Travel  

Menapaki Jejak Toleransi Keberagaman Beragama di Bukit Kasih Minahasa

Menapaki Jejak Toleransi Keberagaman Beragama di Bukit Kasih Minahasa

tribunwarta.com – Lokasi: Jl. Kawangkoan-Kanonang, Kanonang Empat, Kec. Kawangkoan Bar., Kabupaten Minahasa, Sulawesi UtaraMap: KlikDisiniHTM: Rp. 3.000Buka/Tutup: 09.00–18.00 WIBTelepon: –

Di Provinsi Sumatera Utara khususnya Medan memang memiliki objek wisata yang banyak sekali namun Provinsi Sulawesi Utara juga tak kalah menariknya.

Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini juga mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata menarik seperti Pantai Bunaken.

Namun selain Bunaken terdapat sebuah objek wisata populer yang menjadi sebuah simbol toleransi dan kasih sayang antar umat beragama, Bukit Kasih namanya.

Panomara indah dari atas bukit dengan bau belerang cukup menyengat akan menemani Anda saat mendaki bukit yang terletak di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Menado, Sulawesi Utara.

Sejarah & Profil Bukit Kasih

Bukit Kasih secara resmi dibuka pada tahun 1999 oleh Gereja Bukit Sion. Kemudian pada tahun 2002 diambil alih manajemennya oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara.

Nama Bukit Kasih ini cukup unik dimana berada di kaki Gunung Soputan, Desa Kanoang, Sulut. Bukit ini bertujuan sebagai simbol dari kerukunan antar umat beragama

Sesuai dengan namanya, Bukit Kasih adalah wujud kasih sayang yang harus disebarkan meskipun berbeda agama yang dianut. Sesama umat manusia harus saling mengasihi dan menyayangi.

Anda jangan heran ketika kesini melihat pemandangan asap belerang yang cukup tebal mengepul ke udara. Hal ini dikarenakan tak jauh dari lokasi bukit terletak sebuah sumber air panas dengan kandungan belerang.

Jadi sangat wajar jika bau belerang cukup menusuk hidung karena saking panasnya juga dimanfaatkan untuk merebus jagung dan telur dan telah dibungkus terlebih dahulu.

Pengunjung yang datang kemari banyak yang merendam kaki mereka di mata air panas. Mereka mencelupkan kaki kedalam air panas selepas menuruni puncak. Ini membuat kaki yang keletihan menjadi rileks kembali.

Terdapat dua rute jalan menaiki puncak yaitu sisi kanan atau kiri. Untuk sisi kanan, penampakan jalannya agak curam dan merupakan rute menuju ke kawasan salib dan cukup melelahkan mendaki melalui rute ini.

Trackingnya lumayan berat dengan undakan tinggi serta kemiringan cukup tajam. Untuk sisi kiri, penampakan jalannya lumayan landai dan menjadi rute favorit wisatawan untuk sampai puncak karena tidak begitu melelahkan seperti rute sisi kanan.

Selama perjalanan Anda akan melihat beragam tempat ibadah. Untuk sampai ke puncak butuh kesabaran dan tenaga ekstra karena memang melelahkan sekali.

Tinggi Bukit Kasih Minahasa adalah 22 m dari atas permukaan air laut. Dari atas bukit nampak sebuah tugu toleransi berbentuk segi lima dengan lambang agama utama di tanah air.

Tugu yang menjadi simbol toleransi, keberagaman, dan cinta kasih ini terdapat relief serta tulisan yang diambil dari ajaran agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Budha.

Kata-kata tersebut bunyinya sebagai berikut:

1. ‘Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasam Buddhasa’ artinya adalah Terpuji Sang Bhagava Yang Maha Suci yang telah mencapai Penerangan Sempurna.

2. ‘Tidak melakukan segala bentuk kejahatan, senantiasa mengembangkan kebajikan, serta membersihkan pikiran’.

