Travel  

Museum PETA Bogor, Terletak di Jalan Apa?

Museum PETA Bogor, Terletak di Jalan Apa?

tribunwarta.com

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 35, Bogor Tengah, Jawa Barat 16121Map: Klik DisiniHTM: Rp.2.500 per OrangBuka Tutup: Senin – Jumat 08.00-14.30. Sabtu – Minggu LiburTelepon: (0251)-332-768

Bila negara-negara diluar negeri memiliki funeral museum seperti Vienna’s central, museum Vatican di Roma, De young museum di San fransisco, museum Hill di New Mexico.

Kemudian ada Art Museum di Portland, museum Vaal Teknorama, Agabbadora Feminas museum & museum Edgar Allan Poe bagi pecinta puisi like me.

Maka nusantara ini yang memiliki bentuk geografi kepulauan juga selayaknya memiliki banyak museum yang tersebar dari ujung Sumatera sampai tanah Papua.

Di Republik Indonesia ini, beberapa referensi yang saya download di google lengkap dengan foto, yakni museum Balaputra Dewa Palembang.

Kemudian ada juga Museum Ruwa Jurai Lampung, museum Kayu Tenggarong, museum of Tissues Nunukan & museum sang nila utama Pekanbaru.

Di daerah lainnya juga ada museum Wasaka Banjarmasin, Resistance museum Timor leste dan 3D Art museum di Bali.

Sementara untuk pulau Jawa sendiri mulai dari ujung timur terdapat museum hidup Hoofdbureau, museum Kapal Selam dan museum Sampoerna Surabaya.

Museum tubuh atau dikenal dengan The Bagong Adventure yang menyajikan sarana edukasi berupa zona-zona tubuh seperti mata, ginjal danlainnya ada di Malang.

Ada juga Museum Trowulan Mojokerto, Museum Bung Karno Blitar, Museum Negeri Mpu Tantular Sidoarjo, Museum Tembakau Jember dan Museum Kretek Kudus.

Di Jawa tengah sendiri ada Museum Ronggowarsito dan museum Kereta Api A mbarawa di Semarang, Museum Karst & Wayang Indonesia di Wonogiri, Museum RA. Kartini Jepara, Museum Batik Pekalongan.

Lalu ada museum Purbakala Sangiran Sragendan, museum Affandi, museum Gunung Merapi, museum Dirgantara Mandala, museum Diponegoro.

Selanjutnya ada juga museum Sonobudoyo, museum fakultas UGM dan Museum ullen sentalu di kaliurang Yogyakarta.

Bergeser dari jogja kita menuju ibukota West java, yakni bandung yang memiliki museum Sri Baduga dengan kumpulan arca, museum Wangsit Siliwangi, museum KAA, museum Gajah dan juga museum Geologi.

Sementara di kota Bogor sendiri memiliki museum sebanyak 10 buah, dengan museum Zoology dengan Wurm dan binatang lainnya serta monument museum Peta sebagai primadonanya.

Ketika masuk ke kawasan ini, para tamu disambut oleh prasasti yang berada di dinding marmer berisi kata-kata penuh semangat nasionalisme.

Ibukota Jakarta sendiri memiliki banyak museum seperti museum Bahari yang menguak masuknya serdadu jepang ke indonesia, museum Sumpah Pemuda, museum Bank.

Ada juga Galeri Nasional, museum Kebangkitan National, Tekstil, Transportasi dan Purna Bhakti Pertiwi TMII, Satria Mandala, Layang-layang,

Lalu ada museum Fatahillah, Pancasila Sakti di lubang buaya dan elebihnya di daerah Tangerang terdapat museum Benteng Heritage.

Pada kesempatan ini,saya akan membahas mengenai kota yang memiliki cuaca hampir selalu hujan sehingga dijuluki kota hujan.

Dilansir dari Wikipedia, museum Peta yang memiliki lokasi alamat di pabaton ini, sejarah berdirinya sendiri mengalami 2 kali perubahan fungsi.

Latar belakang pertama merupakan gedung yang difungsikan untuk pasukan KNIL di tahun 1745. Kemudian di tahun 1943,barulah digunakan sebagai tempat pelatihan serdadu PETA.

Pembangunan untuk museum sendiri baru di kerjakan pada 50 tahun setelahnya atau di tahun 1993 dengan umar wirahadikusumah yang melakukan peletakan batu pertama dan diresmikan oleh Presiden Soeharto di tahun 1995.

Di tempat ini juga berdiri patung panglima besar TKR Supriyadi yang juga pernah menjabat sebagai shodancho peta yang kabar hilangnya masih menjadi misteri hingga kini.

Meski sempat mencuat news bahwa andaryoko yang wafat pada 4 juni 2009 adalah supriyadi.

Museum yang tujuan didirikannya sebagai salah satu contoh cara menghargai jasa para tentara peta yang kala itu memiliki kaitan dan berkontribusi untuk membangun bangsa ini secara singkatnya.

Museum ini terletak di pusat kota Bogor tak jauh dari taman Peranginan dan tepat di seberang rumah makan angkringan 99.

Arti peta disini bukan map denah dari kota bogor ataupun gambar topografinya dan bukan juga peta murgatroyd sang penari latin,namun merupakan singkatan dari Pembela Tanah Air.

Museum ini memiliki fasilitas diantaranya adalah ruang beragam diorama, prasasti, senjata dan peninggalan sejarah lainnya.

Museum ini dibuka gratis untuk umum guna meningkatkan vector pengunjung pada 24 hingga 28 juli pada ultah kota Bogor.

Namun bila ketinggalan, dapat melakukan kunjungan rombongan minimal 25 orang di jadwal selain weekend/libur nasional seperti mudik lebaran atau menggunakan festival cfd yang pindah ke jl.sudirman agar dapat masuk secara gratis.

Bangunan museum ini sendiri memiliki hubungan dengan bangunan pusdik seni karena letaknya berada satu area namun hanya menggunakan 1 hektar saja dari luas keseluruhan 13,7 hektar.

Untuk dapat mengunjungi museum ini htm yang dikenakan untuk perorangnya pun sangat murah dan tidak membuat kantong jebol hanya berkisar 2.500 rupiah saja.

Cara menuju ke tempat wisata ini pun sebenarnya sangat mudah, bagi Anda yang melalui markas Polri Bogor Utara di jl.Pajajaran dapat menggunakan akses jl.Salak menuju jl.Jenderal sudirman hingga sampai tujuan.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, dapat turun di St. Bogor dan lanjut menggunakan gojek atau angkot 03 sampai pertigaan jalak harupat lalu menyebrang untuk menggunakan angkot 012 hingga sampai museum.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu didekat museum ini, dapat menggunakan terdekat seperti hotel Padjajaran Suites.

Ada juga hijab story bagi Anda yang mencari beragam hijab yang tak melulu warna hitam, padjajaran futsal bagi yang hobi berolahraga serta RS. Salak untuk berjaga-jaga bagi Anda yang butuh dokter. Gimana?

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan kunjungan ke tempat ini baik itu untuk tujuan membuat makalah atau laporan observasi tentang sejarah perjuangan atau sekedar melihat koleksi museum dapat langsung mengunjungi tempat ini.

Atau bisa juga menghubungi nomor yang tertera di awal artikel untuk informasi jam buka dan harga tiket masuk terbarunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!