Travel  

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Watu Bale di Kebumen dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Watu Bale di Kebumen dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

tribunwarta.com – Lokasi: Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473Koordinat: Klik DisiniTarif: Rp.10.000 per OrangJam Operasional: 09.00 – 21.00 WIBNomer Telepon: 0856 4540 5300

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket di tahun 2022 ini, Pantai Watu Bale mewajibkan pengunjung membayar sebesar 10 ribu rupiah setiap orangnya.

Harganya cukup murah bukan untuk beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di Pantai ini.

Namun biaya tiket masuk tersebut belum termasuk tarif parkir ya. Jadi kamu perlu membayar lagi, untuk parkir kendaraan roda 2 dikenakan 2 ribu sedangkan roda 4 cuma 5 ribu rupiah saja.

Selain itu banyaknya spot untuk mengambil gambar atau foto, tempat parkir kendaraan juga luas.

Fasilitas

Bukan hanya itu, masih ada banyak lagi fasilitas yang bisa kamu gunakan di sini seperti toilet umum dan mushola.

Tempat makan disekitar pantai juga cukup mudah ditemui, jadi kamu tidak akan merasa kelaparan ketika berlibur ke Pantai Watu Bale.

Jadi jangan lupa jadwalkan rencana liburan kamu ke Pantai Watu Bale agar tidak ketinggalan dengan spot foto yang saat ini sedang hits ya!

Saat berbicara tentang Kebumen, satu hal yang langsung terlintas dipikiran kita pasti wisata pantainya, benar? Yup, daerah tersebut memang memiliki banyak sekali destinasi bahari.

Selain memiliki sejumlah pantai, sebenarnya kabupaten Kebumen juga terkenal dengan sederet Goa.

Kesan mistis memang cukup kental di sini. Tapi, walaupun demikian banyak sekali pengunjung dari luar kota yang memang sengaja datang ke Kebumen hanya untuk sekedar berlibur.

Salah satu objek wisata di Kebumen yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan namanya adalah Pantai Watu Bale.

Tempat wisata satu ini termasuk destinasi liburan yang sedang hits. Terbukti, banyak sekali orang memposting gambar di social media tentang Pantai Watu Bale.

Selain di Kebumen, pantai yang memiliki nama sama ini juga bisa kita temui di daerah Pacitan Jawa Timur. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing.

Di Pacitan sendiri keunikan yang ditawarkan yaitu adanya tebing tinggi yang membatasi pantai dengan laut selatan.

Tempat wisata ini memang cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dari setumpuk pekerjaan.

Selain menawarkan pemandangan alam indah, di pantai ini banyak sekali tempat yang cocok untuk djadikan foto-foto.

Selain pecinta laut, pantai ini juga sering dikunjungi komunitas fotografi yang ingin berburu spot foto.

Sejarah Asal Usul

Disamping memiliki pemandangan alam indah, pantai ini juga lekat dengan cerita legenda tentang sejarah dan asal-usul awal dari Pantai Bale.

Seperti halnya Pantai Menganti yang berada tak jauh dari Pantai Watu Bale, spot ini juga memiliki cerita misteri serta mitos.

Cerita ini dituturkan oleh seorang penjaga yang berusia 46 tahun bernama Suratman dimana di Pantai Watu Bale ada sebuah batu karang yang hampir mirip dengan tempat peristirahatan dan persinggahan(bale).

Yang mana akhirnya menyebabkan pantai ini diberi nama Watu Bale. Dan menurut Pak Suratman, Watu Bale dipercaya dijadikan tempat singgasana dari tokoh legenda Raden Mas Panduruan.

Ada cerita unik lainnya yang menjadi salah satu mitos pantai ini yaitu adanya jejak telapak kaki raksasa di bagian kaki bukit di perbatasan laut.

Warga sekitar percaya bahwa jejak kaki tersebut adalah telapak kaki Bima, seorang tokoh wayang di dalam cerita Mahabarata dan salah satu anggota Pandawa Lima.

Ukuran jejak telapak kaki tersebut sangat besar berkisar antara1.5 meter dan lebar 1 meter.

Ini juga menjadi sebuah mitos yang dapat menimbulkan gelombang sangat besar ketika air laut diobok-obok atau di main-mainkan.

Disekitar jejak telapak kaki tersebut juga tumbuh rumput laut. Uniknya rumput laut ini hanya tumbuh saat musim kemarau saja.

Rumput laut ini juga banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk diambil dan dijadikan agar-agar dicampur dengan es.

Tetapi meski adanya mitos dan cerita misteri dari asal-usul Pantai Watu Bale, tak lantas membuat para wisatawan enggan datang.

Justru semakin banyak yang datang karena beberapa fasilitas sudah ditambah dan dikembangkan dengan baik.

Bahkan saat ini pemerintah daerah sedang memperbaiki jalan dan akses menuju pantai ini yang dirasa kurang baik.

