Travel  

Museum Angkut: Museum Unik Wajib Dikunjungi!

Museum Angkut: Museum Unik Wajib Dikunjungi!

tribunwarta.com

Halo jiwa-jiwa yang haus liburan! Buat kamu-kamu yang udah lama pengen liburan tapi urusan bujet kurang bisa diajak kompromi, ada nih tempat super lengkap dan asik buat liburan tapi ngga bikin kantong jebol.

Kamu yang di daerah Jawa Timur khususnya Kota Batu dan sekitarnya pasti ngga asing dengan Museum Angkut.

Apa sih Museum Angkut?

Di awal kemunculannya, Museum Angkut tak hanya menjadi topik perbincangan para traveler, tapi juga mereka yang tidak hobi melakukan traveling karena dianggap berbeda dari museum kebanyakan.

Dibangun di atas tanah seluas 3,8 hektar, Museum Angkut yang terletak di Kota Batu ini menjadi primadona baru dari Jawa Timur Park Group.

Jika anak-anak lain di dunia mengidamkan Disney Land sebagai tempat wisata impian, anak-anak di kawasan Jawa Timur bisa mengidamkan Museum Angkut untuk dikunjungi saat musim liburan sekolah.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Museum Angkut buka setiap hari Senin – Minggu dengan jam operasional 12:00 – 20:00 WIB. Sedangkan untuk tiket masuk, Museum Angkut tidak membedakan tarif untuk hari biasa dan hari pekan atau libur nasional.

Semua pengunjung dengan tinggi di atas 85 cm dikenakan biaya masuk penuh, yaitu Rp100.000 untuk setiap orang.

Tempat Menarik di Museum Angkut

Ada 5 wahana utama di Museum Angkut dan masing-masing punya tema yang berbeda. Penasaran? Ini dia ulasannya:

1. Helikopter Kepresidenan

Siapa yang sanggup membayangkan akan berhadapan langsung dengan Helikopter Kepresidenan Indonesia? Di Museum Angkut, semua bisa terjadi.

Bell 47J Siwalet adalah helikopter bersejarah yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno. Helikopter asli dan bukan replika ini dipajang di Museum Angkut. Wow banget kan?

Sebagai Helikopter Kepresidenan yang pertama, Bell 47J Siwalet ini juga jadi bukti betapa Presiden Soekarno saat itu punya kemampuan negosiasi yang tinggi.

Gimana engga, soalnya helikopter ini adalah permintaan dari presiden kepada pihak Amerika Serikat sebagai ganti pembebasan seorang agen CIA saat itu. Makin kagum kan sama Presiden Soekarno?

2. Zona Hollywood

Siapa sih yang ngga pengen menginjakkan kaki di Hollywood? Film-film action luar negeri yang kamu saksikan di TV dan bioskop itu kebanyakan “dikirim” dari Hollywood.

Sepanjang film, tentu kamu tak bosan disuguhi panorama menarik dari dataran Amerika Serikat yang akting kece dari para aktornya. Kalau belum bisa ke Hollywood yang asli, Museum Angkut punya replikanya buatmu.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam dan naik pesawat belasan jam, cukup ke Kota Batu, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di Hollywood versi mini. Asik kan? Zona Hollywood ini ditandai dengan patung Hulk besar yang disusun dari onderdil bekas kendaraan.

Dan tentu saja ada gambar bukit besar yang khas dengan tulisan Hollywood. Kamu bisa melihat dari dekat berbagai macam mobil yang digunakan dalam adegan berbahaya dan kebut-kebutan di film Hollywood. Jadi pengen naik kan?

3. Gangster Town

Gangster di sini ngga serem kok, jadi tenang aja. Kamu ngga perlu takut ditembak atau lihat perkelahian antar gang yang berujung maut. Itu semua cuma ada di film.

Masuk ke sini, kamu akan dibawa ke dalam suasana khas Amerika Serikat jaman dulu lengkap dengan mobil klasik dan area khas Broadway.