3. ‘Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap: Jiwa, Hati dan Akal Budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri’

4. ‘Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan’

5. ‘Ia yang tidak menyebabkan penderitaan bahkan mengusahakan keselamatan bagi semua mahluk, ia mendapat kebahagiaan tanpa akhir’

Sebagian besar tempat ibadah disini selalu dalam kondisi terkunci jika si penjaga tidak ada. Jika dilihat dari sekilas penampakan luarnya, sebagian besar bangunan tempat ibadah membutuhkan perawatan bahkan perbaikan.

Setelah berada dipuncak, semua lelah akan sirna karena pemandangan alam yang disuguhkan. Akan ada rasa damai menyelimuti ketika berada disini. Dari puncak bukit ini Anda juga bisa melihat Danau Tondano yang biru.

Spot foto diatas puncak adalah paling favorit denga latar berbagai tempat ibadah. Jika sudah sampai diatas sayang jika tidak mengabadikannya dalam gambar.

Disini juga merupakan lokasi diadakannya Festival Bukit Kasih seperti Lomba Tarian Maengket, Pemilihan Putra Putri Pesona Minahasa 2022, dan banyak lainnya.

Selain itu juga terdapat pahatan raksasa kepala Toar dan Lumimuut yang merupakan tokoh legenda tanah Minahasa menurut laman blog wikipedia. Mereka dipercaya memiliki darah keturunan bangsa Mongolia.

Alamat, Rute Jalan & Harga Tiket Masuk

Bukit yang meiliki keindahan panorama alam serta keunikan ini jaraknya sekitar 55 kilometer dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Setelah Anda melintasi Tomohon kurang lebih 15 menitan dari lokasi, jalanan yang akan dilewati semula lancar menjadi sedikit berliku.

Jalanan akan cukup menanjak juga sehingga Anda harus hati-hati terutama saat berpapasan dengan kendaraan lainnya. Jarak tempuhnya sekitar 5 kilometer jika dari pusat kota Kec. Kawangkoan. Ketika sampai di Kawangkoan, akan lebih mudah menemukan tempat ini.

Sebenarnya jika tidak ingin repot tinggal buka saja peta di google maps. Htm sangat murah sekali yaitu Rp.3.000 serta dilengkapi area parkir kendaraan luas dan letaknya tidak jauh dari tugu Bukit Kasih.

Tips

Mendaki bukit cukup melelahkan jadi saat kesini usahakan tubuh dalam keadaan prima. Jangan lupa untuk membawa serta minuman dan makanan ringan jika dalam perjalanan merasa haus atau lapar.

Tidak ada yang jual minuman saat dalam pendakian karena semua pedagang adanya di atas puncak bukit. Saat Anda merasa letih, terdapat sejumlah pondok-pondok kecil untuk beristirahat sejenak dan melanjutkan lagi pendakian.

Seputar Bukit Kasih

Dibawah ini ada beberapa informasi tentang Bukit Kasih yang tidak hanya ada di Minahasa, Sulawesi Utara, namun juga di beberapa lokasi berikut:

1. Cafe Bukit Kasih Sayang: Bungin, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah 947112. Bukit Cinta Kasih Pantai Ngliyep, 62 km dari Malang3. GBI Bukit Kasih: Gereja, Palembang, Sumatera Selatan4. Salib Kasih Tarutung: Dolok (Bukit) Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatra Utara5. New Bukit Kasih adalah sebuah hotel bintang 3 berada di Jln Maribaya Timur No.307, Cibodas, Lembang, West Bandung Regency, West Java 403916. Kasih Sayang Health Resort: Kampung Sinagang, Bukit Kokol Menggatal, Kota Kinabalu, 88450 Sabah, Malaysia7. Jabal Rahman Mekkah8. GPIB Bukit Kasih: Jalan Garuda Kuwukan No. 02, Tiara, Surabaya9. Jalan Setia Kasih, Damansara, Kuala Lumpur10. Bukit Gambir, Johor11. Kepong, Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!