Travel  

Lokasi Pulau Tanjung Putus Lampung

Lokasi Pulau Tanjung Putus Lampung

tribunwarta.com

Alamat: Sukarame, Punduh Pidada, Pesawaran Regency, LampungMap: Klik DisiniHTM: Rp.15.000 per OrangBuka Tutup: 24 JamTelepon: –

Berkunjung ke Pulau Pahawang di provinsi Lampung, pesona objek wisata satu ini tentu tak lepas dari eksistensi Tanjung Putus.

Pasalnya, pulau kecil bernama Tanjung Putus ini letaknya berdekatan dengan Pahawang dan panoramanya pun dapat tak kalah menawan.

Tanjung Putus adalah salah satu pulau yang berlokasi di Kabupaten Pasawaran, Teluk Lampung. Objek tersebut masih satu deretan dengan Pulau Kelagian dan Pahawang.

Dinamakan demikian karena Tanjung Putus konon katanya menyatu dengan Pulau Sumatera. Tapi karena terjadi abrasi beberapa tanahnya tertutup dengan air laut dan akhirnya menjadi selat kecil.

Pulau Tanjung Putus memiliki pantai yang cukup landai. Air lautnya berwarna biru bening dengan sebagian karang di dalamnya.

Hamparan pasir pantainya berwarna putih kecoklatan dan bersih. Barisan pohon kelapa juga ikut serta menambah pesona pantai tersebut.

Para pengunjung dapat berenang, bermain perahu, menyelam maupun cuma sekadar bersantai merasakan estetika di pantai ini.

Area Tanjung Putus ini memang diterapkan sebagai daerah budidaya ikan laut serta terumbu karang.

Coba deh lempar sebagian potong roti, ikan-ikan kecil berwarna – warni akan seketika timbul ke permukaan. Tapi jangan harap Kalian memancingnya, karena kegiatan itu tidak diizinkan di sini.

Tanjung Putus memang merupakan sebuah pulau kecil. Tapi bagi mereka yang senang melakukan kegiatan di dalam air, lokasi ini bak surga tercecer di alam Indonesia.

Pasalnya, para traveller dapat melakukan kegiatan snorkeling sampai puas di perairan Tanjung Putus ini.

Keindahan bawah laut Tanjung Putus menawarkan panorama menawan, beragam jenis biota tinggal di dalamnya, mulai dari ikan badut lucu seperti di film Finding Nemo hingga kerang laut berukuran raksasa bisa ditemui di sini.

Jika tidak mau nyemplung, dapat juga bersantai di pinggir pantai sembari memberi makan ikan.

Tanjung Putus Lampung ini juga diketahui sebagai salah satu lokasi budidaya terumbu karang dan aneka jenis ikan laut.

Berbekal remahan roti, Kalian bahkan bisa mengerjakan kegiatan yang asyik memberi makan ikan-ikan kecil.

Lokasi dan Akses

Tanjung Putus Lampung ini merupakan komponen dari Kabupaten Pesawaran di Provinsi Lampung. Dan seperti yang sudah dinyatakan di atas, lokasinya berdekatan dengan Pulau Pahawang.

Selain itu, ada juga pulau kecil menawan lain yang dapat dijumpai di sekitar Tanjung Putus tersebut namanya adalah pulau Kelagian.

Untuk menuju ke lokasi Tanjung Putus di Lampung, para traveller dapat menerapkan rute perjalanan yang sama ke Pulau Pahawang.

Untuk menuju ke daerah ini, para traveller dapat menjangkaunya dengan naik perahu yang berangkat dari Dermaga Ketapang di Pesawaran.

Dermaga Ketapang letaknya kurang lebih sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

Perjalanan dari Airport Lampung menuju ke Dermaga Ketapang dapat menggunakan kendaraan biasa atau pribadi dan waktu tempuhnya kurang lebih selama 45 menit.

Untuk perjalanan dari Dermaga Ketapang ke Pulau Tanjung Putus, dapat menyewa perahu nelayan. Harganya tak mahal kok, kurang lebih Rp 400 ribu saja.

Fasilitas

Karena sudah semakin banyak dikunjungi pelancong baik lokal ataupun asing. Untuk menemukan fasilitas penginapan bukanlah hal sulit sebab sudah tersedia cottage di sini.

Tidak cuma itu di dalam cottage bahkan disediakan ruang karaoke serta rumah makan dengan menu ala resto.

Tak hanya cottage, penginapan harga murah untuk backpacker dengan fasilitas komplit juga bisa ditemui di sini.

Bahkan beberapa penginapan ada yang menawarkan lokasi di pinggir pantai. Jadi, dari dalam kamar, Kalian dapat menyaksikan keindahan perairan Tanjung Putus.

Menariknya lagi, selepas bangun tidur, Kalian bisa langsung nyemplung ke perairan Tanjung Putus ini.

Pulau Pahawang

Pahawang terbagi menjadi 2 pulau, yakni besar dan Kecil. Di pulau ini bahkan terdapat satu resort pribadi, pemiliknya orang Prancis.

Gaya bangunan resortnya bergaya bangunan joglo ala Jawa. Sayang tak dapat disewa untuk biasa, jadi cuma dapat dipandang dari luar saja.

Kalau sedang surut, akan muncul seperti gusung (daratan pasir yang muncul ke permukaan) ditengah – tengah antara Pahawang Kecil dengan Pahawang Besar.

Selain itu, pulau tersebut juga memiliki banyak nilai plus, seperti cuaca cerah, air bening, pasirnya putih dan panoramanya diapit oleh background pegunungan, sungguh komposisi luar biasa bukan?

Berbicara tentang kegiatan underwater jangan diragukan juga, spot tersebut sangat cocok dijadikan sebagai lokasi snorkling sebab perairannya dangkal dan karangnya pun tampak sangat menggoda untuk segera dijelajahi.

Namun hati – hati jangan terlalu dekat kalau ingin snorkling nanti dapat kebaret badannya.

Selain Tanjung Putus, di belakang Pulau Pawahang kecil juga terdapat Taman Nemo, sebuah lokasi dimana banyak sekali anemon laut tumbuh.

Usut punya usut titik ini adalah titik yang dikelola oleh penduduk sekitar dan mereka menjadikannya sebagai mata pencaharian yang seharusnya dijaga kelestariannya agak tak rusak.

Jadi nelayan – nelayan disini mulai mengerjakan transplantasi karang di lokasi ini, dengan cara mengembangbiakan aneka anemon laut, salat satunya seperti kipas laut/sea fan.

Spot ini dibuat sebagai tepat untuk pengembangbiakan terumbu karang dan aneka ikan yang nantinya dapat dibuat obyek foto underwater.

Snorkling di Taman Nemo ini cenderung dangkal cuma 3-5 meter saja jadi aman untuk yang pemula.

Namun ingat meski dangkal, jangan sampai menginjak biota di dalamnya, sebab lokasi ini khusus dibuat untuk pertumbuhan terumbu karang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!