Travel  

Mancing di Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Mancing di Pantai Tanjung Pasir Tangerang

tribunwarta.com

Lokasi: Desa Tanjung Pasir, Kec. Teluk Naga, Kab. Tangerang, Provinsi Banten 15510Map: Klik DisiniHTM: Rp.15.000Buka Tutup: 24 Jam

“Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga” itulah nama yang diberikan untuk pantai di Teluk Naga ini.

Sebagaimana tertulis pada peta di google map, spot ini berada di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, 15510 Indonesia.

Kata Teluk Naga perlu ditambahkan untuk membedakan dengan sebuah tempat wisata pantai dengan nama sama, yang ada di Pulau Moyo, Sumbawa.

Keberadaan Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga ini mungkin tidak seberapa istimewa untuk ukuran sebuah wisata pantai.

Namun sebagai kawasan wisata yang saling mendukung dengan tempat wisata di sekitarnya, membuat Pantai Tanjung Pasir senantiasa ramai dikunjungi wisatawan.

Baik yang sengaja ingin menikmati pemandangan laut maupun untuk sekedar transit menuju ke tempat wisata lain.

Contoh untuk mereka yang ingin berkunjung ke Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, jarak paling dekat menuju ke sana adalah melalui pelabuhan Pantai Tanjung Pasir, provinsi Banten.

Satu lagi alasan yang membuat pantai ini selalu ramai adalah karena lokasinya berada di kawasan industri yaitu di Kabupaten Tangerang.

Sehingga tak heran jika area tersebut menjadi tempat wisata alternatif bagi masyarakat urban yang butuh tempat bersantai murah dan tidak jauh dari lokasi tempat tinggal mereka.

Rute Menuju Pantai

Letak Pantai Tanjung Pasir berada di sebelah Utara Kabupaten Tangerang dan Jakarta. Jika dari pusat kota, jaraknya hanya sekitar 25 km.

Denah untuk menuju Pantai Tanjung Pasir dari Kota Tangerang dapat mengikuti arah menuju Bandara Soekarno-Hatta(Soetta) yang dikenal dengan sebutan M1 atau Jalan Suryadharma.

Setelah melintasi rute tersebut, ambil jalan mengarah ke Utara dan sekitar 5 km dari lokasi yang ingin dituju Anda akan menjumpai papan petunjuk arah ke Pantai Tanjung Pasir.

Jika dari Jakarta, perjalanan dapat dilakukan dengan melalui jalan tol Bandara ke Jalan Marsekal Suryadharma dan terus ke Utara menuju Kampung Melayu.

Sesampai di Kampung Melayu, arahkan kendaraan menuju ke arah kanan dan ikuti petunjuk arah yang menuju ke Tanjung Pasir.

Saat melintasi Jalan Raya Tanjung Pasir sepanjang 6 km, akses jalan yang dilalui agak sempit sehingga usahakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Di sepanjang jalan ini, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, tambak, resort, rumah makan seafood dengan bangunannya yang artistik serta Taman Penangkaran Buaya.

Daya Tarik

Salah satu yang berbeda dari kawasan wisata Pantai Tanjung Pasir jika dibandingkan dengan tempat wisata pada umumnya adalah dari sisi managemen.

Jika tempat wisata lainnya kebanyakan dikelola Dinas Pariwisata atau Perum Perhutani, maka Pantai Tanjung Pasir pengelolaannya dilakukan oleh TNI AL, sehingga saat tiba di gerbang akan terlihat tulisan besar “Posal TNI AL”.

Sebelum dan sesudah sampai di Pantai Tanjung Pasir, ada beberapa tempat wisata lainnya yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi dengan lokasi yang tidak terlalu jauh.

Sehingga pada saat berkunjung ke pantai ini, akan sangat disayangkan jika tidak singgah ke tempat-tempat wisata tersebut.

Inilah daya tarik Pantai Tanjung Pasir dan tempat-tempat wisata yang ada di sekitarnya:

1. Pantai Tanjung Pasir

Keindahan Pantai Tanjung Pasir memang tak terbantahkan, selain memiliki garis pantai yang panjang dan lebar dengan ombak tenang, pengunjung juga dimanjakan suasana teduh serta asri dari pepohonan rindang.

Selain itu, beberapa pulau kecil di kejauhan juga menambah indahnya hamparan laut yang berwarna biru.

