Travel  

Setu Patok Mundu Cirebon

Setu Patok Mundu Cirebon

tribunwarta.com

Lokasi: Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniHTM: FreeBuka Tutup: 24 JamTelepon: –

Tujuan Wisata

Jawa Barat adalah salah satu provinsi terdekat dengan Ibu Kota Jakarta dimana daerah tersebut menjadi tujuan wisata bagi masyarakat kota metropolitan.

Warga Jakarta yang kebanyakan sudah penat dengan segala kesibukan kebanyakan akan memilih untuk berwisata di Jawa Barat karena dekat.

Daerah-daerah di Jawa Barat juga penuh dengan tempat wisata sejarah dan alam dengan keunikan tersendiri, salah satunya adalah Kota Cirebon.

Cirebon (CRB) sendiri kaya akan wisata alam dan sejarah seperti curug/ air terjun, waduk, danau atau situ, hingga situs bersejarah yang mengandung legenda.

Masyarakat Jawa Barat sendiri masih mempercayai kisah legenda, mitos, misteri, dan sesuatu yang berhubungan dengan dua dunia.

Beberapa diantaranya adalah situ atau waduk alami yang konon menyimpan legenda mitos.

Salah satu tempat wisata sejarah dan alam yang penuh dengan kisah misteri unik di Cirebon yakni danau Setu Patok di desa Setupetok.

Berada di lokasi Kecamatan Mundu, tepatnya di Desa Setupetok, letak danau ini merupakan bagian dari kaki Gunung Cereme selain dua danau alami Situ Sangiang di Majalengka dan Seto Sedong di Kuningan.

Setu Patok pernah dikabarkan kering pada musim kemarau, berhubung waduk tersebut adalah bendungan terbesar di Kota Cirebon selain Situs Balong di Kuningan.

Danau ini juga sempat terkenal dalam acara Dua Dunia karena memiliki misteri yang dikaitkan dengan penunggu situ ini konon berwujud siluman.

Kendati begitu, tak jarang pengunjung tetap datang untuk berwisata, menikmati pemandangan indah atau bermain permainan air yang disediakan disini.

Walaupun kadang Setu Petok akan menjadi kering pada musim panas, tetapi tidak membuat tempat ini untuk dilewati begitu saja oleh beberapa pengunjung.

Banyak hal menarik bisa ditelusuri di danau yang juga merupakan tempat wisata alam dan sejarah ini.

Dan berikut adalah informasi lengkap mengenai alamat, lokasi di peta, fasilitas, jalan dan rute menuju ke Danau Setu Petok.

Fasilitas dan Akomodasi

Danau Setu Petok ini berlokasi di kaki Gunung Cereme, warga sekitar maupun pengunjung dapat mencuci mobil, motor, dan kendaraannya disini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Penduduk yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat mencuci motor dan mobil mereka di pinggiran danau.

Mencucinya pun tidak memerlukan sabun karena air di waduk ini sendiri sudah bersih, selain itu memakai sabun bisa mengotori lingkungan sekitar situ.

Di pinggir-pinggir danau terdapat warung-warung dan tempat-tempat makan dengan berbagai sajian kuliner tradisional khas Jawa Barat maupun makanan Indonesia lainnya.

Menikmati matahari terbenam di pinggiran danau ini menjadi salah satu kegiatan terfavorit pengunjung dan beberapa masyarakat.

Fasilitas lain yang disediakan yakni adanya lahan parkir untuk kendaraan bermotor, penginapan berupa guest house atau homestay, tempat beribadah, kamar mandi dan lain sebagainya.

Bahkan bagi wisatawan yang ingin berkemah tersedia camping area dekat pondok wisata, disana dapat ditemukan permainan outbound seperti lintasan ATV, paintball, hingga kolam renang.

Hal menarik lainnya bagi pengunjung adalah adanya Siwalk di tepian danau, dimana orang-orang dapat berjalan-jalan, jogging, bersepeda di area pinggiran waduk ini.

