Travel  

Pesona Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

Pesona Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

tribunwarta.com

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674Map: Klik DisiniJam Buka: 07.00-17.00 WIB (Senin-Minggu)No. Telp:-

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 3.000,-Parkir Motor: Rp 3.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Jika kamu terbiasa hangout ke mall atau ke tempat rekreasi lain yang ada di kota, cobalah untuk menjajal menikmati suasana alami di pedesaan. Contohnya seperti yang ada di desa Jatimulyo Yogyakarta nih, ada sebuah wisata alam menyejukan mata.

Kedung Pedut Waterfall adalah sebuah destinasi air terjun atau banyak orang menyebutnya curug. Tempat ini bisa dijadikan sebagai weekend listmu supaya kamu momen akhir pekanmu lebih berkesan dan tidak membosankan.

Kenapa tempat ini recommended, selain menyuguhkan pesona alam yang menawan, kocek untuk masuk ke kawasan ini pun bisa dibilang sangat terjangkau lho. Harga tiket masuk Kedung Pedut di banderol dengan harga 3ribuan saja.

Selain itu, kamu juga perlu menambah kocek tiket masuk tersebut dengan biaya parkir. Untuk kendaraan roa dua dipatok dengan tarif sebesar 3ribu, sedangkan mobil tarifnya 5ribu. Tentu harga tersebut terlalu murah bukan untuk keelokan seperti yang ditawarkan oleh tempat wisata ini.

Jalan Menuju Lokasi

Untuk bisa mencapai titik lokasi wisata alam ini aksesnya sudah lumayan mudah lho. Kalau kamu dari arah pusat Kota Jogja, menujulah ke arah selatan melalui Jalan Mayor Suryotomo sampai menemukan perempatan Jalan Panembahan Senopati.

Setelah sampai di perempatan, lanjutkan perjalananmu menuju Jl. KH Ahmad Dahlan terus melalui Jalan RE Martadinata. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Siliwangi-Jalan Godean-Jalan Raya Pasar Kenteng. Ikuti papan petunjuk jalan yang ada untuk bisa sampai di area wisata Air Terjun.

Jarak perjalanan yang akan ditempuh dari Kota Jogja menuju lokasi wisata ini ialah sekitar 35 kilometer dengan estimasi waktu kira-kira 1 jam 10 menit. Estimasi tersebut pun mengacu pada kecepatan normal dan kondisi jalanan yang senggang.

Jika kamu tidak ingin kesasar, ada baiknya gunakanlah peta yang sudah kami sematkan melalu deskripsi map diatas supaya lebih memudahkanmu. Dengan begitu, kamu akan sampai lebih cepat ketimbang harus mencari-cari terlebih dahulu patokan2 jalannya.

Fasilitas Wisata

Walaupun berada jauh dari kota, namun tempat wisata yang satu ini cukup memiliki fasilitas memadai lho. Paling tidak, mampu membuat para pengunjung Air Terjun Kedung Pedut akan merasa betah dan tak ingin buru-buru pulang dari lokasi wisata.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Air Terjun Kedung Pedut ialah seperti kamar mandi, tempat duduk, pancuran & jembatan dari bambu, gardu pandang, area parkir luas, dan juga warung makan.

Jam buka Kedung Pedut sendiri adalah dari jam 7 pagi sampai dengan 5 sore. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan waktu seharian disini, karena fasilitasnya dijamin mampu membuatmu betah deh.

Pesona Kedung Pedut

Kedung Pedut adalah salah satu wisata Kulong Progo yang kepopulerannya hampir menyaingi Kalibiru. Salah satu destinasi andalan yang dimiliki oleh Kulon Progo. Sensasi berenang, berendam, dan bermain air di tempat ini tidak akan kamu temui ditempat lain.

Untuk bisa sampai di Kedung Pedut ini pun kamu harus membutuhkan efforts yang lebih, karena perjalanannya banyak melewati pegunungan dan perbukitan. Nuansa di Kulon Progo memang sangat mempesona, sejuk dan asri.

Sehingga walaupun harus menempuh perjalanan yang panjang, tidak akan terasa karena waktu dengan cepat berlalu. Kamu tidak akan memperhatikan waktu karena kan terpesona dengan keindahan alam yang ada di daerah Kulon Progo.

Air Terjun ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh tempat lain yaitu berupa warna airnya sangat cantik dan unik. Kedung Pedut Waterfall memiliki dua warna yaitu hijau tosca dan putih. Kedua warna tersebut terbentuk secara alami, sehingga cantiknya sangat menawan.

Warna putih datang dari aliran air yang ada di samping Air Terjun, sedangkan hijau tosca merupakan hasil pantulan sinar matahari ke batuan di dasar kolam. Kedung Pedut sejatinya masih satu aliran dengan Air Terjun Kembang Soka. Keduanya memiliki mata air yang sama yakni Mata Air Mudal.

Selain karena warnanya yang cantik, magnet lain dari Kedung Pedut ini ialah berasal dari adanya kolam alami yang terbentuk di area air terjun. Kolam ini dijuluki Kedung, dimana disini kamu bisa bermain air tanpa khawatir akan tenggalam.

Air Terjun Kedung Pedut sendiri memiliki beberapa Kedung yaitu Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan juga Kedung Merang. Kedalaman dari masing2 kedung tersebut mulai dari 2 sampai 5 meter.

Aktivitas Menarik

Sebenarnya jika kamu berkunjung ke Kedung Pedut Water Canyon ini banyak yang bisa dilakukan tak hanya bermain air. Aktivitas2 yang bisa kamu lakoni disini seperti berendam, berfoto di beberapa spot cakep, bersantai diatas hammock, cliff jump, menyelam, bahkan flying fox juga lho.

Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi baik sendiri, rame2, ataupun berdua bareng pasangan. Suasana di area Kedung Pedut sangat sejuk dan asri, jadi walaupun kamu datang siang hari tak akan merasakan panas.

Kamu pun bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar Kedung Pedut seperti Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kembang Soka, Goa Kiskendo, Gunung Lanang, Wisata Alam Kalibiru, Pule Payung, Waduk Sermo, Ayunan Langit, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!