Travel  

Pantai Nipah Lombok Utara

Pantai Nipah Lombok Utara

tribunwarta.com – Lokasi: Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara 83352Map: Klik DisiniHTM: FreeBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0819-1777-4082

Diperbincangkan

Beberapa tahun belakangan ini, Lombok menjadi destinasi wisata yang ramai diperbincangkan di kalangan para pecinta traveling.

Pasalnya, Pulau Seribu Masjid tersebut mempunyai berbagai tempat menarik yang layak dikunjungi, mulai dari gili, pantai, teluk, air terjun, sungai, gunung serta hutan.

Dan istimewanya, kesemua tempat itu menawarkan keindahan alam yang bisa membuat Anda gelap mata. Maka tidak heran jika pulau di Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) ini menjadi primadona bagi para traveler.

Salah satu objek wisata yang paling populer di Lombok adalah Pantai Senggigi. Ketika berlibur ke sini, Anda akan disuguhi panorama alam indah nan menakjubkan.

Terlebih, air lautnya sangat bersih dan jernih, sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan yang berenang kesana kemari secara langsung.

Kehidupan terumbu karang di wilayah tersebut pun masih terawat. Itu menjadi alasan kenapa banyak turis, baik domestik maupun mancanegara yang berminat untuk melakukan snorkeling di sana.

Sekitar 8 km dari ikon Pulau Lombok itu, terdapat tujuan wisata yang tak kalah menarik, yakni Pantai Nipah.

Memiliki nama yang sama dengan sebuah bendungan di Kabupaten Sampang, Madura, destinasi ini menyajikan pemandangan berupa lautan biru yang berdampingan dengan hamparan pasir putih nan luas.

Pesona Pantai

Sejak BIL (Bandara Internasional Lombok) beroperasi tahun 2011 lalu, memang banyak wisatawan yang menjatuhkan pilihannya pada Lombok sebagai tujuan berlibur.

Apalagi, maskapai penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia yang langsung menuju ke Lombok pun semakin beragam.

Selain Gili Trawangan, Pantai Nipah menjadi tujuan mereka untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

Objek wisata yang namanya mirip dengan salah satu kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, yakni Nipah Panjang (termasuk dalam kawasan cagar alam dimana hutan mangrove berada).

Dan ada lagi sebuah tempat liburan di Penajam, provinsi Kalimantan Timur yang memiliki pesona tersendiri.

Sama seperti Pulo Aceh yang letaknya berhadap-hadapan dengan Pulau Sabang, kondisi pesisir tersebut masih perawan dan asri.

Lekukan garis pantai yang apik, terutama bila dilihat dari Bukit Malimbu dan sangat menggoda para pemburu gambar alias penggemar fotografi.

Malimbo juga mempertunjukkan daya tarik Senggigi yang bisa Anda abadikan dalam foto. Pantainya pun landai, sehingga aman bagi anak-anak yang bermain didampingi orang tua.

Tidak sampai disitu saja, air lautnya juga sangat jernih seperti di Bachok Beach, Kelantan, Malaysia. Itu sangat memudahkan Anda untuk mengamati kehidupan di bawah air, dengan snorkeling tentunya.

Selain itu, suasana di sekitarnya cukup nyaman. Bila belum puas dengan lanskap tersebut Anda bisa menambatkan pandangan pada perbukitan hijau yang ada di sekeliling pantai.

Di kawasan wisata ini, Anda dapat melakukan segala aktifitas dengan leluasa. Bersantai sambil berkutat pada pasir-pasir putih, mengambil poto panorama untuk dijadikan kenang-kenangan.

Atau bermain kano, berkeliling dengan perahu nelayan, berenang dan surfing bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apalagi air lautnya cukup tenang, berbeda dengan Way Jambu Beach di Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat.

Rute Perjalanan

Tempat wisata yang juga mendapat julukan Pantai Vulkanik Nipah ini berlokasi di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bali.

Tepatnya ada di sebelah utara Lombok Barat dan di sebelah barat Pangkor Island, Malaysia. Jaraknya dari Mataram kurang lebih 26 km dengan waktu tempuh 40 menit.

