Travel  

Pantai Depok Jogja

Pantai Depok Jogja

tribunwarta.com

Lokasi: Parangtritis, Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa YogyakartaKoordinat: Klik DisiniTarif: Rp.5.000 per OrangJam Operasional: 09.00 – 21.00 WIBNomer Telepon: –

Harga Tiket Masuk

Di Pantai Depok sendiri diwajibkan membayar restribusi tiket masuk. Untuk harga terbaru di tahun 2022 ini, setiap orang diwajibkan membayar 5 ribu rupiah. Sangat murah kan.

Dengan 5 ribu rupiah kamu bisa melihat dengan puas pemandangan pantai yang indah serta berkeliling di pinggir pantai bermain pasir dan air laut Pantai Depok Parangtritis, Yohyakarta.

Jogjakarta sangat dikenal dengan banyaknya objek wisata yang menawarkan berbagai macam tujuan seperti sejarah dan wisata alam. Semua tempat yang ditawarkan di Jogja memiliki keindahan dan daya tarik yang luar biasa.

Mulai dari tempat wisata museum, candi, pantai dan kolam renang. Nah kali ini tim jejakpiknik.com akan membahas tentang wisata alam pantai, yaitu Pantai Depok.

Pantai di Jogja lebih dikenal dengan Pantai Parangtritis, pantai yang dikenal cerita-cerita misteri. Meski demikian tak membuat pata pengunjung tetap datang dan menikmati suasana pantai.

Tetapi disekitaran pantai Parangtritis sendiri masih banyak pantai yang banyak disebut wisatawan adalah pantai perawan yang artinya belum pernah dijamah para pengunjung. Selain itu juga masih banyak pilihan pantai lain yang ada di sekitar Kabupaten Gunung Kidul yang jaraknya sangat dekat dengan Pantai Depok dan Parangtritis.

Letak pantai Depok berada di Kecamatan Bantul memberikan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Sebelum sampai ke pantai, kamu diwajibkan berjalan kaki kurang lebih sekitar 10 menit dari area parkir kendaaran. Sesampai di area pantai kamu akan mendengar suara deburan ombak yang akan menenangkan telinga kamu.

Sejarah Singkat

Pantai Depok ini tentunya memiliki cerita sejarah awal mula hingga sekarang. Menurut sumber dari Wikipedia, sejarah Pantai Depok sendiri bermula dari Kerajaan Majapahit yang mengalami perpecahan sehingga mengakibatkan parjurit melarikan diri yang kemudian mereka membangun sebuah padepokan disana dan diberi nama Depok.

Depok yang akhirnya dikuasai oleh Tunggul Wulung. Akhirnya mereka memiliki anak yang bernama Aris Baya yang kemudian mengelola daerah Depok tersebut. Tak lama kemudian wilayah depok mengalami perebutan daerah yang akhirnya terbagi menjadi menjadi dua yaitu 24 ruah untu bagian Depok dan 25 buah untuk Grogol.

Sebetulnya nama pantai Depok tidak hanya di Bantul tetapi ada juga di di Pekalongan yang tepatnya di jalan pantai Sunter, Siwalan. Ada juga di Kabupaten Batang dengan nama yang sama yaitu Pantai Depok.

Tentu saja semuanya memiliki perbedaan. Kalau di Pekalongan pantai tersebut terkenal dengan tempat bermain yang cukup banyak dan seru. Sedangkan di Bantul dikenal dengan wisata kuliner seafood yang sangat lezat.

Keindahan dan Potensi

Setiap kali kita pergi ke pantai yang paling utama adalah keindahan alamnya yang akan dicari. Tetapi di Pantai Depok, selain keindahan yang sangat mempesona, disini kamu juga bisa menikmati ragam wisata kuliner yang nikmat dan lezat.

Jika kamu sudah sampai di Pantai Depok maka akan melihat sederetan warung atau rumah makan yang menawarkan macam-macam menu makanan khas Jogja dan olahan laut.

Bahan olahan makanan laut tersebut adalah sejumlah tangkapan warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Pantai Depok memang dikenal dengan sumber daya ikan yang sangat melimpah. Bahkan di Pantai Depok juga dijadikan tempat pelelangan ikan.

Pemerintah daerah Bantul memang terlihat sengaja merancang Pantai Depok sebagai pusat wisata kuliner seafood. Mulai dari menu tradisional hingga masakan modern olahan seafood bisa kamu jumpai di Pantai Depok.

Dan uniknya lagi, beberapa rumah makan tersebut sengaja dibangun menghadap ke selatan agar para pengunjung yang datang untuk makan bisa melihat pemandangan laut dan merasakan suasana deburan ombak.

Aktivitas mencari ikan dan terciptanya khas tempat makan pesisir ini berkembang sejak 10 tahun silam. Ada beberapa nelayan yang berasal dari daerah Cilacap menemukan daerah untuk mendarat di Pantai Depok dan menganggap laut ini layak untuk didatangi.