Pulau-pulau kecil ini ada yang berpenghuni ada juga yang tidak. Untuk membedakan dapat dilihat dari ada tidaknya menara BTS di pulau tersebut.

Jika terdapat menara BTS, maka itu berarti pulau tersebut ada manusia yang menempatinya.

Dengan garis pantainya yang panjang dan lebar, berbagai aktifitas dapat dilakukan oleh para wisatawan di atas hamparan pasir.

Selain itu berbagai jenis permainan air juga telah disiapkan oleh pengelola, seperti persewaan ban, banana boat dan donut boat.

Aktifitas mandi dan berenang di tepi pantai, sebenarnya cukup aman di Tanjung Pasir Beach, karena daratannya tertutup air laut dengan bentuk landai serta ombak relatif kecil.

Namun, pada saat-saat tertentu, air laut di kawasan pantai terlihat kotor diwarnai berbagai jenis sampah, terlebih setelah hujan deras atau dilanda banjir. Hal ini karena lokasi pantainya berada di wilayah industri.

Aktifitas menarik lainnya adalah mengamati para nelayan yang sedang mencari ikan maupun menjala.

Karena di Pantai Tanjung Pasir ini memang dikenal sebagai kawasan perairan yang banyak dihuni berbagai jenis ikan.

Itu sebabnya bagi mereka yang suka memancing, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu libur di Pantai Tanjung Pasir sambil menyalurkan hobby.

Untuk dapat mengunjungi Pantai Tanjung Pasir, hingga pertengahan tahun 2022 ini info harga tiket masuk yang dikenakan yakni Rp.15.000. Sementara biaya parkir motor sebesar Rp.10.000 dan mobil Rp.20.000.

Dengan harga tiket yang cukup murah tersebut, pengunjung akan dapat menikmati sejumlah fasilitas seperti area parkir, mushollah, toilet, kamar mand, kamar bilas hingga wahana permainan air.

Bila ingin menikmati kuliner, tersedia rumah makan berkelas dan warungsederhana dengan harga terjangkau yang menghidangkan berbagai menu makanan seafood.

2. Tanjung Pasir Resort

Tanjung Pasir Resort hadir tidak hanya sebagai pelengkap dari Pantai Tanjung Pasir dalam memenuhi kebutuhan penginapan bagi para wisatawan yang ingin bermalam tidak jauh dari lokasi pantai.

Tapi area tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri sebagai destinasi wisata, utamanya para penikmat wisata kuliner.

Tanjung Pasir Resort menyediakan 7 buah kamar hotel dengan tipe standard yang dilengkapi fasilitas komplit dan letaknya pun tidak jauh dari kawasan pantai.

Sehingga saat tamu yang menginap membuka jendela, yang tersaji di hadapannya adalah pemandangan laut yang indah, bahkan bau air laut pun akan tercium oleh hidung.

Tarif untuk menginap di hotel ini untuk hari biasa (weekday) sebesar Rp.500.000 sedang untuk akhir pekan (weekend) sebesar Rp.550.000.

Selain hotel, Tanjung Pasir Resort juga menyediakan fasilitas pemancingan buat para wisatawan.

Mereka yang memiliki hobby mancing juga dapat membawa peralatan pancing sendiri untuk berburu ikan nila, bawal jepang, bandeng ataupun ikan kakap putih.

Ikan hasil pancingan tersebut setiap kilogramnya memiliki harga yang berbeda-bed, tergantung jenisnya.

Ikan nila seharga Rp.85.000/kg, bawal Rp.150.000/kg, bandeng Rp.75.000/kg dan ikan kakap putih seharga Rp.120.000/kg.

Ikan yang diperoleh selanjutnya diserahkan kepada koki untuk dimasak sesuai menu permintaan.

Menyantap ikan hasil tangkapan sendiri, tentunya bakal memberikan kepuasan dan citarasa tersendiri bukan?

Tanjung Pasir Resort yang berdiri di atas lahan seluas 42 hektar juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas hiburan dan permainan.

Mulai dari playground, lapangan futsal, volley, basket, kolam renang, sepeda air, perahu, cafe, restoran, spa, aula hingga meeting room semua dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Untuk dapat menggunakan fasilitas swimming pool, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.50.000/orang, sewa perahu Rp.100.000 sedang sepeda air Rp.50.000.

Perahu dan sepeda air tersebut digunakan untuk menyusuri kawasan perairan menuju Pulau Anggrek yang menjadi bagian dari Tanjung Pasir Resort.