Sedangkan dari BIL sekitar 60 km dan memakan waktu perjalanan 90 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda dari Pantai Senggigi, hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di lokasi. Jalur menuju ke sana sangat mulus dan beraspal, tapi konturnya naik-turun serta berbelok-belok.

Meskipun cukup menegangkan, selama perjalanan Anda akan ditemani lanskap bukit hijau yang seolah memberi ketenangan.

Tidak sulit untuk menemukannya, sebab pintu masuk ke kawasan tersebut berada di sisi jalan. Anda bisa membelokkan kendaraan bila melihat papan yang bertuliskan “Pantai Nipah”.

Ketika memasuki area wisata, pengunjung akan disambut dengan perahu-perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai.

Pemandangan yang kurang lebih sama seperti beberapa pesisir di Indonesia, salah satunya Kedu Beach di Sinar Laut, Kalianda, Lampung Selatan.

Suara ombak dan angin yang menderu pun seolah turut mempersilakan pengunjung untuk memuaskan diri di pantai dengan kecantikan teluk birunya itu.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki destinasi wisata di Desa Malaka tersebut, pengunjung tidak diwajibkan membeli tiket masuk. Pada dasarnya, mereka hanya perlu membayar uang parkir sekitar Rp3.000,- (kendaraan roda dua) dan Rp5.000,- (kendaraan roda empat).

Biaya yang sangat murah, bukan? Hampir sama dengan Pantai Ketam yang terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sumatera.

Di sana, para pengunjung cuma diminta untuk memberi sumbangan sukarela kepada petugas penjaga.

Menyantap Ikan Bakar

Mendatangi tempat baru tanpa icip-icip kulinernya merupakan suatu kesalahan besar. Misalnya, ketika melancong ke Remis Beach di daerah Manjung, Perak, Malaysia.

Di sana, ada aneka olahan seafood yang sangat enak dan sayang bila dilewatkan. Recommended bagi Anda yang kebetulan sedang mengambil cuti untuk homestay di Negeri Jiran.

Saat mengunjungi Pantai Nipah pun demikian. Bila sudah puas bermain-main di pesisir, jangan buru-buru pulang. Anda masih perlu mengisi perut dengan hidangan yang khas dari tempat pelesir ini, yaitu ikan bakar.

Warung-warung yang menyediakannya ada di sepanjang jalan menuju lokasi. Rasa sedap yang dihasilkan oleh racikan bumbu khas Lombok pada sajian tersebut mampu membuat lidah tidak berhenti untuk mengenyam.

Biasanya, paket yang dapat dipilih terdiri atas satu ekor ikan bakar, sepiring nasi, dua tusuk sate cumi-cumi serta sepotong terong bakar dan sepiring plecing kangkung.

Harga sepaketnya bervariasi, tergantung ukuran ikan. Tapi, yang paling umum adalah Rp.70.000,-. Anda bisa menikmati hidangan ini bersama keluarga ditemani keeksotisan Pantai Nipah dan sunset-nya.

Dijamin suasananya tidak akan kalah syahdu dengan Romance Bay yang terletak di antara Pantai Cemara Kembar dan Wisata Mangrove, Kampung Nipah (Kampoeng Nipah).

Tepatnya di Jalan Pantai Tengah No. 20, Desa Sei Nagalawan, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai atau Sergai yang baru dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang, Sumut dan bisa ditempuh selama beberapa jam dari Kota Medan.

Seperti halnya Merdeka Beach di Kedah, Malaysia, tujuan wisata yang ada di Pulau Lombok ini dekat dengan chalet atau resort. Anda bisa memilih beragam penginapan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Jika selama ini Anda beranggapan bahwa aset Lombok yang berharga hanyalah Gili Trawangan dan Pantai Senggigi, itu sangatlah keliru.

Pulau tersebut masih memiliki ikon-ikon wisata yang unik seperti Pantai Nipah yang deskripsinya telah disampaikan di atas.

Selain menarik, objek wisata tersebut belum banyak dikunjungi, tidak berbeda dengan Bisikan Bayu Beach yang ada di Cherang Ruku, Kelantan Malaysia.

Jadi, bila Anda ke sana bisa menikmati suasana sejuk dan pemandangan pantai dengan tenang serta lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!