Travel  

Pulau Wayag, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Raja Ampat

Pulau Wayag, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Raja Ampat

tribunwarta.com – Destinasi Pulau Wayag sering dijadikan sebagai wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Raja Ampat, Papua Barat. Disana menyuguhkan panorama alam yang terlihat begitu cantik dengan air laut jernih. Tak hanya itu, wisatawan bisa pula menyusuri semua pantai yang ada di sekitar pulau. Hal tersebut tentu akan membuat liburan Anda semakin mengesankan.

Para pelancong dapat mencoba beberapa permainan air yang telah disediakan. Apalagi ombak pantai tidak terlalu besar. Namun, di kawasan destinasi alam ini belum menyediakan peralatan yang lengkap. Jadi traveller dapat menyiapkan sendiri sebelum berkunjung.

Suasana di area Wayag terasa menenangkan karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Disana juga tampak pohon dan bukit yang menambah keasrian destinasi. Tidak heran banyak pengunjung yang sekedar bersantai saat berlibur. Maka dari itu jangan lupa melipir ke Wayag untuk melihat kecantikan wisata yang berbeda dari tempat rekreasi lain.

Daya Tarik Wisata Pulau Wayag

1. Warna Air Laut

Pantai yang ada di kawasan Pulau Wayag mempunyai warna air laut yang berubah-ubah. Perubahan warna tersebut disebabkan oleh kedalaman air laut serta pantulan sinar matahari. Ketika pantai sedang surut warna air terlihat biru kehijauan senada dengan langit. Apalagi saat cuaca sedang mendukung pasti Anda akan takjub saat melihat pantai.

Air yang surut juga mengalami perubahan warna semakin gelap karena tidak mendapat sinar matahari. Akan tetapi para tamu masih bisa melihat biota laut di sekitar pesisir karena air yang jernih. Warna air laut yang berubah itulah menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat pengunjung lokal maupun luar negeri.

2. Pemandangan Alam

Wayag memiliki beragam pemandangan alam yang tampak masih alami. Terdapat pohon bakau dan kelapa di sepanjang pantai agar destinasi semakin asri. Selain itu pohon yang ada berfungsi untuk mencegah abrasi akibat pengikisan air laut. Saat siang hari tidak akan terasa panas menyengat karena Anda dapat berteduh di bawah pohon tersebut.

Para pelancong yang mendaki ke puncak Wayag juga bisa melihat keindahan bukit hijau. Hal ini tentu akan membuat Anda senang dan cocok digunakan untuk bersantai. Bahkan beberapa wisatawan sering menjadikan panorama alam sebagai spot berfoto. Nikmati liburan seru dengan melihat kecantikan pemandangan yang tidak boleh terlewatkan.

3. Pasir Pantai

Pasir pantai di area Pulau Wayag tampak begitu putih bersih karena tidak tercemar dengan sampah plastik. Pasir ini sering dijadikan untuk spot bermain voli serta berjemur. Selain itu pasir juga terasa lembut saat disentuh menggunakan tangan. Hal yang terpenting jangan mengotori area dengan sampah plastik supaya warna pasir tidak berubah menjadi hitam.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Destinasi Pulau Wayag terletak di Desa Weigo Barat, Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan keindahan yang berbeda dari wisata lain. Letak pulau memang jauh dari pusat kota sehingga pengunjung harus membawa peralatan lengkap. Ketika hari libur banyak wisatawan yang berbondong-bondong menuju pulau tersebut.

Anda yang datang dari luar Papua bisa naik pesawat terbang dengan rute pemberhentian di Bandara Marinda. Kemudian dapat menyewa kapal laut untuk menuju ke lokasi wisata. Tidak hanya itu, traveller bisa pula menggunakan jasa tour guide yang akan menemani Anda selama perjalanan. Para tamu dijamin akan senang saat melakukan perjalanan ke pulau.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang tidak perlu takut tersasar. Anda akan diantarkan petugas menuju pulau dengan melewati air laut yang begitu cantik. Para pelancong yang usai berlibur juga dapat menggunakan kapal laut yang telah disewa untuk menuju pelabuhan. Nikmati perjalanan seru dengan melihat pemandangan yang indah.

Biaya Wisata ke Pulau

Berkunjung ke Pulau Wayag memang menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi wisatawan dapat menikmati keindahan laut untuk menuju keindahan destinasi. Anda diharapkan menyewa speedboat yang harganya bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Boat ini ada yang public dan private sesuai kapasitas penumpang yang disediakan.

Jika sudah masuk area pulau, traveller dapat menuju loket yang menjual tiket. Tarif masuk wisata sedikit mahal yaitu Rp 500.000 per orang. Namun tiket ini sudah mencakup semua destinasi laut yang ada di dalam pulau dan bisa digunakan selama beberapa bulan. Hal itulah yang membuat biaya wisata tergolong murah karena mencakup semua destinasi.