Di Pulau Anggrek inilah dapat dijumpai Taman Bougenville yang terhampar luas dengan bunga berwarna-warni dan akan sangat menarik untuk diabadikan sebagai landscape photos selfie maupun wefie.

3. Taman Penangkaran Buaya

Spot Taman Penangkaran Buaya berjarak sekitar 2 km dari kawasan Tanjung Pasir. Ini juga layak untuk dikunjungi.

Sebanyak 500 ekor buaya mulai dari yang kecil hingga yang sudah berumur sekitar 40 tahun-70 tahun bisa kamu temui di sini.

Pengunjung memang tidak akan mendapatkan suguhan atraksi dari reptil ini, namun melihat tingkah laku buaya di kolam penangkaran tentu akan memberikan hiburan yang menyenangkan.

Apalagi waktu datangnya bersamaan dengan saat pawang memberikan makan pada buaya tersebut, Anda pasti akan merasa terhibur melihat reptil ini saling berebut makanan.

Untuk masuk ke Taman Penangkaran Buaya ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.10.000 belum termasuk ongkos parkir.

Di lokasi Taman Penangkaran, pengunjung akan merasa betah karena suasananya yang teduh oleh pepohonan.

Selain itu terdapat toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan berbahan kulit buaya, seperti dompet, ikat pinggang, tas, serta yang lain.

4. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa memang bukan bagian Pantai Tanjung Pasir, bahkan tidak masuk dalam wilayah administratif Tangerang karena merupakan wilayah provinsi DKI Jakarta.

Tapi karena untuk berkunjung ke Pulau Untung Jawa jarak yang paling dekat adalah dari Dermaga Tanjung Pasir, maka tidak ada salahnya untuk memasukkan pulau ini ke dalam kawasan Pantai Tanjung Pasir.

Apalagi sebagian wisatawan yang datang sebenarnya bukan untuk menikmati Pantai Tanjung Pasir, melainkan hanya sekedar transit sambil menitipkan kendaraan, sebelum berangkat ke Pulau Untung Jawa.

Untuk menuju ke pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu ini, pengunjung harus terlebih dahulu ke Dermaga Pantai Tanjung Pasir dan menyewa kapal seharga Rp.50.000/orang dalam perjalanan pulang-pergi.

Di Pulau Untung Jawa panorama yang disuguhkan lebih menarik dan lebih alami dibandingkan Pantai Tanjung Pasir.

Meski sama-sama memiliki pasir berwarna putih, namun pasir di pantai pulau ini terlihat lebih bersih.

Begitu juga dengan kawasan perairannya, tidak sedikitpun tercemari sampah, bahkan airnya terlihat sangat jernih.

Itu sebabnya banyak spot-spot cantik yang bakal menarik jika diabadikan ke dalam gambar dengan menggunakan lensa kamera.

Berbagai fasilitas umum juga dapat ditemui di sini seperti kamar mandi, toilet, mushollah, cafe, rumah makan, wahana permainan anak, banana boat, donut boat.

Bahkan hingga persewaan peralatan snorkeling bagi mereka yang ingin menikmati keindahahan taman bawah laut di perairan pantai Pulau Jawa.

Setelah puas menikmati keindahan Pulau Untung Jawa, bagi pengunjung yang ingin kembali ke Pantai Tanjung Pasir tidak perlu membayar ongkos sewa kapal lagi.

Untuk yang ingin menginap di pulau ini tersedia homestay yang dapat disewa mulai dari Rp.75.000 perhari.

Sedang untuk wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan wisata ke pulau kawasan Kepulauan Seribu, seperti Pulau Bidadari, Tidung, Pramuka atau Pari dapat menyewa kapal seharga Rp.2.500.000 dengan kapasitas 25 – 40 orang.

Karena itu jika ingin menjelajah pulau di Kepulauan Seribu, sebaiknya dilakukan rombongan, sehingga biaya sewa kapal dapat ditanggung bersama.

Sama halnya dengan Pantai Tanjung Pasir, tidak ada cerita misteri ataupun mitos yang dipercaya oleh masyarakat di Pulau Untung Jawa.

Hanya sekelumit kisah sejarah tentang orang-orang Jawa yang telah menempati pulau ini sejak tahun 1920.

Kisah sejarah tersebut ditandai dengan dibangunnya sebuah tugu peringatan tepat di tengah-tengah pulau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!