Travel  

Potret Pantai Citepus Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Potret Pantai Citepus Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

tribunwarta.com – Alamat: Jalan Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat 43364Map: Klik DisiniBuka-Tutup: Setiap hari 24 JamHarga Tiket Masuk (HTM): Mobil Rp.30.000, Motor Rp.10.000

Pulau Jawa bukan hanya dikenal sebagai lokasi dengan penduduk terpadat kawan, namun juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sudah banyak destinasi wisata pantai terkenal di daerah ini, salah satunya adalah deretan pesisir Jawa Barat.

Pelabuhan Ratu di Jawa Barat adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal, baik dengan keindahan alam ataupun kisah misteri.

Kali ini kita akan berbicara serta membahas profil Pantai Citepus di kawasan Sukabumi. Yuk, simak artikel kita mengenai salah satu daerah dekat kota Bandung.

Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata kita kali ini berada di daerah Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Letak pantainya sangat strategis karena berada di tepi Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, yaitu di daerah Citepus.

Terletak di Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, letak pantai ini benar-benar sangat strategis. Lokasinya berada di tepi Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu.

Bila rekan-rekan berangkat dari Jakarta, maka akan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk bisa sampai di pantai ini. Pantai Citepus memiliki pajang sekitar 5 km dengan hamparan pasir berbentuk permukaan landai.

Daya Tarik

Sebenarnya Pantai Citepus memiliki keindahan yang tidak kalah dengan beberapa lokasi sekitarnya. Namun, nampaknya destinasi wisata satu ini termasuk dalam salah satu ‘harta karun’ terpendam di Jawa sehingga belum banyak travelers yang mengetahui.

Panorama alamnya dijamin akan membuat rekan-rekan semua betah, baik untuk sekedar nongkrong, atau juga mengambil beberapa foto, gambar serta video dokumentasi.

Sudahkah tertarik dengan pesona lokasi wisata kita? Pastinya rekan-rekan juga bertanya mengenai kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini ya? Salah satu kegiatan yang termasuk dalam must-to-do list adalah menikmati sunrise atau sunset. Destinasi kita jelas adalah spot favorit para fotografer untuk mengambil beberapa foto mengagumkan.

Udaranya sangat sejuk dengan angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak. Nyanyian burung-burung yang beterbangan serta gerakan daun kelapa akan menambah suasana hening serta damai.

Hamparan pantai ini memiliki pasir dengan tekstur lebih keras dibanding pasir pantai lain. Tapi, hamparan pasir dengan luas kira-kira 5 km ini memiliki permukaan yang landai sehingga kita bisa menikmati pemandangan tanpa terhalang.

Pihak pengelola obyek wisata, yaitu pemerintah daerah, beserta dengan masyarakat setempat, bergotong royong untuk menjaga agar lokasi ini tetap bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan di sekitar pantai dan juga sudah disediakan tempat sampah. Kondisi ini tentu akan membuat banyak wisatawan menikmati berlibur dan betah tinggal lama.

Ketika berkunjung, seringkali akan melihat pemandangan penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan, beserta dengan kapal mereka, sedang berlayar di tengah laut untuk menangkap ikan.

Kegiatan dan Fasilitas

Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan, baik berupa warung tenda atau bangunan kecil, yang menyediakan macam-macam menu makanan. Beberapa diantaranya adalah makanan ikan laut, udang, peyek, serta beberapa seafood. Tersedia juga lho kalau rekan-rekan ingin membeli ikan segar.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati air kelapa segar sambil menanti para nelayan yang beraktivitas di pinggir pantai, silakan mencoba untuk datang. Selain itu, juga sudah disediakan gazebo bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan.

Rekan-rekan bisa bersantai di tempat ini sembari mengambil beberapa foto. Tidak harus menggunakan camera professional kawan, sudah banyak gambar berkualitas hanya dengan camera HP.