Zona ini dibuat sangat menyerupai jalanan Amerika Serikat dengan gedung-gedung di tepinya dan mobil klasik terparkir rapi. Jangan lupa buat foto bareng patunga Al Capone yang dikenal sebagai anggota gangster kelas kakap di Amerika pada jamannya.

4. Buckingham Palace

Jalan-jalan ke Inggris dan ketemu Sang Ratu? Itu sih impian banyak orang ya. Biar ngga cuma mimpi, kamu bisa coba jalan-jalannya di Museum Angkut dulu.

Ada satu zona yang dibuat mirip dengan Buckingham Palace di Inggris. Di sini, kamu bisa lihat bagian depan replika istana dengan taman bunga, lampu, dan patung khas sebagai penjaga Sang Ratu.

Nah di sini, kamu bisa lihat sebagian mobil yang dihasilkan oleh negara berbentuk kerajaan ini, seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce.

Selain itu, bukan rahasia lagi kalau keluarga kerajaan punya keistimewaan dengan menaiki deretan mobil khusus dan bermerk, termasuk saat melakukan kunjungan kenegaraan.

Contohnya adalah mobil Land Rover yang digunakan Ratu Elizabeth saat melakukan parade di Australia.

5. Runaway 27

Selain Helikopter Kepresidenan, yang tak boleh dilewatkan adalah Runaway 27 yang merupakan replika Pesawat Kepresidenan.

Meski hanya replika, pesawat ini dibuat menyerupai kabin dari Boeing 737-200. Kalau kamu penasaran dengan fasilitas apa saja yang ada di kabin Pesawat Kepresidenan, di sini rasa penasaranmu akan terjawab.

Selain duduk langsung di kursi VVIP, kamu juga bisa menikmati 3 layanan spesial dari zona yang relatif baru ini, yaitu Cockpit and Cabin Photos, Inflight Safety Simulation dan Emergency Exit Slide.

Cara Menuju Museum Angkut

Museum Angkut terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Bagi kamu yang berada di luar kawasan Jawa Timur, bisa menggunakan kereta api atau pesawat.

Tapi bagi yang berada di Jawa Timur, kamu bisa pakai kendaraan pribadi, apalagi kalau kamu berangkat bersama rombongan.

Pakai kendaraan pribadi bisa lebih menguntungkan karena setelahnya kamu bisa lanjut jalan-jalan bersama keluarga. Kalau ngga punya kendaraan pribadi gimana? Hmm, sekarang ini semuanya serba gampang!

Kamu bisa menyewa mobil secara online. Emang bisa? Bisa dong. Ada banyak aplikasi yang menyediakan penyewaan mobil dengan harga bervariasi, salah satunya Traveloka. Lah, Traveloka bukannya cuma pesen tiket sama hotel? Nah, ketinggalan info berarti.

Traveloka sekarang punya banyak produk baru, salah satunya sewa mobil. Asiknya, sewa mobil di Traveloka juga sekalian sewa drivernya, jadi ngga bingung kalau di rombongan ngga ada yang bisa nyetir.

Oh iya, bedanya Traveloka dengan aplikasi sewa mobil lainnya, stok mobil Traveloka ini diambil langsung dari rental offline tepercaya. Jadi bukan sembarang mobil pribadi driver yang disewakan.

Kapan Sebaiknya ke Museum Angkut?

Museum Angkut buka sepanjang tahun. Jadi kamu bisa berkunjung kapan saja. Tapi kalau mau suasana yang lebih menarik dan ngga terlalu ramai pengunjung, coba hindari masa liburan sekolah, akhir pekan, atau tanggal merah.

Selain karena penuh pengunjung, kamu juga jadi butuh waktu lama buat antre kalau mau foto atau naik wahana tertentu.

Sudah siap ke Museum Angkut? Jangan lupa beli keripik buah dan apel segar buat oleh-oleh orang di rumah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!