Travel  

Rute Alternatif ke Gunungkidul, Bisa Lewat Pantai Parangtritis

Rute Alternatif ke Gunungkidul, Bisa Lewat Pantai Parangtritis

tribunwarta.com – – Wisatawan yang hendak berwisata ke Gunungkidul dari Yogyakarta, biasanya melalui rute Bukit Bintang.

Namun, ternyata jalur bukit bintang bukan satu-satunya rute menuju destinasi wisata Gunungkidul .

Ada beberapa jalur alternatif, salah satunya adalah melalui kawasan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul.

Jalur ini akan membelah perbukitan di sisi selatan Gunungkidul atau sebelah timur Pantai Parangtritis.

Kompas.com sempat melalui jalur ini pada Kamis (1/12/2022) dan berikut ini kondisi jalur ke Gunungkidup via Parangtritis.

Kondisi jalur ke Gunungkidul via Parangtritis

Saat itu, Kompas.com mengendarai sepeda motor Supra X 125 FI. Kondisi jalan memang datar di kawasan Pantai Parangtritis. Jalan baru mulai menanjak di kawasan perbukitan sisi timur Parangtritis.

Sebagai info, pom bensin besar terakhir hanya ada sebelum kawasan Pantai Parangtritis. Oleh karena itu, kamu sebaiknya isi bahan bakar dulu jika tangki belum penuh.

Nantinya, akan ada pertigaan. Wisatawan bisa memilih jalur utama Panggang-Parangtritis atau via Bukit Paralayang Watugupit. Jika ingin sekalian berwisata ke Bukit Paralayang, belok kanan di pertigaan.

Namun, jalur ini lebih menanjak dibanding jalan utama. Jika terus lurus, perjalanan akan sampai lagi di jalan utama Panggang-Parangtritis.

Selanjutnya, perjalanan masih menyusuri jalan perbukitan yang berkelok dan naik-turun, meski tidak ekstrem. Kondisi jalan juga sudah diaspal halus.

Jalur ini memang tidak tepat berada di tepi laut. Namun, jalur ini merupakan akses tercepat menuju beberapa tempat wisata, seperti Tanjung Kesirat, Pantai Wohkudu, HeHa Ocean View, Pantai Gesing, Pantai Ngobaran, dan Pantai Ngrenehan.

Jalur di tepi pantai

Jika terus lurus mengikuti jalan, maka akan ada pertigaan. Belok kanan, maka itu adalah jalur menuju Pantai Baron.

Sesampainya di Pantai Baron, jalan mulai berada di tepi pantai. Dari Pantai Baron ke timur, ada banyak pilihan wisata pantai.

Beberapa di antaranya adalah Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Sadranan, Pantai Sudak, hingga Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti.

Jalur mulai memasuki kawasan perbukitan setelah Pantai Pulang Sawal. Wisatawan harus melalui jalur perbukitan untuk sampai pantai dari jalur perbukitan ini.

Pantai-pantai sebelah timur Yogyakarta itu, antara lain Pantai Siung, Pantai Jogan, Pantai Timang, Pantai Wediombo, hingga Pantai Sadeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!