempercantik kota Bandung ini termasuk pada the best tematic garden.

Walaupun kecil, tetapi sangat menarik buat dijadikan latar belakang foto selfie Anda. Gambar yang dihasilkan pun pastinya akan cocok untuk dipajang di media sosial.

Itulah macam-macam taman air mancur yang bersejarah maupun sebagai ikon daerah tertentu.

Bila Anda penasaran ingin melihat atraksi air mancur seperti apa yang ditunjukkan, dapat melihat video atraksinya di youtube.

Di wilayah Jawa Tengah, ternyata banyak juga taman air mancur di beberapa daerah. Karanganyar juga tak kalah dengan kota lain di Indonesia.

Taman air mancur dengan nama wings of time di taman Gajah, Alun-alun. Spot ini memadukan teknologi cahaya laser dan juga diiringi lagu.

Selanjutnya di kota yang memiliki banyak objek wisata air terjun seperti curug wringin, curug gemawang, dan curug sudimoryakni Kebumen juga akan dibangun taman air mancur baru.

Dari Kebumen, kita lanjut ke Kudus. Kota ini juga memiliki taman air mancur di rest area atau hutan kota Tanggulangin yang bernama air mancur joget. Tepatnya berada di samping monumen Gerbang Kudus Kota Kretek.

Setelah Kudus, kita beralih ke kota Jogja. Jogjakarta juga memiliki festival air mancur menari di Kaliurang.

Pertunjukan air mancur ini menampilkan perpaduan antara teknologi dan juga kesenian daerah.

Kemudian, di Solo juga ada air mancur menari yang berada di Plaza Manahan. Selain berhias lampu warna warni, air mancur ini akan menari mengikuti jenis musik audio yang diputar.

Berikutnya kota Semarang, menyuguhkan pertunjukan air mancur yang lain dari biasanya. Yaitu, menggabungkan pertunjukan air dengan teknologi laser dan bercampur semburan api.

Pertunjukan dengan nama dancing fountain ini menampilkan tarian air diiringi musik, teknologi cahaya laser, dan semburan api dari flame tower.

Untuk area Jawa Barat sendiri, terdapat juga beberapa objek wisata air mancur, sebelumnya juga telah disebutkan.

Konsepnya hampir sama dengan yang sudah ada, begitu pula dengan air mancur yang ada di sepanjang jalan Cikapundung Timur, kemudian air mancur di Summarecon Mall Bekasi.

Kedua air mancur ini sama-sama unik,dimana airnya akan mancur seperti keluar dari lantai.

Dari kota hujan, kota Bogor, memiliki salah satu icon wisata, bukan air mancur, melainkan air terjun. Yaitu, air terjun Bidadari di Sentul Paradise City.

Sama juga dengan di daerah Kuningan, tak ada wisata air mancur, melainkan air terjun nan cantik seperti Curug Putri Landung dan Curug Cikahuripan.

Tidak jauh beda dengan kuningan dan Sentul, begitu pula dengan kota Samarinda. Sama-sama memiliki objek wisata air terjun nan cantik.

Di wilayah Kalimantan yang lain, yaitu Banjarbaru, terdapat taman air mancur di kawasan Minggu Raya.

Taman air mancur ini semakin mempercantik kota dengan keindahan yang ditampilkannya.

Video Minimalis Full HD 1 Season

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!