Nelayan-nelayan tersebut membawa tangkapan ikan tersebut kemudian mengolahnya menjadi makanan yang lezat sehingga warga sekitar ikut menikmatinya. Dari situlah warga sekitar akhirnya mengikuti jejak para nelayan untuk menangkap ikan di Pantai Depok.

Semua hidangan makanan laut ini dijamin dari ikan yang masig segar. Kamu bisa memilih ikan apa yang akan kamu masak. Kamu juga harus pintar menawar harga ikan yang diberikan oleh penjual disini. Meski harga ikan yang ditawarkan terbilang cukup murah tidak ada salahnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Menu yang paling disukai oleh para pengunjung adalah ikan cakalang yang harganya sekitar 8 ribu rupiah per kilogram. Satu kilogram ikan cakalang biasanya terdiri dari 5 atau 6 ekor. Ada juga enis ikan lainnya yang bisa kamu pilih seperti ikan kakap putih dan merah. Untuk kisaran harga ikan kakap tersebut kurang lebih 15 ribu sampai dengan 25 ribu rupiah.

Disekitar pantai Depok terdapat sebuah landasan yang biasa digunakan oleh para anak muda untuk menongkrong. Bukan saja dari pengunjung pantai tetapi anak muda sekitar juga sering datang dan menikmati tempat ini. Bahkan warga sekitar Jogjakarta juga sering datang menikmati panorama sunset dari jalan yang lurus dan memiliki panjang sekitar 400 meter ini.

Tempat landasan pesawat terbang ini memang jarang digunakan. Maka dari itu warga setempat memanfaatkan menjadi tempat nongkrong serta memiliki objek foto yang cukup bagus. Tak jarang banyak komunitas fotografi memanfaatkan untuk mengambil gambar dan video dengan objek jalan landasan dan panorama pantai.

Selain itu ada juga tempat yang indah untuk didatangi disekitar Pantai Depok yaitu Laguna. Jaraknya sekitar 500 meter dari pantai. Laguna disini masih cukup sepi karena mungkin memang belum ada yang tau. Untuk tiket masuknya juga sudah jadi satu dengan pantai Depok.

Di tempat ini kamu akan menemui banyak sekali orang-orang yang sedang memancing ikan. Dan juga kamu akan melihat banyaknya jenis burung yang ada di Laguna.

Pergi ke pantai tak lengkap rasanya kalau tidak menghabiskan senja di pinggir pantai. Kamu bisa menunggu sore hari hingga tiba suasana sunset. Sunset di Pantai Depok juga terkenal dengan pemandnagan yang eksotis.

Lengkap dengan sajian makanan laut khas Pantai Depok atau dengan minuman kelapa muda sangat pas. Dan jangan lupa untuk mengabadikan suasana ini karena jarang-jarang moment sunset ini bisa kamu rasakan saat kembali pulang dari Pantai Depok.

Penginapan Terdekat

Jika kamu ingin menginap di Pantai Depok banyak sekali hotel yang ada di dekat sekitar pantai. Maka kamu tidak perlu kawatir apabila ingin melihat pantai di pagi hari. Banyak sekali penginapan yang ditawarkan dari berbagai macam fasilitas dan harga.

Salah satu diantarnya adalah Ki Agung Prestise Hotel, Greenhost Boutique Hotel, The Cube Hotel dan masih banyak penginapan lainnya. Hotel tersebut memiliki tarif yang cukup murah yaitu sekitar 530 ribu per malam.

Ada juga hotel kelas melati bagi kamu jiwa backpacker yang menginginkan harga lebih murah. Seperti Airlangga Hotel yang menawarkan harga murah yaitu 200 ribu rupiah permalam.

Ada juga Tulip Hotel dan Restaurant dengan harga 150 ribu rupiah. Tetpai jika kamu datang rombongan banyak orang disini juga menawarkan homestay dari rumah penduduk sekitar yang tentunya dengan harga yang lebih murah.

Jalan Menuju Lokasi

Alamat Pantai Depok sendiri tepatnya berada di Jalam Raya Pasir Putih, Parangtritis. Sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan pribadi atau juga angkutan umum. Untuk lebih mudahnya kami telah memberikan sedikit bantuan yaitu dengan titik koordinat yang bisa kamu hubungkan dengan peta online dari google map.

Yang pertama kamu bisa mengambil arah menuju pantai Parangtritis karena Pantai Depok masih menjadi satu kawasan dengan Parangtritis. Jika kamu berangkat dari solo maka harus mengambil jalur arah menuju Jogjakarta.

Dari Jogjakarta sendiri waktu yang diperlukan sekitar kurang lebih 45 menit dengan jarak sekitar 50 km. perjalanan kamu akan dimulai dari Jalan Mataram Jogja kemudian ambil arah ke jalan Mayor Suryotomo.

Setelah itu kamu harus melanjutkan dengan mengambil arah ke Jalan Brigadir Katamso dan belok ke kiri. Setelah itu kamu akan sampai di daerah Parangtritis, kemudian ambil lah arah ke kanan dan akan melihat jalan menuju Pantai Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!