Travel  

Pemandian Air Panas Subang Kuningan, Buka Jam Berapa dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi?

Pemandian Air Panas Subang Kuningan, Buka Jam Berapa dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi?

tribunwarta.com – Lokasi: Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa BaratMap: KlikDisiniHTM: Rp 5.000 (dewasa) dan Rp 2.500 (anak-anak)Buka Tutup: Pukul 06.00 – 17.30 WIB (Senin – Minggu)

Provinsi Jawa Barat dikenal memiliki banyak obyek wisata yang menarik. Salah satunya yaitu pemandian air panas yang ada di Desa Subang, Kuningan. Obyek wisata ini hampir setiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai tempat.

Para pengunjung ada yang datang untuk sekedar berfoto di tempat yang indah. Ada pula yang datang untuk menikmati suasana alam yang asri. Bahkan ada pula yang datang dari jauh dan menginap untuk melakukan pengobatan penyakit kulitnya.

Rute Menuju Lokasi

Obyek wisata ini berlokasi di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak tempat wisata ini dari Kota Kuningan kurang lebih 40 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan.

Dari Kuningan, Anda bisa melewati jalan menuju Kecamatan Kuningan. Setelah itu melewati Jalan Jenderal Soedirman dan Taman Kota.

Dari Taman Kota, Anda bisa melanjutkan perjalanan melewati Jalan Veteran dan Jalan Cipasung. Kemudian selanjutnya melewati Cantilan dan Jalan Ciberung serta Selajambe. Dari situ, lalu masuk ke Desa Subang yaitu tempat Pemandian Air Panas ini berada.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk bisa masuk ke pemandian air panas ini, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk. Harga tiket masuknya sendiri relatif murah yaitu Rp 5.000,00 untuk dewasa dan Rp 2.500,00 untuk anak-anak. Tempat wisata ini buka dari pukul 6 pagi hingga setengah 6 sore.

Fasilitas Yang Tersedia

Tempat wisata yang satu ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Fasilitasnya ini cukup beragam mulai dari mushola, toilet, warung, gazebo, area parkir untuk kendaraan hingga penginapan.

Penginapan yang ada sebenarnya ditujukan bagi para pengunjung yang akan berobat. Di penginapan ini total ada 4 kamar yang di dalamnya sudah terdapat tikar bantal. Biaya untuk penginapan ini yaitu Rp 50.000,00 per malamnya.

Sejarah Asal Usul

Ada dongeng yang berkembang di sana yang berawal dari Ki Ampuh Jaya di mana pada zaman dahulu banyak orang yang berdatangan menghadap Ki Ampuh Jaya dan meminta dibuatkan beberapa perkakas untuk berbagai keperluan.

Perkakas tersebut biasanya berupa perkakas untuk berladang, bertani, bahkan ada yang untuk senjata pribadi. Ki Ampuh Jaya akan memberikan syarat terlebih dahulu sebelum memenuhi permintaan tersebut.

Syarat yang harus dipenuhi ini yaitu orang yang meminta dibuatkan perkakas diharuskan untuk membawa bahan seperti baja atau besi. Kemudian bahan tersebut diletakkan di atas batu dan dibungkus dengan sehelai kain putih.

Lalu barang yang telah dibungkus tersebut bisa dibawa keesokan harinya. Biasanya Ki Ampuh Jaya bisa mengerjakan banyak sekali perkakas hanya dalam waktu satu malam saja.

Kemampuan Ki Ampuh Jaya ini didengar oleh orang sakti asal Subang. Kemudian orang sakti tersebut bermaksud untuk menguji kesaktian Ki Ampuh Jaya dengan cara membuat suatu tipuan di mana orang sakti tersebut minta dibuatkan pedang dengan membawa bahan.

Bahan tersebut kemudian diletakkan pada sebuah batu dengan dibungkus sehelai kain putih. Lalu orang sakti ini berpamitan kepada Ki Ampuh Jaya dan berjanji akan kembali esok hari.

Rasa kaget terlihat saat Ki Ampuh Jaya membuka helaian kain putih yang dibawa oleh orang sakti asal Subang tersebut. Hal ini dikarenakan yang terlihat bukan besi atau baja melainkan hanya sebongkah rebung muda yang masih penuh dengan tanah.

Karena merasa marah, Ki Ampuh Jaya kemudian menancapkan rebung tersebut ke batu yang berada di dinding Sungai Citiis hingga batu tersebut terbelah dan mengeluarkan air panas yang mengalir dengan derasnya.

Kemudian Ki Ampuh Jaya berujar dan bersumpah bahwa siapa saja yang ingin sembuh penyakit kulitnya, basuhlah dengan air dari mata air panas ini. Niscaya akan diberikan manfaatnya, terkecuali orang dari Desa Subang.

Itulah dongeng mengenai asal terbentuknya air panas di pemandian air panas yang masih ada hingga sekarang ini.

Daya Tarik

Air panas yang ada di obyek wisata ini berasal dari mata air alami, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan khasiat dari air panas ini untuk pengobatan penyakit kulit yaitu dengan berendam di air panas. Kadar belerang di sini baik untuk pengobatan.

Di sana telah disediakan satu kolam khusus untuk pengobatan kulit ini. Letak dari kola mini yaitu berada di bagian hulu, sekitar belasan meter dari kolam pemandian biasa. Air panas di sana berkhasiat untuk menyembuhkan gatal-gatal, kudis, dan lain sebagainya.

Di pemandian air panas ini total ada tiga kolam, di antaranya yaitu kolam untuk anak-anak, dewasa dan untuk pengobatan kulit. Tempat pemandian air panas ini memang tidak terlalu dekat dengan pusat perkotaan, akan tetapi cukup dikenal oleh para pengunjung.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum Anda berkunjung ke tempati ini, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut. Pertama siapkanlah smartphone atau kamera dengan resolusi terbaik. Dengan begitu, Anda bisa mengabadikan momen Anda bersama teman atau kerabat dekat Anda saat di sini.

Siapkan juga perlengkapan kesehatan seperti sabun, sampo, hand sanitizer jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Pastikan Anda bepergian dalam keadaan sehat dan fit agar rekreasi Anda semakin indah dan terasa menyenangkan.

Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, maka pastikan kendaraan tersebut tidak dalam keadaan rusak. Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi diri Anda dan selalu berhati-hati selama dalam perjalanan ataupun saat di lokasi wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!