Jalan yang tadinya masih banyak batu-batu sudah lebih baik dan tidak licin. Meski demikian kamu diharapkan tetap berhati-hati karena sebagian jalanan terbuat dari tanah.

Keindahan dan Potensi

Objek wisata Pantai Watu Bale ini terbilang baru di Kabupaten Kebumen. Tetapi perkembangannya hingga saat ini sangat pesat terlebih dukungan dari pemerintah daerah juga.

Antusias wisatawan sangat positif untuk pantai ini, bahkan banyak pengunjung dari luar kota yang datang untuk berlibur ke Pantai Watu Bale ini.

Hebatnya lagi menurut catatan petugas, di hari biasa pengunjung bisa sampai 500 hingga 800 orang sedangkan di akhir minggu bisa memuncak sampai 2000 orang per harinya.

Yang menjadi keunggulan di Pantai Watu Bale ini adalah memiliki beberapa spot foto yang sangat bagus dan unik, salah satunya adanya Bukit Titanic.

Bukit ini terletak diujung pantai dan terdapat sebuah bangunan yang membentuk kapal terbuat dari kayu.

Bukit Titanic menjadi tempat yang hits saat ini di media sosial. Karena dari atas bukit ini kamu bisa melihat pemandangan pantai yang begitu luas dan indah dari ketinggian.

Selain Bukit Titanic ini ada lagi spot foto yang bagus untuk dijadikan background foto selfie.

Di Pantai Watu Bale ini ada sebuah tempat seperti rumah pohon dan gardu pandang. Dari tempat tersebut kamu bisa melihat pemandangan indah, hamparan lautan biru yang luas.

Kamu bisa berpuas diri mengambil foto dari tempat jika pengunjungnya tidak ramai. Tetapi jika ramai, ya harus rela mengantri dan bergantian berfoto.

Ada lagi yang menjadi buah bibir anak muda di dunia sosial media saat ini tentang Pantai Watu Bale yaitu Jembatan Segitiga.

Jadi kamu bisa melewati jembatan yang terletak di atas pantai ini sambil menikmati pemandangan disekitar.

Jadi kamu bisa mengambil foto disini dengan background yang cukup bagus tapi tetap harus hati-hati ya jika berada di ketinggian. Tapi tak perlu khawatir juga, karena keamanan di sini juga sudah cukup terjaga.

Hal lain yang membuat pengunjung senang berada di pantai ini adalah luasnya bibir pantai sehinggapengunjung bisa bermain dengan senang.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai selain berenang dan mandi seperti bermain pasir dengan membangun beberapa bangunan kecil ataupun melakukan olahraga air seperti bola voli maupun sepak bola.

Bahkan hanya sekedar diam dan duduk di pinggir pantai juga banyak dilakukan oleh wisatawan.

Di sepanjang bibir pantai disini kamu akan melihat banyaknya anak kecil berlari-larian. Meski pasirnya tidak berwarna putih tetapi memiliki tekstur yang sangat halus. Jadi ketika kamu jatuh di pasir ini tidak akan membuat luka di kulit.

Tak jarang juga wisatawan menggelar tikar di pinggir pantai dengan beberapa kegiatannya sepeti tidur-tiduran atau makan dengan bekal yang mereka bawa dari rumah.

Pemandangan alam disekitar pantai ini juga sangat mempesona dengan gelombang ombak yang tidak ada hentinya bergoyang serta birunya air laut membuat suasana semakin pas untuk menghilangkan lelah ketika liburan.

Meski perjalanan menuju pantai ini cukup menantang, namun saat menjejakkan kaki di sini maka semua lelah akan hilang dengan pemandangan yang diberikan.

Rute Menuju Pantai

Akses jalan ke Pantai Watu Bale ini sangat mudah. Kamu bisa berangkat dari pusat kota Kebumen kemudian mengambil jalan menuju arah Pantai Karang Bolong.

Menuju pantai ini sudah banyak papan petunjuk arah. Setelah sampai di Pantai Karang Bolong kamu bisa lurus saja ke arah barat menuju kompleks beberapa pantai di selatan Kebumen sampai nanti bertemu dengan Pantai Desa Pasir.

Nah, setelah kamu sampai di kawasan kompleks Pantai Desa Pasir kamu harus mengikuti petunjuk rute selanjutnya yaitu menuju Pantai Watu Bale.

Nah, sesampai disini adrenalin kamu akan diuji arena akses jalannya belum cukup bagus dan perlu menggunakan kendaraan yang dalam keadaan baik ya.

Maka dari itu, sebelum berangkat ke Pantai Watu Bale jangan lupa mengecek keadaan kendaraan.

Cukup mudah untuk menemukan Pantai Watu Bale ini. Kamu bisa mengakses alamat denah melalui titik koordinat yang sudah kami berikan.

Setelah kamu terhubung dengan peta online maka alamat akan langsung diakses oleh google map.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!