Travel  

Menjelajah Pulau Komodo Ala Backpacker, Berani? Simak Tips Berikut Ini!

Menjelajah Pulau Komodo Ala Backpacker, Berani? Simak Tips Berikut Ini!

tribunwarta.com

Pulau Komodo semakin dikenal oleh pelancong nusantara semenjak dinobatkannya Taman Nasional Komodo menjadi The Seven Wonder Of Nature. Banyak sekali peminat dari dalam maupun luar negeri yang ingin menjelajah Pulau ini.

Bukan hanya Taman Nasional Komodo aja, di kawasan Pulau Komodo juga banyak kok tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata yang terletak di NTT ini meman bisa dibilang cukup mahal. Apalagi jika kamu berasal dari luar pulau, pasti akan memakan biaya transport dan akomodasi yang tidak murah. Meski begitu kamu tetap bisa berlibur ke Pulau Komodo walaupun dengan budget minim.

Yup ! berwisata ala backpacker bisa dijadikan alternatif perjalananmu. Dengan cara backpacking liburanmu akan lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga. Dan bisa bebas explore kemanapun dan selama apapun. Inilah kelebihan melakukan trip tanpa paket tur ekslusif.

Jadi, tertarik untuk backpacker-an ke Pulau Komodo untuk agenda liburan di tahun 2022 ini ? Eits, sebelumnya baca dulu tips berikut ini agar liburanmu tetap aman, nyaman, dan irit!

1. Gunakan Transportasi Paling Efisien

Jika berasal dari luar pulau seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, kamu bisa mengawali perjalanan menggunakan pesawat, namun harus transit dulu di Bali. Selanjutnya perjalanan akan dengan rute Bali – Labuan Bajo.

Labuan Bajo adalah sebuah kota di barat laut Flores dan menjadi pintu gerbang pertama menuju Pulau Komodo. Kamu akan menempuh waktu perjalanan selama setengah jam. Buat yang suka ngeter, bisa lewat jalur darat dan laut dengan rute kota asal-pelabuhan Banyuwangi-Pelabuhan Gilimanuk Bali-Pelabuhan Kayangan-Bima-Labuan Bajo.

2. Pilih Homestay Untuk Bermalam

Penginapan di Pulau Komodo bisa dibilang cukup banyak, dari hotel hingga guest house atau home stay. Namun, para backpacker biasanya memilih penginapan jenis homestay, karena dianggap lebih murah.

Tapi buat yang tidak begitu suka dengan konsep homestay karena mungkin kurang privacy, kamu bisa mencari hotel ataupun hostel di Labuan Bajo. Disana pilihan hotelnya lebih variatif, carilah penginapan dengan harga paling murah.

3. Pilih Waktu Yang Tepat

Karena kepopulerannya yang semakin menjamur dikalangan para pelancong nusantara maupun mancanegara, mengakibatkan pulau ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Jadi untuk menghindari kepadatan, sebaiknya kamu perhatikan juga waktu keberangkatanmu.

Pilihlah waktu yang bukan musim liburan, untuk menghindari suasana ramai, serta mencegah dari kebocoran kantong. Karena sudah dipastikan harga transportasi dan akomodasi akan lebih mahal ketimbang hari-hari biasa.

4. Berkunjung Ke Spot-Spot Kece

Selain melihat-lihat habitat komodo dari dekat, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas lain disana, seperti wisata pantai. Kamu bisa diving, snorkeling, ataupun hanya ingin bersantai-santai di Pantai.

Pulau Komodo memiliki satu pantai yang paling populer, yaitu Pink Beach. Pantai dengan pasir berwarna pink, sama seperti yang ada di Lombok, yaitu Pantai Tangsi.

Selain wisata pantai, kamu juga bisa menjelajah beberapa pulau terdekat, seperti Pulau Rinca, Pulau Padar atau Loh Buaya, dan Gili Motang.

5. Jangan Lupa Membawa Sunscreen

Sudah resiko jika ingin wisata alam, maka kamu akan sering panas-panasan. Apalagi Pulau Komodo adalah daerah tropis dan panas. Karena wilayah ini mayoritas pantai dan padang savana, jadi jarang ada hutan-hutan rimbun.

Jadi untuk melindungi kulitmu terbakar karena terkena sinar matahari langsung, ada baiknya pakailah sunblock. Selain krim pelindung, sebaiknya kamu juga membawa penutup kepala seperti topi atau payung.

Nah jadi itu dia beberapa tips yang bisa diikuti saat kamu ingin menjelajah Pulau Komodo. Oiya saat melihat habitat komodo, sebaiknya ikuti aturan yang berlaku agar tetap aman. Kamu bisa sharing cerita dan pengalamanmu ke Pulau Komodo di Forum kaskus, siapa tau bisa jadi referensi untuk bakcpackers lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!