Siwalk di Danau Setu Patok ini memiliki luas 30 hektar dimana banyak wisatawan yang dapat mengambil foto dan gambar pemandangan sekitar.

Menikmati matahari terbenam pun disini menjadi salah satu kegiatan paling banyak dilakukan pengunjung, terutama pemandangan Gunung Cereme yang menambah keindahan tersendiri.

Di tengah danau tersebut terdapat pula bukit yang dapat dikunjungi dengan menggunakan perahu.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 untuk menyewa perahu pulang-pergi ke bukit di tengah danau tersebut.

Keindahan di Setu Patok ini memang berbeda dengan danau alami lainnya di daerah Jawa Barat seperti Situs Balong atau Setu Gedong.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang datang ke Setu Patok ini tidak dikenakan biaya apapun, tidak ada ketentuan harga tiket masuk karena siapapun bisa datang ke tempat ini.

Wisatawan dapat membawa kendaraan karena fasilitas parkir juga disediakan gratis, tersedia lahan parkir cukup luas di sepanjang jalanan Setu Patok.

Selain fasilitas parkir dan harga tiket masuk, tersedia pula toilet dan kamar mandi umum yang juga tidak memungut biaya dalam hal pemakaiannya.

Pengunjung juga dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan di area sekitar danau untuk menjaga kelestarian spot ini.

Walaupun kebanyakan fasilitas di Setu Patok ini gratis, tetapi ada juga beberapa diantaranya memiliki tambahan berbayar seperti penyewaan perahu atau boat, permainan air di sekitar pantai, hingga outbound dan taman bermain lainnya.

Namun untuk harga yang ditawarkan dijamin tidak akan menguras kantong pengunjung, harga makanan dijajakan di sekitar sini pun masih terhitung murah meriah.

Letak dan Lokasi

Lokasi persis danau ini jika dilihat dari peta berada di Desa Setupetok yang juga dilewati oleh jalan Tol Kanci – Palimanan.

Terdapat MTSN Setu Patok sendiri yang juga berada di desa ini, karena wilayahnya yang masih pedesaan menjadikan danau ini agak gampang-gampang susah untuk dicari.

Danau yang juga merupakan bendungan ini akan lebih mudah ditemukan di peta online atau Google Maps dimana areanya masih berada di West Java dan dekat dengan Gunung Cereme.

Dari Kota Cirebon sendiri berada di sebelah timur, letaknya tidak terlalu jauh bila mengendarai kendaraan bermotor.

Situ Patok dijuluki sebagai Toba Lake of West Java atau Danau Tobanya Jawa Barat karena memiliki pulau kecil di tengah-tengah danau yang luas ini.

Pulau di tengah danau ini dinamakan Situ Gunung yang konon memiliki makam di dalamnya, terlepas dari makam tersebut, suasana di pulau ini cukup indah.

Rute Menuju Lokasi

Setu Patok berjarak 10 KM bila pengunjung datang dari arah Kota Brebes, sedangkan wisatawan yang berada di arah Tegal hanya berjarak 6 KM untuk sampai disini.

Desa Setu Patok sendiri memiliki total 6 RW dan 29 RT, satu MTSN terkenal bernama MTSN Setu Patok.

Perbatasan di sebelah utara ada Desa Banjarwangunan, di sebelah selatan Desa Nanggela dan sebelah timur Desa Mundu Mesigit.

Di sebelah Barat Desa Setu Patok sendiri berbatasan dengan Kota Cirebon dimana transportasi umum yang melewati desa ini dapat ditempuh dari Terminal Harjamukti di Cirebon.

Angkutan umum dari Terminal Harjamukti Cirebon yang menuju Desa Setu Patok ini tidak banyak, karena kebanyakan masyarakat menggunakan transportasi pribadi seperti mobil, motor, atau sepeda untuk kesana.

Jarak dari terminal Harjamukti dengan Danau Setu Petok sangatlah dekat, kurang lebih sekitar 6 KM saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!