Kabar gembira lagi, semua fasilitas serta keindahan alam ini bisa diakses siapapun dan kapanpun. Pihak pengelola hanya meminta retribusi wisata beserta dengan biaya parkir pengunjung yang datang. Ketika berkunjung dengan menggunakan mobil, biasanya tarifnya adalah sekitar Rp30.000 sedangkan motor adalah Rp10.000.

Sekalipun tidak terlalu mahal, ternyata objek wisata kita ini adalah kawasan yang sangat terjaga kebersihannya. Jangan ragukan keamanan di daerah wisata ini, karena masyarakat sekitarlah yang bersama-sama menjaga destinasi wisata ini.

Rupanya, bukan berarti Pantai Citepus tidak memiliki fasilitas atau kekurangan fasilitas kawan. Daerah ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung liburan para travelers.

Penginapan Murah

Bila rekan-rekan ingin menginap di lokasi wisata, sudah disediakan penginapan atau villa sederhana yang bisa disewa per kamar. Variasi harga juga cukup murah, yaitu sekitar Rp200.000. Bisa juga menginap di resort sekitar lokasi, seperti Mutiara Hotel.

Bila ingin bermain air, sudah terdapat toilet serta ruang ganti yang dapat digunakan rekan-rekan. Terdapat juga mushola bagi rekan-rekan yang beragama Islam sehingga bisa tetap menjalankan ibadah agama sekalipun berada di lokasi liburan. Berbicara mengenai area parkir serta tempat penitipan kendaraan, lahannya cukup luas dengan pengamanan yang baik.

Ketika rekan-rekan berjalan dari area parkir menuju bibir pantai, anda akan menemukan berbagai kios kecil maupun besar yang berjajar menjajakan macam-macam barang kerajinan tangan. Barang-barang souvenir ini sangat khas dari Pantai Citepus seperti gantungan kunci, kaos dengan desain khas Sukabumi, Jawa Barat, hiasan yang dibuat dari kerang, dan lain-lain.

Tips Wisata

Berlibur bukan berarti membebaskan barang bawaan kita tanpa perlindungan juga kawan. Yuk simak tipsnya agar liburanmu tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Ombak di Pantai Citepus tergolong tinggi dan cukup berbahaya bila ingin berenang hingga agak ke tengah laut. So, bagi rekan-rekan yang membawa anak-anak, silakan ketatkan penjagaan ya. Berhati-hati juga dengan ombak pasang ketika bermain di pesisir pantai.

Ada baiknya pula untuk bertanya ke penjaga pantai sebelum memutuskan bermain air. Hal ini akan memberikan suatu kepastian safe area bagi pengunjung. Pastikan juga keselamatan keluarga anda, karena ketika hari libur atau weekend, obyek wisata ini cukup ramai dengan pengunjung.

2. Pastikan barang bawaan rekan-rekan sudah disimpan dalam tempat yang aman. Ada baiknya ketika sedang bermain air, ada seseorang yang kalian percaya untuk menjaga barang bawaan sehingga tidak hilang ataupun tertukar dengan pengunjung lain.

3. Karena kita sedang berlibur di pantai, tidak heran kalau udaranya sangat panas bahkan menyengat kulit. Karena kondisi ini kawan, ketika berlibur pakailah pakaian yang cukup dingin sehingga akan membantumu untuk tetap menikmati liburan di tengah panas terik. Jangan lupa juga untuk memakai sunblock beserta body lotion.

Bisa juga membawa topi dengan ujung lebar untuk bisa menutupi wajah dari sengatan panas sinar matahari. Bisa juga membawa kacamata hitam untuk menjaga agar pemandangan tidak terganggu oleh silaunya sinar matahari.

4. Sekalipun di tempat ini terdapat kios yang menjual makanan dan minuman, namun jangan lupa untuk membawa bekal sendiri. Hal ini sangat membantu menikmati waktu liburan. Ketika menikmati makanan di sekitar lokasi wisata, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Bawalah juga uang cash berlebih (tetapi tidak terlalu banyak). Hal ini dikarenakan belum adanya fasilitas ATM di daerah sekitar destinasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!