Travel  

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Sebelah Pantai Parangtritis

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Sebelah Pantai Parangtritis

tribunwarta.com – – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ternyata mempunyai tempat wisata yang menyuguhkan keunikan fenomena alam.

Tempat wisata itu adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Sesuai namanya, tempat ini berupa bukit pasir yang menjulang tinggi di tepi laut.

Berada di sana, wisatawan seolah sedang berada di padang pasir Timur Tengah. Padahal, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ada di Kabupaten Bantul.

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini tepatnya berada di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sekitar 33 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo sebenarnya ada di sebelah barat dari Pantai Parangtritis yang sudah banyak dikenal orang.

Oleh karena itu jika ingin berkunjung ke sana, wisatawan cukup ikuti jalan utama dari Yogyakarta ke arah Pantai Parangtritis.

Dari Perempatan Titik Nol Kilometer Yogyakarta di Malioboro, pertama ambil arah ke timur sampai Perempatan Taman Pintar.

Selanjutnya, belok kanan dan lurus terus sampai perempatan Pojok Beteng Wetan. Terus lurus di perempatan (agak serong kanan) masuk Jalan Parangtritis.

Selanjutnya, cukup mudah. Cukup lurus terus ikuti Jalan Parangtritis karena jalan ini langsung mengarah ke Pantai Parangtritis tanpa percabangan.

Setelah pos retribusi, Gumuk Pasir sudah terlihat di kanan jalan. Tinggalkan jalan utama ke Pantai Parangtritis dan belok kanan masuk ke Jalan Gumuk Pasir.

Adapun menuju Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dilakukan dengan kendaraan umum. Ada bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis dari Terminal Giwangan. Kamu bisa naik bus ini sampai kawasan Pantai Parangtritis dan jalan kaki ke Gumum Pasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!