Travel  

Pantai Tablolong, Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Kupang

Pantai Tablolong, Pantai Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Kupang

tribunwarta.com – Selain Bali, wilayah di Indonesia yang memiliki banyak pantai dengan pemandangan alam eksotis adalah Nusa Tenggara Timur. Bagi pecinta destinasi wisata bahari, Pantai Tablolong Kupang wajib menjadi urutan pertama dalam daftar tujuan anda. Keindahan alam yang cantik dan elok menjadikan suasana liburan semakin betah, apalagi banyak aktivitas seru di dalamnya.

Setiap orang memiliki berbagai tujuan ketika berlibur, ada yang hanya ingin mengisi waktu kosong, dan ada pula yang ingin melepas penat. Tujuan wisata jika anda ingin mendapatkan pikiran kembali fresh adalah dengan menikmati panorama alam. Di pantai contohnya, banyak hal menarik yang ditemui di lokasi. Setiap lokasi pantai memiliki karakteristik tersendiri, jadi tidak membuat bosan untuk mengunjungi satu pantai ke pantai lain.

Meskipun pemandangan di pantai hanya seputar hal yang sama, yakni air laut, hamparan pasir, dan suasana di sekitarnya, namun ada ciri khas masing-masing yang membedakannya. Sebagai contoh adalah Pantai Tablolong dengan bibir pantai yang luas sejauh mata memandang.

Daya Tarik Wisata Pantai Tablolong

Sebelum berkunjung, ada baiknya jika anda menyimak daya tarik apa saja yang ada di pantai cantik di Kupang ini. Dengan mengetahuinya, anda bisa lebih yakin dan mantap ketika menuju ke lokasi.

1. Pantai yang Luas

Daya tarik pertama dari ukuran pantainya yang sangat luas dan indah. Anda bisa melihatnya dari pasir putih yang membentang sepanjang utara hingga ke selatan. Dengan wilayahnya yang sangat luas, aktivitas apapun di dalamnya semakin seru. Pasalnya, anda tidak lagi bingung memilih lokasi untuk melakukan kegiatan seru.

Apalagi jika Pantai Tablolong masih belum terlalu ramai. Hanya di hari tertentu pengunjung yang datang memadati sebagian lokasi. Di pinggir pantai terdapat rumah adat khas NTT yang disebut Lopo sebagai tempat istirahat. Sebagian wisatawan menyebutnya sebagai gazebo karena memang fungsinya sama.

2. Ombak Tenang

Pantai di kawasan NTT terkenal dengan ombaknya yang tenang. Memang untuk aktivitas surfing tidak bisa dilakukan dengan ketinggian ombak yang hampir datar. Akan tetapi banyak aktivitas lain yang seru dilakukan ketika ombak tidak begitu tinggi. Sebagai contoh adalah berenang karena tidak terlalu membahayakan.

Meski demikian, sepatutnya anda tetap berhati-hati dan melihat kedalaman Pantai Tablolong. Terlebih, di sekitar pantai terdapat batuan karang besar yang menjorok ke laut. Karang ini menjadi pemandangan indah lain yang bisa dinikmati. Beberapa pengunjung memanfaatkannya sebagai spot foto dengan background air laut.

3. Air Jernih Kebiruan

Selain ombak yang tenang, air laut sangat jernih dengan warna kebiruan. Cukup jelas ketika anda memandangnya di depan seolah merupakan pantulan dari langit cerah. Padahal pada dasarnya air di pantai cantik ini memang biru. Wisatawan yang berkunjung, terutama turis asing, sering menjadikan Pantai Tablolong untuk aktivitas snorkeling.

Keindahan semakin terlihat ketika birunya air laut menyentuh garis fatamorgana, dimana seolah menyatu dengan langit. Pemandangan ini hanya bisa didapatkan dari pantai yang memiliki warna air laut biru dan suasana ombak tenang. Meskipun ada pantai dengan air laut biru, namun ombak yang datang tinggi, anda tidak bisa menyaksikan hal menarik seperti ini.

4. Biota Bawah Laut yang Cantik

Daya tarik Pantai Tablolong berikutnya masih berhubungan dengan kejernihan air laut. Saking jernihnya, anda bisa menyaksikan biota bawah laut yang indah dan menawan. Inilah yang menjadi daya tarik utama dan sekaligus menjadikan alasan wisatawan berkunjung, terutama bagi mereka yang hobi menyelam.

Batuan karang penghuni dasar laut jelas tampak meskipun anda melihatnya dari permukaan air. Belum lagi ikan kecil sebagai penghuni karang yang berenang dengan tingkah menggemaskan. Sesekali tumbuhan laut melambai seolah memanggil dan mengizinkan penyelam menikmati keindahannya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Bagi anda yang tertarik mengunjungi Pantai Tablolong, silahkan langsung datang ke alamat Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jarak dari pusat kota Kupang lumayan jauh, sekitar 30 kilometer. Butuh waktu sekitar 1 jam atau lebih dengan jarak tempuh tersebut.

Rute yang bisa diambil yakni dengan menuju ke kawasan Tenau. Dari titik tersebut, silahkan lurus hingga menemukan perempatan, kemudian ambil arah kiri. Banyak petunjuk jalan di lokasi tersebut, jadi silahkan anda ikuti hingga menuju ke lokasi. Patokan utamanya adalah gapura sebagai pintu masuk utama.

