Travel  

Pasar Terapung, Wisata Rekreasi Lembang yang Memanjakan Mata

Pasar Terapung, Wisata Rekreasi Lembang yang Memanjakan Mata

tribunwarta.com – Lokasi: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391Map: KlikDisiniHTM: Rp. 15.000,-/ orangBuka/Tutup: 19.00 – 19.00Telepon: (022) 2787766

Pasar Terapung Lembang Cimahi merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bandung yang banyak disukai wisatawan lokal terutama area Jabodetabek. Kalau berbicara tentang Bandung, sudah pastilah memiliki berbagai keindahan.

Di kota kembang ini, kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata menarik. Diantaranya seperti pemandangan alam nan indah, wisata kuliner, pusat perbelanjaan hingga waterboom. Kawasan perkotaan Bandung juga tampak sangat menyenangkan dikunjungi.

Hampir semua daerahnya menawarkan keindahan masing-masing, mulai dari Cimahi, Buah Batu, Jatinangor tak terkecuali dengan Lembang. Lembang memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Sekilas Tentang Pasar Terapung (Floating Market) Lembang

Pasar Terapung atau Floating Market merupakan tempat wisata unik di Lembang dan baru pertama kali ada di Jawa Barat. Sebagai destinasi wisata, Pasar Terapung dikemas dalam bentuk sarana rekreasi.

Floating Market mengusung tema pasar apung tradisional Langkat Sumatera Utara atau di Sungai Kuin, Kalimantan. Tidak hanya menyajikan pemandangan unik saja, melainkan juga menghadirkan suasana sejuk dan panorama khas pegunungan.

Berkat pemandangan yang nyaman dimata itu banyak memikat wisatawan baik dalam kota maupun luar kota. Objek wisata ini menyajikan wisata edukasi, wisata kuliner hingga arena bermain. Sehingga, tak heran saat akhir pekan floating market lebih ramai dikunjungi para wisatawan.

Sejak berdirinya tempat wisata ini pada tahun 2012 sampai sekarang, pengunjungnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bila anda ingin merasakan hal mengesankan, cobalah untuk berbelanja di atas perahu yang berlayar di danau.

Anda bisa berbelanja semua bahan kebutuhan sama seperti pasar tradisional lainnya. Tersedia lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, ikan segar dan masih banyak lagi. Jika hal itu baru anda lakukan untuk pertama kalinya, pastilah sangat seru.

Sejarah Pasar Terapung Lembang

Dulu lokasi yang dibuat sebagai floating market ini adalah danau Situ Umar. Perairannya masih alami yang merupakan kolam pemancing bagi warga setempat. Namun sejak Desember 2012, mulailah didesain sebagai pasar terapung dengan tujuan sebagai objek wisata keluarga Lembang Bandung.

Apabila anda ingin mencicipi atau membeli makanan dan oleh-oleh khas Sunda, datanglah pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Sementara wisata kuliner atau arena permainan buka pada hari-hari biasa. Dengan lahan 7,2 hektar, objek wisata ini masih terus berkembang.

Kegiatan di Pasar Terapung Lembang

Aktivitas pertama yang harus anda coba adalah belanja di Food Court Apung. Konsep belanja ini tentu cukup unik, dimana anda akan merasakan jual beli di atas air. Untuk melakukannya, anda harus datang pada weekend atau akhir pekan.

Uniknya, transaksi jual beli ini hanya menggunakan alat pembayaran berupa koin yang ditukar sebelumnya.

Sedangkan pada pinggir danau, ada dermaga yang menawarkan beragam makanan lezat. Anda bisa menikmati santap lezat itu bersama keluarga pada tempat duduk sekitar sana.

Jika kesana membawa anak-anak, paling cocok datang ke area taman angsa. Nah, disana anak-anak bisa bermain, berfoto serta memberi makan angsa putih. Namun tetaplah waspada, awasi anak-anak karena walaupun jinak, terkadang angsa bisa marah.

Selain taman angsa, ada pula taman kelinci yang berisi kelinci-kelinci lucu dan pastinya disukai oleh anak-anak. Untuk menikmati masuk ke taman ini, ada biaya tambahan senilai Rp 20.000,-. Selain bermain, jangan lupakan foto bersama kelinci-kelinci tersebut.

Bermain sampan atau sepeda air juga termasuk kegiatan yang bisa anda lakukan di pasar terapung. Anda bisa menyewa sepeda air dengan biaya Rp 50.000.- untuk 30 menit. Seru sekali menjalankan sepeda air atau kano bersama teman atau keluarga.

Menikmati suasana pedesaan tradisional Bandung dapat anda lakukan di Saung tengah sawah. Saung ini merupakan tempat eksotis untuk makan sambil menikmati gambar alam nuansa pedesaan.

Harga Tiket Masuk Pasar Terapung Lembang

Bagi yang ingin menikmati keunikan serta kegiatan di floating market lembang, anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 15.000/ orang. Selain itu, ada tiket tambahan Rp 30.000,- untuk mobil dan Rp 5.000,- untuk motor.

Meski harus membayar biaya parkir kendaraan, tapi karcis parkir itu dapat ditukarkan dengan berbagai pilihan minuman seperti kopi, lemon tea atau coklat panas. Jam operasional floating market setiap hari, pada hari Senin – Kamis buka jam 09.00 – 19.00 dan Jum’at – Minggu jam 08.00 – 20.00.

Letak dan Akses Menuju Pasar Terapung Lembang

Alamat lengkap Pasar Apung diLembang pada Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Hanya berjarak 45 – 50 menit dari pusat kota bandung, rute pada map bisa melalui Jl. Pagermaneuh atau Jl. Ir. H. Djuanda atau Jl. Dr. Setiabudi.

Sedangkan dari Cimahi bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam. Kalau dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit melalui Jl. Pantura. Selain itu, butuh waktu sekitar 1 jam pula dari lokasi taman batu. Lebih jelas tentang lokasinya, lihat peta pada google map saja.

Jika sampai pada sore hari, tak usah khawatir karena letak pasar terapung dekat dengan banyak hotel dan penginapan dekat sana seperti Grand Hotel, Trizara Resort dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!