Travel  

Ranu Bedali, Wisata Indah yang Belum Terkenal Milik Kota Lumajang

Ranu Bedali, Wisata Indah yang Belum Terkenal Milik Kota Lumajang

tribunwarta.com – Lokasi: Dusun Jatian, Tegalrandu, Klakah, Lumajang Regency, East JavaMap: KlikDisiniHTM: GratisBuka/Tutup: Buka 24 JamTelepon: –

Saat ini, kota kota seperti Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta merupakan kota wisata dengan wisatawan yang sangat banyak. Tetapi sebenarnya, ada sebuah kota wisata lain di pulau jawa yang bisa menarik wisatawan dalam jumlah banyak.

Kota tersebut adalah lumajang yang memiliki peminat dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dirasa sangat wajar mengingat kota lumajang sendiri memiliki lokasi wisata dalam jumlah yang sangat banyak.

Saat ini, ada sebuah lokasi wisata yang cukup hits di kota lumajang. Tempat tersebut adalah ranu bedali yang berlokasi di dusun jatian. Untuk anda yang belum mengetahui tentang tempat wisata ini, berikut review lengkap tentang wisata ranu bedali.

Wisata Ranu Bedali

Bisa dibilang, ranu bedali merupakan danau wisata terbaik yang dimiliki oleh lumajang. Setiap harinya, ada puluhan hingga ratusan pengunjung yang datang untuk sekedar duduk duduk dan menikmati suasa.

Bisa dibilang, hal tersebut memang cukup wajar. Selain merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai, ranu bedali ini juga akan sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berburu foto.

Ada banyak spot foto yang berpotensi menghasilkan gambar menarik di tempat ini. Selain itu pun tempat ini memang sudah sangat terkenal di kalangan fotograper professional. Anda yang datang pastilah akan sering melihat seorang fotograper professional di tempat ini.

Selain itu, seorang wisatawan pun pastilah akan sangat dimanjakan jika datang ke tempat ini. Itu karena, ranu bedali tidak hanya memiliki danau sebagai lokasi wisata. Di tempat ini pun terdapat sebuah wisata air lain yang cukup menarik perhatian para wisatawa.

Wisata menarik tersebut adalah berupa air terjun dengan ukuran sangat besar. Hebatnya lagi, terdapat 2 buah air terjun dengan ukuran sebesar itu.

Kedua air terjun tersebut memang berdekatan dan benar benar berpotensi menghasilkan kesejukan luar biasa bagi para pengujung.

Tetapi, sebuah keindahan memang perlu diperjuangkan dengan sungguh sungguh. Bisa dibilang, air terjun ini cukup sulit untuk didatangi. Jika seorang wisatawan ingin mendatangi air terjun ini, mereka harus melewati banyak semak belukar.

Hal tersebut tentulah perlu perjuangan ekstra dan bisa dikatakan, semak belukar inilah yang berhasil membuat kedua air terjun itu cukup jarang didatangi oleh para pengunjung.

Tetapi memang, segalanya akan terbayar ketika seorang wisatawan telah sampai ke lokasi air terjun. Disana, pemandangan dengan kondisi sangat asri akan bisa dilihat oleh para pengunjung.

Bisa dibilang, sedikitnya wisatawan yang datang ke tempat tersebut membuat kondisi sekitar air terjun yang jarang terjamah itu menjadi sangat lah menawan.

Danau di Sekitar Ranu Bedali

Perlu diketahui, terdapat sejarah tersendiri dari nama ranu bedali. Ranu memiliki arti sebuah danau kecil dan ranu bedali memiliki arti danau kecil bedali.

Sebenarnya, ranu bedali sendiri bukan satu satunya danau di lokasi tersebut. Di sekitar sana ada 3 buah danau kecil dengan nama ranu klakah, ranu pakis, dan ranu bedali itu sendiri.

Apabila ketiga tersebut dilihat dalam peta, ketiganya akan membuat sebuah segitiga yang oleh warga setempat disebut sebagai segitiga kawasan ranu.

Perlu diketahui, ranu bedali tidak bisa dikatakan dominan dari kedua ranu yang ada di sekitarnya. Ketiga tempat ini memiliki kepopuleran yang hamper seimbang dan memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Tetapi jika dikatakan akses menuju lokasi, ranu bedali lah yang justru malah tertinggal dari kedua ranu yang ada di sekitarnya tersebut.

Akses jalan menuju ranu klakah dan ranu pakis sudah sangat lah bagus sehingga wisatawan pun terus berdatangan setiap harinya. Hal itu justru tidak berlaku untuk ranu bedali yang malah memiliki akses jalan kurang baik.

Tetapi jika dilihat dari banyaknya pengunjung, besar kemungkinan para pengelola akan memperbaiki jalan sebagai penunjang kenyamanan para wisatawan.

Tetapi memang, hal itu perlu dilakukan secepatnya agar para pengunjung tidak merasa kesal dan kapok untuk datang ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Tiket masuk ke danau ranu kumbolo adalah gratis alias 0 rupiah.

Tetapi, bukan berarti anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk bisa sampai ke tempat ini. Akan ada biaya untuk kendaraan yang anda parkirkan di tempat masuk.

Biasanya, biaya parkir yang perlu dikeluarkan untuk bisa ke tempat ini hanya 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Tetapi, biaya parkir tersebut bisa saja bertambah di hari libur.

Rute Menuju Ranu Bedali

Jalur termudah yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi danau ranu bedali adalah dengan melewati perjalanan dari stasiun klakah lumajang.

Darisana, ambillah jalan stasiun klakah menuju ke Jl. Sukarno Hatta. Apabila telah sampai di jalan sukarno hatta tersebut, ambillah arah kanan belok lah ke kiri menuju jalan ranu.

Di jalan ranu, lurus lah terus dan melewati monumen kapten suwandak. Apabila telah sampai di pertigaan setelah bank BRI, ambillah jalan ke kiri menuju jalan rayu kanu klakah.

Darisana, akan terlewat griya cantik diamond, toko h. taufik, Ua Jaya Elektrone, Grocery Store Baim Cell, hingga sampai ke pertigaan setelah precill cuci motor. Ambillah kanan dan terus lah ikuti jalan menuju lokasi ranu bedali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!