Harga Tiket Masuk Pantai Tablolong

Seperti halnya objek wisata pada umumnya, Pantai Tablolong Kupang memberlakukan tiket masuk bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Uniknya, tiket masuk jauh lebih murah dari tarif parkir kendaraan jika anda datang membawa motor atau mobil pribadi. Hanya dengan 2.000 rupiah, anda bebas menikmati setiap suasana dan aktivitas di pantai.

Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan justru lebih mahal, motor dikenakan 5.000 rupiah dan mobil 10.000. Meski demikian semua biaya yang dikeluarkan masih jauh dari kata mahal jika dibandingkan dengan keelokan dan keindahan pantai. Anda bisa datang kapan saja karena objek wisata di Kupang ini dibuka setiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Selain mengetahui daya tarik, perlu juga untuk mengetahui aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Tablolong. Pentingnya informasi ini bisa digunakan untuk mempersiapkan segala kebutuhan sebelum perjalanan.

1. Memancing di Spot Andalan

Apakah anda hobi memancing? Maka sudah wajib hukumnya untuk mengunjungi pantai eksotis ini. Banyak jenis ikan yang bersembunyi di bawah batuan karang, spot inilah yang menjadi andalan pemancing di sana. Berbagai jenis ikan bisa anda temukan jika beruntung, seperti kerapu dan kakap putih.

Sambil menunggu umpan disambar ikan, menikmati pemandangan Pantai Tablolong Kupang tentunya basa menghibur. Kalaupun tidak dapat ikan, setidaknya anda mendapatkan ketenangan dan sekaligus melatih kesabaran dengan aktivitas ini. Banyak pengunjung yang memancing di atas batuan karang karena biasanya ikan bersembunyi di sana.

2. Menikmati Panorama Sunset

Aktivitas lain yang cocok dilakukan ketika berada di pantai adalah menikmati panorama matahari terbenam. Tidak semua pantai menyajikan panorama seperti ini. Maka dari itulah di pantai cantik ini menjadi daya tarik unggulan bagi pengunjung. Mereka yang datang dengan niat melihat indahnya sunset biasanya mengambil waktu sore ketika berkunjung.

3. Berenang dan Bermain Air

Tenangnya ombak yang ada di Pantai Tablolong membuat aktivitas berenang semakin mengasyikkan. Tidak perlu takut ombak tinggi datang yang dapat menghempaskan badan. Sebagian besar ombak yang datang cukup kecil karena angin tidak terlalu kencang. Jika masih takut atau khawatir, silahkan bermain air di pinggiran pantai karena tidak kalah serunya.

4. Bermain Pasir Luas Membentang

Bentangan pasir yang luas menjadikan pengunjung lebih leluasa bermain pasir. Ada yang hanya ingin merasakan kelembutan pasir dengan menyentuh dan menggemgamnya, ada yang membuat bangunan, dan bahkan ada pengunjung yang membenamkan diri kedalam pasir. Namun sebaiknya anda berhati-hati karena pasir yang ada di Pantai Tablolong terdapat banyak bekas cangkang kerang dan keong laut.

5. Menyelam Bersama Biota Laut

Selain memancing dan aktivitas lain yang disebutkan, silahkan menyelam dan melihat keunikan dan keindahan biota laut yang ada di pantai eksotis ini. Kejernihan air sangat memungkinkan untuk melihat dasar laut. Karang, ikan kecil, dan tumbuhan laut terlihat jelas dan begitu indah. Sayangnya masih belum ada tempat penyewaan peralatan untuk menyelam, jadi silahkan bawa sendiri dari rumah.

6. Berburu Spot Foto

Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen di pantai dengan panorama tergolong sempurna ini. Air laut biru, batuan karang yang menghiasi, pasir putih membentang luas, semua bisa dijadikan objek foto. Sayang sekali jika keindahan seperti ini terlewat begitu saja tanpa harus diabadikan dengan produk digital.

Apalagi saat ini banyak tersedia media sosial yang biasanya dijadikan sebagai ajang pamer. Bukan pamer sebenarnya, namun anda bisa menjadikannya sebagai ajang promosi supaya Pantai Tablolong lebih ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Salah satu spot andalan yang hingga kini masih digunakan untuk menghiasi background foto adalah batuan karang di tepi pantai.

Fasilitas Wisata di Pantai Tablolong

Untuk melengkapi kenyamanan pengunjung yang datang, objek wisata pantai di NTT ini dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Tidak perlu khawatir akan fasilitas wajib yang harus dimiliki setiap objek wisata, karena anda bisa menemukan tempat parkir dan toilet di salah satu titik yang masih berdekatan dengan bibir pantai.

Adanya rumah Lopo sebagai gazebo bukan hanya dijadikan sebagai fasilitas umum, namun juga pemandangan yang unik bagi wisatawan diluar wilayah NTT. Fasilitas lainnya yaitu warung dengan jumlah lumayan banyak dan berjejer rapi. Silahkan manfaatkan jika anda ingin menikmati masakan khas NTT atau hanya sekedar meredakan rasa haus dan lapar.

Sedikit ulasan mengenai Pantai Tablolong Kupang diatas semoga membantu anda yang sedang mencari referensi tantang liburan dengan pesona alam di Kupang. Jika dilihat dari daya tarik, aktivitas yang bisa dilakukan, dan juga fasilitas yang tersedia, pantai cantik ini sangat layak dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!