Travel  

Selain Terasi, Ke Cirebon Jangan Lupa Bawa Pulang 12 Oleh Oleh Ini Ya!

Selain Terasi, Ke Cirebon Jangan Lupa Bawa Pulang 12 Oleh Oleh Ini Ya!

tribunwarta.com – Jika berbicara tentang daerah wisata di provinsi Jawa Barat, kota Cirebon mungkin menjadi salah satu destinasi yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Tak hanya kaya akan tempat wisata menarik, kota Udang ini juga masih cukup kental dengan seni kebudayaan. Bahkan beberapa keraton serta peninggalan sejarah dapat kita temui disini.

Tingginya antusias wisatawan untuk berkunjung ke Cirebon pun juga didukung karena kota Udang ini menawarkan beragam oleh-oleh yang menarik.

Sama seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan kota lain di Indonesia, aneka oleh-oleh Cirebon ini pun bentuknya macam-macam bukan hanya makanan, tapi juga ada berupa barang kesenian, cemilan ringan hingga kue artis kekinian yang lagi hits.

Lalu, apa saja ya kira-kira nama oleh-oleh khas Cirebon yang terkenal dan bisa dibeli untuk dibawa pulang buat orang terdekat? Yuk kita cari tau sama-sama!

1. Batik

Cirebon memang dikenal dengan beragam olahan makanan dan minuman yang cocok dibawa sebagai buah tangan. Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yakni batik khas Cirebon.

Berbeda dari batik asal Jawa Tengah yang lazim didominasi dengan warna kecoklatan, batik khas Cirebon memiliki warna yang sangat kaya. Tidak hanya itu, Cirebon pun memiliki satu motif batik khas yang keindahannya sudah melegenda. Ya, apalagi kalau bukan Mega Mendung.

Nah, bagi yang ingin membawa oleh-oleh batik khas Cirebon, kamu bisa langsung datang ke BT Batik Trusmi yang merupakan pusat batik dan oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Indonesia. Di BT Batik Trusmi, kamu bisa menemukan beragam produk batik asli Cirebon mulai dari kain, hem atau kemeja, blouse, hingga masker dengan harga yang bervariatif.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam buah tangan khas Cirebon seperti makanan ringan, minuman, pajangan, aksesoris, dan lainnya. Terbukti sudah banyak kalangan artis dan pejabat pemerintah yang sudah berkunjung dan berbelanja di BT Batik Trusmi.

Jadi, kalau mampir ke Cirebon, jangan lupa berkunjung ke BT Batik Trusmi, ya!

2. Rengginang

Salah satu buah tangan yang paling menarik untuk dibawa pulang oleh Sahabat JejakPiknik dari kota Cirebon namanya yaitu rengginang.

Cemilan ringan ini bahan dasarnya terbuat dari ketan atau nasi yang dikeringkan sehingga tak heran jika memiliki rasa gurih dan renyah.

Di kota Cirebon sendiri, rengginang sudah diinovasi agar semakin menarik dan kini tersedia dalam beberapa rasa ada udang, keju hingga terasi.

Tak hanya itu, ukurannya pun beragam mulai dari kecil, sedang sampai besar semua lengkap tersedia. Tertarik ingin mencobanya?

Nah, siapkan aja budget mulai 15-50 ribu. Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh baik di Toko Daud ataupun Pangestu yang berlokasi di jalan Sukalila.

3. Kerupuk Lambak

Cirebon memang terkenal dengan aneka jajanan kerupuknya yang sangat beragam, salah satu contohnya yaitu lambak.

Cemilan ringan yang dibuat dengan proses panjang ini mulai dari kulit sapi dibersihkan, lalu digoreng beberapa kali membuat kerupuk tersebut memiliki tekstur sangat garing sehingga nikmat untuk dijadikan teman santai.

Salah satu tempat paling pas untuk mendapatkannya adalah pasar pagi Siliwangi. Tak perlu mengeluarkan biaya banyak, karena disini kerupuk lambak dijual murah, apalagi jika Sahabat JejakPiknik ahli dalam tawar-menawar.

4. Kerupuk Melarat

Kendati namanya diberi kerupuk melarat, namun jajanan pasar ini memiliki rasa sangat gurih. Dinamakan demikian karena pada saat penggorengannya tidak menggunakan minyak sama sekali melainkan hanya disangrai dengan pasir.

Meski begitu tak perlu ragu jika ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh karena cemilan ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Untuk membelinya, Pasar Pagi Cirebon sepertinya menjadi tempat paling tepat. Kalau soal harga bisa dibilang sangat merakyat karena hanya dibanderol sekitar Rp.5.000/bungkus.

5. Sirup Tjampolay

Untuk menemani cemilan kerupuk, sirup tjampolay juga menjadi salah satu jenis minuman yang patut buat Sahabat JejakPiknik bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sirup yang sering disajikan di berbagai restoran hingga hotel ini, konon katanya rasanya itu cenderung manis namun tetap nikmat karena menggunakan resep turun-temurun.