Para tamu yang ingin berkeliling pulau bisa menyewa perahu atau permainan air. Anda tidak perlu khawatir karena petugas akan menemani selama menyusuri pulau. Nikmati liburan seru dengan melihat kecantikan Wayag dengan air laut yang jernih. Selain itu jangan lupa menjepret foto atau merekam video bersama kerabat agar terasa menyenangkan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Snorkeling

Keindahan bawah laut Pulau Wayag memang begitu cantik karena air laut yang ada disana tampak jernih. Hal itulah yang membuat destinasi alam ini sering digunakan untuk snorkeling. Anda akan melihat terumbu karang dan biota laut yang indah. Selain itu wisatawan juga bisa membawa kamera anti air untuk merekam video selama menyelam.

2. Menyusuri Pulau

Wayag memiliki sejumlah pantai yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat menyewa boat atau perahu jika ingin berkeliling menyusuri pantai. Bahkan petugas siap menemani para tamu dan menjelaskan keberagaman yang ada di dalam pulau. Tidak heran banyak turis dari luar negeri yang tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut.

3. Berenang

Ombak pantai yang ada di Wayag tidak begitu besar yang cocok untuk berenang. Ketika siang hari air pantai akan surut sehingga terlihat biota laut seperti kerang. Traveller bisa membawa pelampung, baju, dan kacamata renang karena disana belum menyediakan persewaan. Namun Anda harus tetap hati-hati dan melihat ombak yang datang ke pesisir.

4. Memotret Foto

Kamera atau smartphone menjadi barang yang wajib dibawa saat berlibur. Apalagi di area wisata Wayag menyuguhkan spot bagus untuk memotret foto. Air laut yang jernih dan pasir putih dijamin akan membuat hasil foto terlihat semakin estetik. Maka dari itu jangan lupa mengabadikan momen bersama kerabat selama berlibur untuk dijadikan kenang-kenangan.

5. Mencoba Permainan Air

Kegiatan unik lain yang bisa dilakukan saat berada di sekitar Pulau Wayag adalah mencoba permainan air. Disana menyediakan persewaan banana boat, jet ski, hingga perahu kano yang dapat digunakan oleh semua pengunjung. Anda tidak perlu khawatir karena permainan ini dilengkapi dengan pelampung. Hal itu bertujuan agar tamu yang bermain tetap aman.

6. Berjemur

Area pantai yang masih tampak alami sering dimanfaatkan traveller untuk sekedar berjemur. Anda yang datang mulai pagi hari bisa merasakan sinar matahari di sekitar pulau. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat supaya tubuh tetap sehat. Para pelancong dapat berjemur di area gazebo atau pasir pantai dengan menggunakan kacamata hitam.

7. Bermain Pasir

Pasir pantai yang ada di dalam pulau terlihat berwarna putih bersih. Bahkan wisatawan tidak perlu menggunakan alas kaki karena pasir sangat lembut. Hal tersebut menjadikan pasir sebagai spot bermain yang seru untuk menghabiskan waktu. Anda bisa membentuk istana pasir atau membawa voli pantai yang terasa seru saat dicoba di pasir pulau.

8. Hiking

Para tamu dapat melihat keindahan pulau dengan naik di atas puncak. Anda akan dimanjakan dengan panorama alam di sekitar. Namun, pelancong harus mendaki selama beberapa jam untuk menuju spot terbaik.

Fasilitas Wisata di Pulau Wayag

Pulau Wayag mempunyai fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh semua tamu. Terdapat persewaan permainan air yang disediakan mulai dari jet ski, perahu, hingga banana boat. Para pelancong dapat mencoba permainan tersebut untuk menghabiskan waktu berlibur. Terdapat pula tempat sampah di sepanjang pasir untuk menjaga kawasan.

Pada sudut lain ada kamar mandi yang bisa digunakan untuk membasuh diri usai bermain air. Namun, wisatawan diharapkan tidak mengotori dan menggunakan air secukupnya saja. Kawasan pulau belum menyediakan warung makan yang lengkap. Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga saat disana.

Bagi pengunjung yang ingin bermain air dapat menyiapkan baju renang dari rumah. Hal ini dikarenakan Pulau Wayag belum menyediakan toko yang menjual peralatan. Fasilitas yang ada di sekitar pulau diharapkan dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Anda juga harus menjaga fasilitas tersebut dengan tidak merusak atau mengotori kawasan selama berlibur.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Pulau Wayag yang dapat dijadikan list wisata. Traveller dijamin akan takjub saat melihat kecantikan pulau tersebut. Hal yang terpenting siapkan budget, kamera, dan peralatan lain yang akan digunakan selama berkunjung. Ajak pula keluarga atau kerabat supaya liburan semakin seru dan tidak terasa membosankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!