Travel  

Piknik Sambil Olahraga di Hutan Kota BSD

Piknik Sambil Olahraga di Hutan Kota BSD

tribunwarta.com – Lokasi: Jalan Letnan Sutopo, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326Maps: Klik DisiniHTM: GratisBuka Tutup: 06.00 – 18.00 WIB

Wisata Alam

Daerah perkotaan Jakarta seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa semakin hari semakin penat dan penuh dengan hiruk pikuk kendaraan.

Praktis membuat suasana serta udara di ibukota Indonesia semakin menurun kualitasnya. Terbukti tingkat polusi di sekitar Jakarta makin tinggi.

Hal ini membuat masyarakat yang tinggal di kota kerap menghabiskan waktunya untuk berlibur ke kawasan wisata alam.

Tidak heran jika saat liburan panjang masyarakat Jakarta akan berduyun-duyun ke daerah pegunungan yang asri untuk mengusir kejenuhan setelah berkutat dengan kemacetan kota Jakarta.

Meski begitu ternyata ada banyak kawasan wisata hutan kota bisa ditemui di berbagai sudut Jakarta, kota satelit Bekasi, Tangerang Selatan hingga di daerah Banten.

Taman kota di sekitar ibukota tersebut hadir menyajikan nuansa alam yang fresh dan mampu membuat pikiran segar kembali.

Salah satunya yang menyajikan keindahan alam serta suasana alami adalah kawasan wisata taman kota di BSD.

Menilik Taman Kota

Taman kota yang berada di daerah Tangerang selatan tersebut menjadi salah satu areal hijau yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alam asri dan bernuansa sejuk.

Selain itu area teduh ini bisa menjadi salah satu lokasi eduwisata dan tempat refreshing bagi masyarakat yang sibuk bekerja setiap hari di ibukota yang penuh dengan polusi serta kendaraan berlalu lalang.

Di area BSD ini terdapat 3 area hijau dengan 2 taman kota yang menyajikan pesona menarik serta unik.

Areal taman kota 1 memang tidak memiliki luas sebesar taman kota 2 yang berada di tengah kota Bumi Serpong Damai atau BSD.

Area hutan kota 2 disebut dengan taman kota karena letak lokasinya berada di daerah kawasan Tekno.

Tempat liburan keluarga ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2006 dan mempunyai luas sekitar 9 hektar.

Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman serta pepohonan rimbun. Tidak salah jika areal hijau ini disebut hutan kota.

Tercatat tempat liburan keluarga di Serpong City ini menyajikan aneka pepohonan dengan jumlah mencapai 7000 pohon mulai dari beringin, bintaro, meranti pulai yang tersebar di semua sudutnya.

Selain itu, ada 60 jenis tanaman hias, sehingga membuat kawasan wisata ini menjadi lebih indah dan eksotis.

Sisi Menarik

Bertandang ke Hutan Kota ini, para pengunjung akan disuguhi padang rumput yang sangat luas. Jika membawa kendaraan, para wisatawan bebas memarkirkan tanpa dikenai biaya alias gratis.

Bahkan untuk memasuki hutan kota tidak ada harga tiket masuk Namun pengunjung harus berjalan kaki menuju ke pusat taman dari area parkir.

Kawasan wisata edukasi tersebut dibuka sejak jam 6 pagi ini dan hadir menyajikan keunikan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Para pengunjung akan melintasi sebuah jembatan gantung di pintu gerbang utama. Jembatan tersebut berada tepat di atas sungai Cisadane.

Jembatan ini mendapatkan julukan yaitu jembatan merah cinta. Karena menawarkan suasana romantis.

Setelah memasuki area hutan, suasana alami serta sejuk langsung bisa dirasakan, apalagi dilengkapi dengan suarasuara alam yang khas.

Para turis akan merasakan udara berhembus dan pepohonan bergerak mengikuti suara angin. Sebuah perpaduan sempurna bukan?

Ditambah lagi dengan adanya suara hewan-hewan di sekitar hutan tersebut, tentu semakin terasa menarik dan nuansa alam terbuka pun kian terasa jelas.

Hiruk pikuk keramaian yang kerap menyelimuti sehari-hari praktis akan langsung tenggelam dengan keindahan pepohonan hijau.

Fasilitas Yang Ada

Fasilitas di Hutan BSD ini terbilang sangat komplit, salah satu contohnya yaitu taman bermain anak-anak.

Dijamin para pengunjung yang datang bersama keluarga bisa menikmati keindahan alam tersebut dan anak-anak juga bisa bebas bermain di area playground.

Selain area taman bermain, di sini juga sudah disediakan fasilitas untuk berolahraga seperti jogging track.

Para pengunjung bisa menggunakan track ini baik di pagi atau sore hari. Di dekat areal jogging track, ada jalur pendek berisi bebatuan yang bisa digunakan sebagai tempat refleksi kaki.

Menariknya lagi, di pagi hari selalu diadakan senam taichi gratis untuk para wisatawan. Coba deh, dijamin tubuhmu akan semakin sehat.

Aktifitas Menarik

Saat memasuki area hutan ini Anda tidak akan menemukan yang namanya pedagang asongan sehingga membuat tempat tersebut bebas dari kekumuhan serta sampah yang dibuang sembarangan.

Hal tersebut memudahkan pengelola taman untuk menjaga kebersihan serta keasrian dari hutan tersebut.

Bahkan tidak ada coretan sedikitpun, pasalnya ada peraturan dilarang mencoret-coret di semua sudut kawasan wisata ini.

Dan hewan peliharaan juga dilarang serta tidak diperkenankan untuk masuk ke tempat tersebut. Jadi jangan heran jika area ini sangat bersih dan tidak ada kotoran sama sekali.

Tidak sedikit pengunjung yang senang berfoto dan mengabadikan gambar liburan mereka di sini.

Bahkan ada yang menjadikan spot tersebut sebagai lokasi acara pre-wedding, shooting film hingga kegiatan promosi untuk majalah atau lainnya.

Untuk menggelar acara-acara dengan kebisingan pengunjung harus mendapatkan ijin tertulis dari pihak pengelola.

Di dalam area ini juga ada sebuah danau dan air terjun buatan yang membuat suasana di sekitar semakin terlihat alami dan eksotis.

Selain itu, para pengunjung bisa duduk santai di bangku-bangku taman sembari menikmati pemandangan hutan kota tersebut.

Selain bangku taman, di sini juga sudah ada gazebo serta rumah pohon yang unik dan bisa digunakan dengan bebas tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Bahkan ada juga disediakan kios atau warung makanan yang buka sejak pagi hingga sore hari untuk memenuhi kebutuhan primer para turis.

Fungsi dari kawasan hutan ini sebenarnya adalah sebagai paru-paru ibukota sekaligus tempat refreshing untuk masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Selain itu hutan ini mempunyai peran penting di dunia pendidikan dimana berfungsi sebagai laboratorium untuk menjada kelestarian tanaman dan pepohonan.

Selain itu, sudah ada juga penginapan dan beberapa objek wisata lainnya yang bisa ditemui di dekat lokasi wisata tersebut seperti Scientia Park, AEON Mall hingga Ocean Park.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!