Travel  

Sultra Tenun Karnaval di Sulawesi Tenggara Digelar untuk Majukan Pariwisata

Sultra Tenun Karnaval di Sulawesi Tenggara Digelar untuk Majukan Pariwisata

tribunwarta.com

BAUBAU, KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sultra Tenun Karnaval 2022 di Kota Baubau selama tiga hari, mulai Kamis (8/12/2022) hingga Sabtu (10/12/2022).

Dalam karnaval tahunan tersebut, setiap perwakilan kabupaten/kota menampilkan kain tenun khasnya masing-masing dengan sentuhan desain yang modern.

“Sultra Tenun Karnaval yang memamerkan pakaian tenun yang dimiliki Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, merupakan upaya melestarikan dan mengembangkan tenun sultra sebagai warisan budaya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Belli Harli Tombili, Minggu (11/12/2022).

Berdasarkan data Dinas Parwisata Sultra, Sultra Tenun Karnaval telah dilaksanakan selama enam tahun dengan desain kolaborasi karya warga setempat dalam memadukan fashion tenun khas daerah.

“Cukup penting dari setiap tahun dari penyelenggara event (acara) tersebut mampu mendatangkan 2.000 sampai 3.000 kunjungan wisatawan lokal dan nasional dengan nilai transaksi yang cukup besar, tingkat hunian hotel dan rumah makan,” terang Harli.

Sementara itu, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Sultra Tenun Karnaval sangat bermanfaat dan berdampak luas untuk peningkatan inovasi.

“Sebab pertemuan ini adalah pertemuan ide dan gagasan. Teruslah berinovasi, karena saya percaya setelah ini akan tumbuh motif dan inovasi-inovasi baru,” ucap Monianse.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!