Travel  

Pemandian Air Panas Guci: Selain untuk Relaksasi, Katanya Tempat Wisata Ini Dapat Menyembuhkan Penyakit Lho!

Pemandian Air Panas Guci: Selain untuk Relaksasi, Katanya Tempat Wisata Ini Dapat Menyembuhkan Penyakit Lho!

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Central Java 52466, IndonesiaMap: KlikDisiniHTM: Rp. 7.000/orangBuka/Tutup: 06.00–21.00 WIBTelepon:–

Salah satu objek wisata paling terkenal di kota Tegal adalah Taman Wisata Air Panas Guci. Ketenarannya tidak hanya di provinsi Jawa Tengah saja namun seluruh pelosok Indonesia. Keindahan panorama alam disiini membuat pengunjung selalu ramai datang.

Pemandian Air Panas Guci adalah sebuah tempat wisata cukup lengkap. Anda jangan beranggapan jika ini hanyalah lokasi tempat mandi air panas saja karena ada beragam wahana dan fasilitas lengkap dalam satu kawasan.

Letak obyek wisata Air Panas Guci ada di lereng Gunung Slamet dan dapat diakses dari arah mana saja. Pengunjung yang biasa datang kesini adalah dari berbagai daerah di Indonesia seperti Pemalang, Brebes, Pekalongan, Yogyakarta, Semarang, Solo, dll.

Bagi Anda yang masih bingung ingin menghabiskan akhir pekan atau hari libur dimana terutama area Tegal dan sekitarnya. Air Panas Guci adalah salah satu tempat yang paling direkomendasikan.

Pesona Wisata Air Panas Guci

Ini merupakan salah satu tempat menghabiskan liburan paling diminati terutama di Jateng. Pesona keindahan alam, udara dan bergam fasilitas yang disediakan membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Terdapat sejumlah sumber mata air panas dan pancuran yang langsung dari bumi. Selain bertujuan untuk relaksasi, para wisatawan biasanya memiliki maksud tertentu datang kesini yaitu untuk pengobatan.

Air panas dipercaya mempunyai khasiat menyebuhkan bebebrapa penyakit khususnya penyakit kulit. Pancuran 13 adalah lokasi dimana banyak pengunjung yang ingin mengambil manfaat dari air panas yang langsung memancar dari bumi ini untuk kesembuhan.

Pancuran 13 dipercaya memiliki kandungan air yang mampu meyembuhkan penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, mata, dan lain-lain. Pancuran 13 adalah lokasi pancuran-pancuran air sebanyak 13 buah.

Di atas Pancuran 13, ad lokasi 10 air terjun dengan suasana begitu asri dan yang terpopuler ialah Air Terjun Jedor.Namun, ternyata mandi di water hot Guci ini dipercaya dapat mengabulkan sejumlah permintaan.

Entah ini mitos atau kenyataan tapi para pengunjung yang mempercayainya akan datang mandi pada pukul 12 malam jum’at kliwon. Menurut ceritanya jika berdoa pada malam tersebut maka permintaannya akan dikabulkan.

Selain Pancuran 13 saja karena masih ada beberapa letak pemandian lainnya disini seperti Pancuran 7 dan pancuran 5. Kedua pancuran ini mempunyai sumber mata air panas juga.

Tidak hanya pancuran air panas namun juga terdapat pemandian air panas terbuka dan tertutup serta kolam renang.

Jika berendam disini jangan terlalu lama karena air di pemandian mengandung belerang, jika terlalu lama kasihan kesehatan kulitnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Air Panas Guci sangat terjangkau. Untuk hari biasa htm dewasa adalah Rp. 5.000 dan anak-anak Rp. 4.500. Sedangkan ketika akhir pekan atau hari libur htm dewasa adalah Rp. 7.000 dan anak-anak Rp. 6.500.

Sejarah & Legenda

Menurut beberapa sumber, asal usul dari nama Guci tersebut berawal pada masa Walisongo. Ketika itu diutus wali untuk mensyiarkan agama islam di wilayah barat provinsi Jawa Tengah terutama Tegal. Sang wali membawa serta poci atau guci bersamanya.

Masyarakat meyakini jika air dalam guci tersebut memiliki khasiat sehingga mereka ramai-ramai datang meminta air tersebut.

Karena jumlah air tidak mencukupi namun masyarakat masih banyak yang belum kebagian akhirnya sang wali menancapkan tongkat ke tanah. Pada waktu tongkat diangkat seketika air panas mengalir dari lubang tersebut.

Cerita misteri tentang air pans mengalir dari tongkat sang wali tersebut hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat dan meyakini jika air di pemandian Guci ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ketika penancapan tongkat terjadi di malam jum’at kliwon sehingga para pengunjung sengaja datang untuk mandi pada malam jum’at kliwon pas di tengah malam. Pada malam jum’at kliwon inilah banyak sekali pengunjung yang datang untuk berendam.

Alamat dan Rute Jalan

Lokasi pemandian air panas Guci adalah di Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Jika dari arah Slawi sekitar 30 kilometer jarak tempuhnya. Jika dari kota Tegal jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer.

Untuk yang datang dari Jogja membutuhkan perjalanan sekitar 5 jam. Anda dapat menggunakan roda 2 maupun 4 ataupun menggunakan transportasi umum. Jika Anda ingin naik bus dari Yogyakarta ke tempat wisata Guci gunakan bus jurusan Purwokerto.

Selama di perjalanan, Anda akan melintasi kota Slawi dan sampai di kawasan Kec. Lebaksiu. Kemudian sampai di pertigaan Yomani, disana akan ada arah petunjuk termasuk ke Guci. Anda masih harus menempuh 25 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Untuk mempermudah perjalanan Anda menuju Tempat Wisata Guci, ikuti saja directoins dengan klik ‘map’ di bagian atas.

Tempat Wisata Guci

Di Desa Guci ini tidak hanya ada pemandian saja namun banyak sekali wahana permainan, tempat wisata, kuliner dan sebagainya. Berikut info beberapa tempat wisata sekitar pemandian air panas Guci yang harus dikunjungi.

1. Waterboom

Waterboom Guci bukanlah satu tempat dengan pemandian air panas namun masih dalam satu kawasan.

Disini banyak sekali kolam rennag dengan wahana permainan yang tentu membuat buah hati Anda merasa senang. Pemandangan alamnya juga tak perlu ditanyakan lagi keindahannya. Kolam renang disini memili air hangat juga dengan kondisi air sangat bening dan jernih.

Selain kolam renang, gazebo, aneka permainan, waterbooom ini juga dilengkapi fasilitas penginapan seperti villa mewah dan hotel. Di dekat pemandian maupun waterboom juga banyak penginapan, guest house dengan banyak varian harga dan fasilitas.

Selain itu, disini banyak spot foto andalan para pengunjung mengambil pose terbaik yaitu didekat papan nama Guci-ku. Tak jarang mereka mengabadikan moment tersebut dalam vidio.

2. Outbound

Untuk wisatawan yang telah puas berendam ataupun tidak terlalu suka berendam di air panas dapat menuju lokasi outbound yang tak jauh dari lokasi pancuran 13. Fasilitas outbound yang disediakan antara lain sepak bola, bumi perkemahan, dan lapangan tenis.

3. Curug Kembar Guci

4. Curug Jedor Guci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!