Travel  

Lokasi Pantai Baruna Daerah Mana? Alamat Lengkap Spot Mancing di Semarang Jawa Tengah

Lokasi Pantai Baruna Daerah Mana? Alamat Lengkap Spot Mancing di Semarang Jawa Tengah

tribunwarta.com – Lokasi: Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang Utara, Jawa TengahGoogle Maps: Klik DisiniHTM: Rp.5.000 per OrangBuka Tutup: 05.00-20.00 WIBTelepon: –

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa kota Semarang memiliki obyek wisata pantai yakni Pantai Marina padahal sebenarnya ada beberapa pantai lain yang pesonanya juga tidak kalah indahnya.

Salah satunya adalah Pantai Baruna yang juga dikenal dengan nama Pantai Sangklak dan juga Pantai Nyamuk.

Pantai ini memang tergolong baru, tapi tak kalah populer dari para pendahulunya. Terbukti semakin banyaknya pengunjung di setiap harinya terlebih di akhir pekan, bisa berkali lipat dibanding hari biasa.

Yang Menggoda

Berbeda dengan pantai lain yang hanya terdiri dari hamparan pasir, Pantai Baruna memiliki hamparan padang ilalang luas hingga sejauh mata memandang hanya ada rerumputan dan pepohonan di kejauhan.

Bagi para penikmat pantai dengan hamparan pasir mungkin Anda akan kecewa karena di pantai ini tidak ada butiran pasir nan lembut.

Namun, meski begitu Pantai Baruna ini sayang untuk dilewatkan begitu saja sebab pemandangan alamnya begitu memukau. Menggoda siapa saja yang bertandang agar betah berlama-lama di sini.

Jika hari sedang cerah Anda bisa melihat sekeliling Pantai Baruna dengan jelas dan lihat bagaimana birunya air laut yang sangat berbeda dari pantai kebanyakan.

Ya, di pantai ini airnya berwarna hijau toska layaknya sejumlah bahari yang berada di Indonesia bagian Timur. Benar-benar indah, tak heran jika Baruna beach menjadi salah satu spot favorit bagi para pecinta fotografi.

Sejarah Singkat

Sedikit yang tahu bahwa pantai ini menyimpan sebuah sejarah. Adalah Monumen Ketenangan Jiwa yang menjadi saksi bisu terbantainya ratusan tentara Jepang saat pertempuran lima hari di Semarang.

Untuk memperingati tentaranya yang tewas dan dibuang ke Banjir Kanal Barat maka pemerintah Jepang kala itu sengaja membangun Monumen Ketenangan Jiwa dengan harapan para tentara yang gugur dapat tenang dalam keabadian.

Jika Anda perhatikan Monumen Ketenangan Jiwa bukan saja bertuliskan huruf Kanji melainkan juga sejajar dengan Ibukota Jepang, Tokyo apabila ditarik garis lurus yang mengarah ke utara.

Konon hal tersebut dilakukan agar arwah para tentara bisa kembali ke Jepang, tanah kelahirannya.

Pesona Cantik

Anda tak akan bosan berjalan di sepanjang rerumputan ditemani dengan hembusan angin sepoi yang menerbangkan ilalang hingga bergoyang kian ke sana ke mari.

Di tengah padang ilalang berdiri kokoh sebuah pohon yang menjadi spot terbaik untuk mengambil foto. Ada juga batu-batu pemecah ombak yang kerap dijadikan latar selfie.

Dari kejauhan anda dapat melihat perahu nelayan yang berjejer di tepian selepas pulang menjala ikan di tengah lautan.

Dengan suasana yang relatif tenang Anda tentunya akan betah berlama-lama sembari duduk di tepian pantai atau di atas bebatuan sembari memancing ikan.

Selain menjadi spot pengambilan gambar, pantai ini pun sangat disukai para pemancing. Bahkan mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan ikan.

Sembari memancing Anda dapat menikmati keindahan Pantai Baruna di sore hari ketika senja mulai terlihat dan matahari kembali ke peraduan.

Warna jingga kemerahan bercampur dengan birunya langit sangat indah dan terbias lembut di atas birunya air.

Jalan Menuju Lokasi

Pantai ini terletak di Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tj. Mas, Semarang Utara, Jawa Tengah. Lokasinya cukup mudah untuk diakses karena memang dekat dari Pelabuhan.

Anda pun akan mudah mencarinya meski tak menggunakan bantuan peta, gambar denah maupun aplikasi google map. Namun, jika dirasa perlu tetap siapkan saja hanya untuk berjaga-jaga.

Adapun rute yang dapat Anda gunakan untuk mencapai Pantai Baruna diantaranya adalah sebagai berikut:

Rute dari Bandar Udara Ahmad Yani: Arah Tenggara – Jalan Bandara Jenderal Ahmad Yani – Jalan Bunderan Kalibanteng – Jalan Pantura – Jalan Re. Martadinata – Belok Kiri – Belok Kanan – Pantai Baruna.

Rute dari Stasiun Tawang: Jalan Tawang – Jalan Ronggowarsito – Jalan Pantura – Panggung Lor – Pantai Baruna.

Rute dari Stasiun Poncol: Arah Timur Laut – Jalan Imam Bonjol – Jalan Grobogan – Belok Kiri setelah Hotel Singapore – Belok Kiri – Jalan Layur – Belok Kanan – Jalan Komodor Laut Yos Sudarso – Jalan Pantura – Belok Kanan – Belok sedikit ke kanan – Pantai Baruna.

Rute dari Terminal Bus: Arah Timur – Jalan Kaligawe Raya – Jalan Padi Raya – Belok kiri setelah Indogrosir Semarang – Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Pantura – Panggung Lor – Pantai Baruna.

Sementara bagi Anda yang berasal dari luar kota dan menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa rute yang dapat anda coba diantaranya sebagai berikut:

Rute dari Yogya: Jalan Laksda Adisucipto – