Travel  

Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali

Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali

tribunwarta.com – Lokasi: Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771Map: Klik DisiniHTM: Rp 5.000 per OrangBuka Tutup: Senin – Minggu 00.00-24.00 (24 Jam)Telepon: –

Salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang seakan tiada pernah sepi dari keramaian para pengunjung lokal maupun pengunjung asing adalah Bali.

Bali sendiri juga merupakan destinasi wisata yang cukup diincar oleh para wisatawan asing maupun wisatawan lokal, dikarenakan berbagai kuliner yang begitu menggugah selera, tempat wisata yang menakjubkan, serta wisata baharinya yang mengagumkan.

Bali memang merupakan salah satu Provinsi yang sudah dikenal sejak lama sebagai surganya tempat wisata. Terutama wisata pantai yang sangat eksotis serta dikagumi oleh berbagai wisatawan asing maupun wisatwan lokal.

Apabila anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati ombak yang beralun dengan tenang, disertai angin yang menghembus dengan lembut, hal tersebut dapat anda rasakan di Provinsi Bali ini.

Menurut data Kementrian Pariwisata tahun 2016, Bali masih tetap menjadi tempat wisata primadona bagi para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali yang dapat dibilang cukup populer dimedia sosial Instagram karena keindahan yang dimilikinya.

Pada umumnya para pengunjung yang berdatangan ke Bali yang ingin menikmati wisata pantai, akan datang mengunjungi Pantai Lovina, Pantai Sanur, Pantai Jimbaran, Pantai Tanjung Benoa, Pantai Kuta dan Pantai Seminyak, serta masih banyak lagi wisata pantai yang akan wisatawan kunjungi.

Walaupun beberapa pantai tersebut cukup populer di Bali, tak ada salahnya bagi anda untuk mencoba mengunjungi Pantai Pasih Uug Bali. Karena keindahan panorama alamnya yang begitu menawan serta sejarah yang dapat dibilang cukup menyedihkan.

Daya Tarik

Pantai Pasih Uug atau dengan nama lainnya adalah Broken Beach berada di Bunga Mekar, di pulau kecil yang bernama Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Nusa Penida terletak di sebelah tenggara pulau Bali.

Memang sejak saat ini Broken Beach telah dikenal luas sebagai tempat wisata terbaru di Bali. Broken Beach ini sekarang sedang naik daun, sebagai tempat yang paling disenangi di pulau Bali.

Memang Nusa Penida merupakan sebuah kawasan yang terdiri atas tiga pulau utama, yaitu Nusa Lembongan-Jugutbatu, Nusa Ceningan, dan Nusa Gede.

Berbagai obyek wisata yang terdapat di Nusa Penida sedang berkembang dengan pesat. Dapat dibuktikan dari beberapa tahun terakhir, bahwa Nusa Penida adalah tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal.

Pantai Broken Beach sendiri juga memiliki latar belakang yang berbeda dari pantai lain. Yakni di latar belakangi oleh adanya tebing yang pada bagian tengahnya berlubang. Tebing tersebut memiliki tinggi sekitar kurang lebih 50-200 m.

Apabila diihat dari atas, tebing tersebut maka akan tampak seperti sebuah sumur raksasa maupun gua yang dialiri oleh air laut. Tebing yang berlubang diatasnya membentuk seperti sebuah jembatan, hal tersebut membuat Batur Beach menjadi sungguh mempesona dan unik.

Pesona keindahan yang ada di tempat wisata Pantai Pasih Uug tak kalah menarik dengan keindahan di pantai lain. Walaupun wisata pantai ini masih kalah populer dengan Pantai Sanur, Pantai Kuta serta pantai lainnya yang populer di Provinsi Bali.

Dalam bahasa Bali Pantai Pasih Uug sendiri berarti pantai yang rusak. Walaupun seperti itu, hal tersebut yang membuat para wisatawan lokal maupun wisatawan asing penasaran akan keindahan dan juga keunikan yang dimiliki Pantai Pasih Uug Nusa Penida Bali, serta memberikan kesan pengalaman yang sungguh berbeda dari obyek wisata lain yang berada di pulau Bali.

Pantai Broken Beach sekilas mirip dengan Pantai yang berada di Uluwatu. Akan tetapi di Pantai Broken Beach tidak terdapat Pura serta tak ada pula kera-kera liar yang berkeliaran dan mengganggu perjalanan seperti halnya di Uluwatu, ombaknya pun lebih tenang dari pantai yang berada di Uluwatu.

Dan juga apabila anda beruntung, anda dapat melihat penyu laut dan ikan pari manta yang berenang dilaut lepas.

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan waktu libur di tempat yang memiliki ketenangan.

Karena pantai ini berlokasi jauh dari pemukiman warga, dan juga masih sangat alami serta memiliki pemandangan laut lepas yang sungguh memukau, dengan rumput-rumput hijau yang disempurnakan oleh suara ombak seperti suara alunan musik alam yang sangat indah.

Selain itu, ombak di pantai ini dapat dibilang cukup tenang, dengan adanya langit biru yang menemani sesuai dengan anda yang ingin mencari suatu ketenangan yang nyata.

Disarankan jika anda datang berkunjung, alangkah baiknya bila anda datang pada sore hari. Karena pantai ini terletak disebelah Barat pulau Nusa Penida, sehingga saat munculnya sunset akan terlihat sangat indah.

Anda juga dapat berenang di Pantai Pasih Uug, namun anda harus ditemani oleh guide. Selain itu anda juga harus memperhatikan kondisi cuaca serta pasang surutnya air laut.

Apabila anda ingin menjelajahi berbagai objek wisata di Nusa Penida lebih dalam, lebih baik anda menginap disekitar Pulau Nusa Penida.

Karena terdapat berbagai keindahan yang tersembunyi di Pulau ini, selain itu pemandangan bawah lautnya merupakan tujuan diving terbaik di Pulau Bali, sebab keindahan bawah lautnya sangat spektakuler.

Sejumlah objek wisata disekitar Batur Beach yang sangat menarik dan tak kalah populer yaitu Pantai Andus (Smoke Beach) dan ada juga Angle’s Billaboong.

Sejarah Terbentuknya

Menurut cerita, pada zaman dahulu lokasi pantai ini merupakan sebuah desa. Hingga pada suatu saat kejadian besar terjadi dan menimpa semua warga desa.

Diceritakan bahwa dahulu ada seekor sapi yang memasuki kawasan desa, dan para warga tidak ada yang mengetahui pemilik sapi tersebut. Maka dari itu, sapi tersebut dimasak dan dagingnya dibagikan keseluruh warga.

Selepas daging sudah habis termakan, munculah sang pemilik sapi yakni seorang anak kecil. Anak kecil tersebut mencari sapi miliknya dan bertanya kepada warga yang ada di desa, tetapi para warga tak ada yang mengaku.

Setelah lama mencari dan bertanya akhirnya sang pemilik menemukan kepala sapi hewan peliharaannya. Merasa curiga kepada kepala sapi yang ditemukan, maka sang pemilik bertanya kembali siapa yang telah memotong sapi peliharaannya tanpa perasaan.

Para warga desa tak ada yang mau mengakui hal tersebut. Kesal akibat tak ada satupun warga yang mengaku, maka anak tersebut berjalan mengelilingi desa.

Setelah sampai di tengah desa, sang pemilik sapi menancapkan sebatang lidi di tengah-tengah. Lalu sang pemilik meminta semua warga untuk menyabut lidi tersebut, jika lidi tidak bisa dicabut maka para warga dianggap berbohong.

Setelah itu para warga mulai mencoba menyabut lidi satu persatu, namun sampai warga yang terakhir yang berada di desa lidi tetap berdiri dengan kokoh di atas tanah.

Anak pemilik sapi pun akhirnya mencabut lidi dari tanah, dan seketika desa itu runtuh tak berbekas. Setelah sekian lama berlalu, akhirnya desa tersebut terisi oleh air dengan pemandangan yang memukau disekelilingnya.

Sebelummnya di Broken Beach masih terdapat beberapa barang peninggalan desa. Akan tetapi dikarenakan adanya perubahan musim dan cuaca, lama kelamaan benda-benda tersebut pun rusak dan hilang.

Dan sekarang hanya tinggal satu barang yang masih tersisa, yang diperkirakan adalah lesung. Barang peninggalan ini pun ditutupi sarung khas Bali oleh para warga sekitar.

Rute Menuju Lokasi

Apabila anda ingin mengunjungi Pulau Nusa Penida, anda dapat menggunakan transportasi laut baik dari dermaga Sanur, Kusamba, Pesinggahan, serta juga Padang Bai. Dan juga anda dapat berangkat dari Pantai Sanur dengan menggunakan Speed Boat dengan waktu tempuh sekisar 30-45 menit.

Selain Speed Boat terdapat juga transportasi dengan berbagai model seperti kapal cepat, kapal roro dari Padang Bali dan perahu tradisional.

Setelah anda sudah tiba di dermaga, maka dapat dilanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum maupun transportasi sewaan. Kemudian lanjutlah perjalanan dari dermaga langsung menuju Nusa Penida Bali dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 90 menit.

Setelah sampai di Nusa Penida, anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak menuju Batur Beach. Jika anda ingin berlama-lama dikawasan wisata ini, setidaknya anda harus membawa pembekalan yang lebih, karena disekitar lokasi pantai tidak terdapat warung minuman serta makanan.

Apabila anda ingin bermalam di Nusa Penida anda tak perlu khawatir, karena di sekitar Pulau Nusa Penida sudah terdapat berbagai penginapan.

Seperti halnya Kubu Ganesh Guesthouse dengan harga rata-rata sekisar 1.125.000 perMalam, Namaste Bungalows dengan harga rata-rata 500.000 per Malam, Bintang Bungalows dengan harga rata-rata 720.000 per Malam, dan ada Ring Sameston Resort Hotel dengan harga rata-rata 700.000 per Malam.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pantai Pasih Uug ini sangat terjangkau yaitu sebesar 5.000 rupiah perOrang. Dan anda juga tak perlu khawatir akan jam buka tempat wisata pantai ini, karena Batur Beach buka setiap hari 24 jam.

Jadi anda bebas berkunjung jam berapa, kapan saja dan dihari apapun. Dan bila anda ingin bersantai dengan menikmati segarnya air kelapa, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 20.000 rupiah per Buahnya.

Jika berlibur di Pantai Pasih Uug, diharapkan bagi para pengunjung lokal maupun pengujung asing tetap menjaga kebersihan lingkungan. Dengan cara tidak membuang sampah disembarang tempat untuk kebersihan bersama.

Dan dipastikan supaya anda tetap selalu berhati-hati untuk mencegah berbagai hal yang tidak anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!