Travel  

Pantai Wartawan di Lampung Selatan

Pantai Wartawan di Lampung Selatan

tribunwarta.com

Lokasi: Way Muli, Rajabasa, Waymuli, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan 35552Map: Klik DisiniHTM: Rp.2.500 per OrangBuka Tutup: 09.00-19.00Telepon: 0857-8967-3353

Bila biasanya Anda ke pantai menikmati keindahan pasir dan lautnya, di Pantai Wartawan di Lampung Selatan ini Kita dapat menikmati sensasi keunikan lain.

Fenomena unik di tempat ini adalah adanya kepulan asap yang memancarkan air panas dari bebatuan di sekitar pantai. Air dengan suhu panas ini diketahui berasal dari belasan titik mata air.

Berbeda dengan bahari lainnya, di tempat ini Kita dapat menikmati 2 keindahan dalam satu waktu sekaligus yakni keindahan pantai serta fenomena air panasnya.

Keindahan dari pancaran air panas ini dapat Kita nikmati ketika pantainya sedang surut yakni saat pagi maupun sore hari.

Tetapi, ada hal penting yang tak boleh Anda lupakan. Hindari mencelupkan tangan atau kaki di sumber air panas.

Sumber air panas tersebut memiliki suhu mencapai 80 derajat celcius. Sebenarnya, dari mana sumber air panas ini? diperkirakan air panas berasal dari Anak Gunung Krakatau yang sekarang ini masih aktif.

Jangan Dilewatkan

Fenomena unik sumber air panas memang menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Wartawan.

Banyak warga yang percaya jika air panas di tempat ini dapat mengobati berbagai macam penyakit mulai dari rematik, alergi dan lainnya.

Jika Anda mengunjungi tempat ini, Kita bisa mencoba membawa berbagai bahan makanan yang dapat direbus di air panas.

Saat senggang, Kita akan menemukan anak nelayan yang membawa hasil buruan mereka seperti udang, ikan hinga telur untuk dimasak di sumber air panas tempat.

Mereka pun menikmati hasil tangkapan sembari melihat pesona pantai. Kita bisa melakukan hal sama, yakni memasak langsung dengan kompor alami.

Uniknya, air di sekitaran wisata ini tidak terasa asin walaupun berada di dekat pantai. Seringnya, wisatawan menggunakan air untuk membuat kopi.

Memang, untuk menikmati keunikan dari wisata yang Kita kunjungi saat ini, Anda hanya dapat menikmati ketika air sedang surut, yakni di sore atau pagi hari.

Bila air sedang pasang, sumber air panas akan ditutupi oleh air ketika naik di bibir pantai.

Jika tidak beruntung melihat fenomena ini, Anda masih dapat menikmati lukisan keindahan alam pantai dari Bukit Botak.

Bukit Botak berada dekat dengan sumber air panas. Keindahan wisata Lampung ini dapat Kita nikmati dari bukit setinggi 50 meter.

Di Bukit Botak, Anda juga bisa melihat goa serta berziarah di makam Tubagus Sulaiman, yakni seorang pendekar dari Banten.

Kegiatan Menarik

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa Kita lakukan di sini mulai dari memasak telur, ikan, udang, hingga mengambil gambar.

Sepertinya, liburan di pantai seindah ini kurang menyenangkan jika tidak dibarengi dengan berfoto bersama teman dan keluarga.

Kita juga bisa membuat vlog wisata untuk memperbanyak koleksi video di media sosial Anda.

Ingin menikmati suasana pantai di pinggiran, kenapa tidak? Setelah letih berfoto, Kita bisa duduk di pinggir pantai sembari makan bekal.

Pasti rasanya menjadi lebih nikmat. Apalagi pemasakan dilakukan menggunakan cara yang benar-benar alami.

Fasilitas Yang Ada

Ketika mengunjunginya, Kita tidak perlu cemas karena tempat ini dapat dikatakan merupakan objek wisata yang mempunyai beberapa fasilitas.

Fasilitas yang ada di sini seperti kamar mandi, mushola, area parkir kendaraan, penginapan dan lainnya.

Untuk kendaraan, pengelola sudah menyediakan area parkir yang cukup luas untuk pengunjung.

Selain itu, penginapan yang berada di sekitar tempat ini pun juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Rute Menuju Lokasi

Jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari Lampung, mungkin tak perlu bingung untuk mendatangi Pantai Wartawan.

Akan lebih mudah menjangkaunya bila Anda menggunakan kendaraan pribadi sebab lokasi Pantai Wartawan sendiri berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Rajabasa dengan Kota Kalianda.

Untuk akses jalan yang akan dilewati terbilang sudah cukup baik. Bila Anda dari Simpang Gayam di jalur Bakauheni Lampung, jaraknya sekitar 32,7 km saja.

Di sepanjang jalan, Kita akan menemukan papan petunjuk arah untuk mencapai Pantai Wartawan.

Bila Anda masih bingung dan tidak ingin tersesat, bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Map pada smartphone.

Harga Tiket Masuk

Bisa dikatakan, kalau spot ini merupakan tempat wisata murah meriah. Bagaimana tidak? Kita bisa masuk ke dalam hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 2500 saja per orang.

Bila membawa kendaraan pribadi seperti motor, Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2000, sedangkan untuk mobil Rp 5000 saja. Cukup murah bukan?

Saran Berwisata

Sebelum mengunjungi wisata ini, lebih baik Anda mempersiapkan keperluan terlebih dahulu, seperti:

    Kamera

Kamera digunakan untuk mengabadikan momen selama Anda di tempat ini. Seperti yang kita ketahui, tempat ini memberikan pemandangan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan,

    Peralatan kesehatan

Anda juga harus membawa peralatan kesehatan seperti obat anti mabuk, obat merah, minyak angin hingga obat masuk angin.

Untuk perlengkapan kebersihan, Anda bisa membawa barang-barang seperti tisue basah, sampo hingga sabun,

    Pakaina Ganti

Bila Anda berniat untuk bermain air di tempat ini, jangan lupa membawa baju ganti, karena tidak banyak penjual yang menjual baju di tempat ini,

    Makanan

Ingin menikmati sensasi memasak di air panas bukan? Jika ya, jangan lupa bawa bahan makanan yang sederhana dan tidak merepotkan seperti telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!