Travel  

Pantai Pasir Padi Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

tribunwarta.com

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka BelitungGoogle Maps: Klik DisiniBuka Tutup: 24 JamTelepon: (0717) 9100853

Harga Tiket Masuk

    HTM: Rp.10.000

    Parkir Roda Dua: Rp.2.000

    Parkir Roda Empat: Rp.4.000

Untuk dapat menikmati pesona Pantai Pasir Padi anda harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah. Tarif parkir pun terbilang murah yakni 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 4.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

Tak hanya dikenal dengan martabaknya yang legit dan lezat, Bangka juga dikenal sebagai Pulau yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik nan cantik. Salah satunya ialah pantai. Pantai-pantai yang ada di Bangka tak kalah mempesona dan mampu bersaing dengan destinasi serupa di Indonesia.

Selain menyuguhkan panorama khas pesisir, pantai di Bangka terkenal akan keindahan pasir dan kejernihan air lautnya. Salah satunya adalah Pasir Padi Beach. Pantai ini berjarak sekitar 8 kilometer jauhnya dari pusat kota Pangkalpinang dan menjadi destinasi wisata andalan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Pesona Unik

Jika ditilik lebih lanjut, nama pantainya memiliki keunikan tersendiri. Usut punya usut ternyata pemilihan nama tersebut bukan tanpa alasan, ada sejarahnya. Namanya berasal dari bentuk pasir yang terhampar luas di pantai ini.

Lantaran bentuknya panjang dan menyerupai bulir-bulir padi akhirnya masyarakat menyebutnya sebagai Pantai Pasir Padi. Berkat nama yang unik tersebut keindahan Pantai Pasir Padi dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru Kepulauan Bangka Belitung.

Konon, Pantai Pasir Padi merupakan satu-satunya destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat kota Pangkalpinang.

Tak heran jika di hari biasa pun cukup banyak wisawatan yang datang sekedar melepas penat, tak sedikit pelancong dari daerah lain pun singgah. Pantai ini paling ramai ketika hari libur tiba bahkan pengunjung yang datang bisa mencapai 6000 per harinya.

Pantai Pasir Padi memiliki panorama yang mempesona. Pasirnya putih, air lautnya mengalahkan birunya langit sehingga tak berlebihan jika pantai ini begitu indah dan cantik. Keindahannya semakin bertambah dengan adanya sebuah daratan kecil yang disebut dengan Pulau Punai.

Pulai Punai ini akan tampak saat air laut surut. Letaknya tak jauh dari bibir pantai sehingga cukup diakses dengan berjalan kaki. Menurut catatan sejarah, dahulu pulau ini digunakan sebagai tempat singgah burung-burung Punai yang kini terancam punah.

Di Pulau Punai pengunjung akan menemukan hewan kecil seperti siput laut dan bebatuan karang kecil. Saat air laut mulai naik, pulau ini akan kembali tenggelam di bawah birunya air laut.

Garis Pantai Pasir Padi panjangnya mencapai 2 kilometer dengan struktur pantai yang landai dan pasir yang padat, akan sangat baik untuk berlari-lari atau berjalan santai di kala pagi.

Dengan udara yang masih bersih, aroma khas pantai dan ditemani deburan ombak akan membuat anda lebih bersemangat menjalani hari. Manfaat lain tubuh anda menjadi rileks dan sehat.

Pantai ini termasuk luas sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti bermain voli pantai, layang-layang, sepak bola, berjemur, berenang, bermain air dan pasir.

Yang seru, di Pantai Pasir Padi ini sering kali dijadikan sebagai tempat latihan untuk menguji adrenalin, ketangkasan dan kecepatan. Anda bisa menunggu hingga sore hari menjelang sunset, pantai ini akan ramai dikunjungi para penikmat balap.

Pantai Pasir Padi tercatat pernah dijadikan sebagai venue gelaran seri motocross tingkat dunia MXGP musim 2022-2021 yang digelar pada Maret lalu. Bisa dibilang aktivitas balap di pinggir lautan merupakan hal yang langka malah satu-satunya di Indonesia.

Tentunya pemilihan Pantai Pasir Padi sebagai venue telah diperhitungkan secara matang. Pemandangan yang memukau memikat siapa pun yang bertandang ke pantai ini.

Di samping memang ajang balap motor pantai sudah dijadikan agenda rutin setiap tahunnya. Berbekal konsep pariwisata yang dipadu dengan olah ragam kota Pangkalpinang sukses menarik wisawatan dari luar wilayah Babel.

Kabarnya destinasi wisata ini akan dijadikan sebagai tempat rekreasi terpadu di mana nantinya pengunjung dapat menikmati berbagai wahanan seperti waterpark, outbond, eco park, kebun binatang, plaza, mall dan juga hotel.

Dengan begitu Pasir Padi Bay akan menjadi tempat wisata yang dekat dengan kawasan perkotaan layaknya Ancol di Jakarta dan diharapkan mampu seramai Pantai Kuta di Bali.

Jika anda bosan, cobalah untuk berjalan-jalan di sepanjang pantai menikmati deburan ombak yang saling berkejaran di tengah lautan seakan-akan sedang berkompetisi menjadi yang paling unggul sampai di bibir pantai.

Tunggulah waktu datangnya mentari terbenam, cahayanya yang jingga keemasan. Tangkap momen tersebut dengan kamera. Upload photo selfie anda. Bagikan foto tersebut melalui media sosial agar semakin banyak wisawatan yang berkunjung ke pantai ini.

Jalan Menuju Lokasi

Pantai yang menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Babel ini terletak di Jalan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Tak sulit untuk menemukan alamat pantai ini karena dekat dengan Bandara Depati Amir.

Adapun rute yang dapat anda coba antara lain sebagai berikut:

Rute dari Kota Pangkalpinang: Jalan Air Mawar – Belok kanan ke Jalan Ketapang Raya – Belok kiri ke Jalan Raya Pasir Padi – Ambil arah kanan – Pantai Pasir Padi.

Rute dari Pulau Bangka: Jalan Raya Sungkap – Simpang Katis – Jalan Raya Sungai Selan – Jalan Solihin GP – Jalan Theresia – Jalan Permata II – Jalan Depati Hamzah – Jalan Air Mangkok – Jalan Tirta darma I – Jalan Ketapang Raya – Jalan Raya Pasir Padi – Ambil arah kanan – Pantai Pasir Padi.

Rute dari Bandara Depati Amir: Jalan Dahlia – Jalan Batu Nirwana II – Jalan Depati Hamzah – Jalan Air Mangkok – Jalan Air Mawar – Ambil arah kanan ke Jalan Tirta Darma I – Jalan Ketapang Raya – Jalan Raya Pasir Padi – Ambil arah kanan – Pantai Pasir Padi.

Bagi wisawatan dari luar daerah atau kepulauan Babel akan lebih baik untuk membekali diri dengan gambar peta ataupun aplikasi peta online untuk memudahkan anda berkendara. Namun, bila anda menggunakan jasa transportasi umum seperti taksi anda bisa langsung meminta diantarkan ke Pantai Pasir Padi.

Pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama tak perlu cemas sebab banyak hotel dekat lokasi dengan range harga yang bervariasi. Bagi pecinta alam kawasan pantai sangat ramah sehingga bisa digunakan sebagai tempat berkemah yang asik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!