Travel  

Rafting Sungai Ayung, Kegiatan Memacu Adrenalin Dengan Pemandangan Memukau di Gianyar Bali

Rafting Sungai Ayung, Kegiatan Memacu Adrenalin Dengan Pemandangan Memukau di Gianyar Bali

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Raya Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571Map: KlikDisiniHTM: –Buka/Tutup: 07.00 – 23.00 WITATelepon: 0877-6014-2434

Rafting Sungai Ayung merupakan salah satu kegiatan yang wajib anda coba selain bermain-main di Pantai. Bali tidak hanya memiliki pantai yang menawan, melainkan juga menawarkan sungai-sungai yang cocok untuk kegiatan rafting atau arung jeram.

Sungai Ayung adalah sungai dengan pemandangan alam memukau, kawasan hijau mengelilinginya serta nuansa khas Bali. Kegiatan arung jeram, tepat sekali bagi anda yang suka akan tantangan dan penyuka olahraga air.

Kini, kegiatan tersebut mulai digemari oleh banyak wisatawan. Untuk merasakan olahraga air ini memerlukan keberanian tinggi. Tak hanya bisa menghilangkan stres saja, tapi kegiatan rafting sungai ayung akan menjadi kegiatan berkesan dan tak terlupakan.

Pesona Sungai Ayung Gianyar Bali untuk Kegiatan Rafting

Meskipun terdapat dua spot rafting di Bali, tapi sungai ayung lebih diminati wisatawan. Sebagai sungai terpanjang di Bali, arus dan pemandangan yang eksotis. Panjang alirannya sejauh 63 km, bermuara di Selat Badung serta Sanur.

Kawasan sungai ayung terdiri dari beberapa area. Selain sungai ayung, terdapat taman indah sebagai ruang tunggu dengan tempat berteduh yang asri. Suasana pada taman tersebut, menyajikan suasana sejuk serta bernuansa khas Bali lengkap dengan patung-patung.

Perjalanan menuju sungai, sangat memanjakan mata. Anda hanya akan melihat wilayah hijau, penuh bunga dan pepohonan. Anda harus menuruni beberapa tangga untuk sampai di lokasi arung jeram. Disediakan air minum gratis bagi peserta yang berada di perjalanan.

Selama perjalanan, anda bersama rombongan akan senang sekali. Karena jarang sekali menyaksikan pemandangan asri tersebut. Jangan lupa mengambil foto berlatarkan tempat terindah di Bali itu. Tak hanya lobi yang asri saja, disana juga tersedia tempat makan asyik.

Setelah selesai rafting sungai ayung, anda bisa langsung bilas pada tempat yang disediakan. Tempat itu cukup nyaman, bersih serta berbentuk unik. Dekat area bilas, terdapat restoran atau tempat makan yang menawarkan menu lezat khas Bali.

Sambil makan di restoran, anda bisa menikmati pemandangan alam Sungai Ayung Gianyar. Tempat duduk, atap tempat makan dirancang unik menggunakan bahan-bahan alami.

Karena letaknya berada di ketinggian, membuat anda mampu melihat Bali yang penuh dengan pepohonan hijau memanjakan mata. Duduk pada kursi yang tersedia dan nikmati panorama alamnya.

Prosedur dan Kegiatan Rafting Sungai Ayung

Sebelum menyusuri sungai berarus deras ini, setiap peserta akan memperoleh penjelasan dan pengarahan tentang kegiatan arung jeram. Mulai dari pengenalan alat-alat rafting seperti perahu, rompi, pelampung dan dayung.

Setelah itu, ada pula penjelasan bagaimana posisi duduk yang tepat, cara mendayung sampai prosedur keslamatan selama kegiatan berlangsung. Pihak pengelola sangat memperhatikan kenyamanan serta keslamatan para wisatawan atau peserta arung jeram di sungai ayung.

Para Instruktur rafting sudah profesional, mereka dibekali pengalaman cukup tentang olahraga adrenalin itu. Mengetahui prosedur serta mengikuti pembelajaran sebelum kegiatan sangat perlu, sehingga bisa mengurangi terjadinya hal buruk.

Selama kegiatan rafting, anda pun boleh mengabadikan momen-momen atau spot terbaik. Satu diantara tempat yang bagus sebagai latar foto atau video adalah depan batu pembatas sungai karena mempunyai corak dan seni ukir indah khas Bali.

Itu juga menjadi pembeda spot arung jeram ini dibandingkan spot lain di Bali. Agar lebih seru, ajak pasangan atau anak atau seluruh keluarga untuk melakukan kegiatan tersebut. Kedalaman sungai yang tidak terlalu dalam membuatnya bisa dijelajahi oleh anak-anak.

Namun, untuk anak ada batasan usia dalam melakukan kegiatan ini yakni harus 7 tahun keatas. Kegiatan ini dapat anda jadikan sebagai langkah mengenalkan alam kepada anak. Dalam rafting sungai ayung, berlangsung selama 2 jam dan menempuh track 12 km.

Selama kegiatan berlangsung, anda takkan bosan karena pada titik tertentu, ada spot yang cukup menguji nyali. Selain itu, pahatan-pahatan atau relief kisah ramayana menghiasi dinding sungai sepanjang 1 km.

Fasilitas Rafting Sungai Ayung Gianyar Bali

Sebagai spot arung jeram terkenal dan selalu ramai dengan wisatawan, Sungai Ayung mempunyai banyak fasilitas untuk mendukung kegiatan wisatawan. Dimana ada area parkir luas, restoran yang menyajikan makanan lezat, toilet, tempat bilas, free water drink dan masih banyak lagi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Sungai Ayung

Anda bisa menikmati aktivitas arung jeram di Sungai Ayung mulai dari pukul 07.00 – 23.00 WITA. Untuk harga tiket masuk, biasanya sudah termasuk harga paket rafting. Biaya paket arung jeram mulai dari Rp 150.000,- tanpa jemputan.

Bila dengan jemputan di hotel tempat menginap, biaya bisa lebih mahal sekitar Rp 250.000,- bisa kurang atau lebih tergantung provider, fasilitas serta banyak rombongan. Sedangkan untuk provider Sobek ayung rafting mulai Rp 350.000/ orang.

Letak dan Akses Menuju Sungai Ayung

Alamat Ayung River di Jl. Raya Ubud, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Kalau dari Bandara Ngurah Rai atau Kuta Bali berjarak sekitar 1 jam 20 menit. Agar lebih nyaman menuju lokasi, sewa mobil, lalu gunakan google maps. Jika menyewa mobil akan lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!