Produk tersebut pun hadir dengan menawarkan beragam pilihan rasa mulai dari pisang susu, strawberry, melon, leci, mangga gedong hingga kopyor.

Jika Sahabat JejakPiknik tertarik membelinya, silahkan datang ke Toko Manisan Shinta di jalan Lemahwungkuk No.37. Harga satu botolnya biasanya hanya berkisar Rp.27.500 saja.

6. Tomcir

Tak hanya Jogja yang memiliki bakpia, di kota Udang kita juga bisa menemukannya namun dengan nama berbeda yaitu Tomcir, singkatan dari atom kocir.

Selain namanya yang memikat, citarasanya pun sangat menggoda ditambah lagi variannya banyak ada rasa kacang hijau, keju, coklat, cappucino, vanilla dan sebagainya.

Untuk mendapatkannya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke toko Tomcir di jalan Pemuda Raya No.19, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat. Soal harga sekotaknya, kita hanya perlu budget 17-19 ribuan saja, tergantung varian rasanya.

7. Terasi Udang

Sebagai penghasil udang terbesar di Jawa Barat, pastinya Cirebon menghadirkan berbagai produk yang bahannya menggunakan olahan hasil laut, salah satunya yaitu terasi.

Bumbu dapur khas Cirebon ini rasanya sangat khas karena bahannya 100 persen terbuat dari udang. Nah, terasi tersebut sangat cocok dijadikan buah tangan buat kerabat yang punya hobi memasak. Gimana, tertarik?

Untuk mendapatkannya tidak sulit kok, datang aja ke toko Johan di Pasar Kanoman No.02, Pekalipan. Soal harga cukup beragam mulai dari Rp.4.000-Rp.50.000, tergantung ukurannya.

8. Keripik Gemblong

Bila Sahabat JejakPiknik berpelesir sejenak ke Kuningan, satu buah tangan yang tidak boleh dilewatkan namanya yaitu keripik gemblong.

Cemilan ringan berbahan dasar singkong ini berbeda dari keripik biasanya karena diberi oncom pada bagian tengahnya.

Ciri khas keripik ini warnanya kekuningan dan ukurannya pun beragam. Jika ingin membeli, datang saja ke toko Jelita di jln.Dewi Sartika No.29, Kuningan. Soal harga cukup bervariasi tergantug beratnya.

9. T-Shirt Ingsun

Nah, bila Sahabat JejakPiknik mencari jenis oleh-oleh yang bersifat unik dan tahan lama, mungkin membeli kaos ingsun bisa menjadi pilihan paling tepat.

Keunikan kaos ini terletak pada desainnya yang menarik karena mengangkat berbagai hal khas Cirebon dimana ada gambar udang, keraton, gedung balaikota hingga aneka makanan ikonik dari kota tersebut.

Tak hanya tersebar di berbagai toko oleh-oleh, kaos ini pun sudah dipasarkan secara online dan harganya dijual hanya kisaran 60-90 ribuan saja, tergantung ukurannya.

10. Cirebon Sultana

Berkunjung ke kota Udang, rasanya kurang sempurna jika Sahabat JejakPiknik tidak bawa pulang kue artis kekinian yang lagi hits disana, namanya yaitu Cirebon Sultana.

Kue kekinian milik Indra Bekti ini sudah eksis mulai dari 2017 lalu. Meski populer karena pemiliknya artis namun citarasa penganan tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata.

Perpaduan puff pastry dan bolu serta dilengkapi aneka topping mulai blueberry, mangga hingga choco banana membuat kue ini memiliki citarasa sangat enak.

Selain dapat dipesan online, Sahabat JejakPiknik juga bisa membelinya langsung ke tokonya dengan alamat Jln.Kartini No.05, Kejaksan. Soal harga murah kok hanya berkisar 50-70 ribu saja per kotaknya.

11. Emping Bumbu

Walaupun emping mudah ditemui di berbagai daerah namun tak ada salahnya membawa pulang khas Cirebon sebagai buah tangan alternatif.

Disamping rasanya beragam ada bumbu manis, asin, udang dan rumput laut, harganya pun relatif terjangkau mulai dari 20-50 ribuan. Sahabat JejakPiknik bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh manapun di Cirebon.

12. Jeniper

Saat mendengar kata “jeniper”, mungkin ada yang bertanya, oleh-oleh jenis apa sih produk satu ini, benar?

Nah, Jeniper itu sebenarnya singkatan dari jeruk nipis peras. Produk ini merupakan minuman khas kota Udang yang rasanya cukup unik dan sangat berkhasiat buat kesehatan karena kaya akan vitamin C.

Tak perlu ragu untuk membawanya sebagai buah tangan, karena jeniper telah dikemas dalam botol dan sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, harganya pun murah, hanya 35 ribuan saja di berbagai toko oleh-oleh.

Nah, itu dia 12 daftar oleh-oleh khas Cirebon. Dari sederet info diatas, mana sih yang menarik perhatian Sahabat JejakPiknik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!