Travel  

Monumen Suryo, Salah Satu Bukti Kuat Sejarah di Indonesia

Monumen Suryo, Salah Satu Bukti Kuat Sejarah di Indonesia

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60271Map: KlikDisiniHTM: GratisBuka/Tutup: Buka 24 JamTelepon: –

Saat ini, surabaya terkenal sebagai kota dengan penuh cerita. Hal tersebut memang sangat benar karena surabaya sendiri sangat lah terkenal sebagai salah satu kota di Indonesia dengan lokasi wisata amat sangat banyak.

Jika anda berlibur ke surabaya, pastilah patung surabaya yang menggambarkan hiu dan buaya menjadi destinasi paling utama. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar mengingat lokasi nya sendiri merupakan land mark utama kota surabaya.

Namun sebenarnya, ada sebuah land mark lain milik kota surabaya. Land mark tersebut adalah monumen suryo yang beralamat di jalan gubernur suryo daerah embong kaliasin.

Jika anda belum banyak tau tentang monumen tersebut, berikut kami sajikan deskripsi lengkap dari lokasi wisata tersebut.

Wisata Monumen Suryo

Walaupun tidak begitu terkenal di kalangan wisatawan luar, monumen suryo memang sangat terkenal di kalangan orang pribumi. Itu karena, patung ini menjadi bukti kuat penghargaan rakyat surabaya kepada para pahlawannya.

Lokasinya yang berada di keramaian kota surabaya membuat monumen ini selalu terlihat penuh. Secara keseluruhan, patung besar nya memang menjadi pusat perhatian dari semua orang.

Mungkin bagi orang surabaya, berfoto di monumen suryo merupakan suatu hal biasa dan tidak menarik sama sekali. Tetapi bagi wisatawan luar, berfoto di monumen suryo akan menghasilkan suatu hal menarik.

Itu karena, gambar yan didapat pastilah penuh kisah dan cerita sehingga akan sangat menyenangkan ketika dibagikan pada orang orang terdekat.

Walaupun patung nya adalah land mark utama, bukan berarti seorang wisatawan hanya bisa menikmati patung tersebut ketika berkunjung ke lokasi ini.

Ketika berada di monumen suryo, para wisatawan juga bisa bersantai pada lapangan di dalam monumen tersebut. Bagi anda yang pernah ke alun alun bandung, kondisi lapangan di monumen suryo memiliki lokasi yang cukup mirip dengan lapangan di alun alun bandung.

Jika hendak datang ke monumen ini, merupakan sebuah keputusan tepat jika datang pada hari hari biasa. Itu karena, monumen suryo sangat lah penuh pada hari libur dan tentulah anda pun akan dibuat sedikit tidak nyaman jika mendatangi monumen ini ketika penuh.

Harga Tiket Masuk

Sebenarnya, monumen suryo ini bukan lah sebuah lokasi wisata swasta. Monumen suryo hanya lah sejenis land mark kota dengan taman kecil di dekatnya. Karena itulah, tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjungi monumen suryo.

Bisa dibilang, akan menjadi suatu hal aneh jika perlu mengeluarkan dana besar untuk memasuki sebuah land mark kota. Perlu diketahui, ada sebuah biaya yang perlu dikeluarkan wisatawan jika hendak datang kesini.

Biaya tersebut bukan untuk biaya tiket masuk melainkan untuk biaya parkir kendaraan yang dibawa. Tenang saja, biaya nya sendiri memang sangat murah.

Sebuah motor hanya akan dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah dan mobil hany akan dikenakanan biaya sebesar 4 ribu rupiah. Biaya parkir tersebut memang sama persis dengan besaran biaya parkir pada lokasi lain di surabaya.

Rute Menuju Monumen Suryo

Untuk bisa sampai ke monumen suryo, ada 2 patokan termudah yang bisa dilalui oleh wisatawan. Jika seorang wisatawan datang dari arah utara, maka patokannya adalah dari stasiun surabaya kota.

Namun jika seorang wisatawan datang dari arah selatan, patokannya adalah dari taman korea di jalan dr. Soetomo.Dari stasiun surabaya kota, ambillah arah ke selatan dengan memasuki jalan pahlawan. Darisana, ikutilah jalur hingga menemui perempatan pertama. Dari perempatan tersebut, lurus lah dengan memasuki daerah bubutan.

Terus lah ikuti jalan tersebut hingga memasuki jalan gemblongan dan menemuki perempatan selanjutnya.Di perempatan selanjutnya, terus lah lurus dengan tetapi di jalan gemblongan. Selanjutnya ketika anda telah melewati monumen pers perjuangan surabaya, akan terdapat sebuah pertigaan. Lurus lah dari pertigaan tersebut dan ambillah kiri pada pertigaan selanjutnya.

Darisana, terus lah lirik ke kanan karena jarak monumen patung tugu gubernur suryo dari pertigaan tersebut hanya sekitar 200 meter.

Apabila anda berasal dari taman korea di jalan dr. Soetomo, ambillah jalan ke arah timur. Pada perempatan pertama, belok lah kiri menuju patung karapan sapi.

Hiraukan lah dan terus lurus pada pertigaan pertama. Tetapi pada pertigaan selanjutnya di dekat patung karapan sapi, ambillah jalur kiri.

Darisana, anda akan melewati rumah air surabaya, dyandra convention center, dan favehotel mex hingga menemeui pertigaan selanjutnya di dekat plaza surabaya.

Pada pertigaan tersebut, belok lah kanan. Letak monumen suryo sudah dekat dari pertigaan tersebut dan oleh karena itu, terus lah lihat ke sebelah kanan. Dengan itu, anda pun akan sampai di monumen suryo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!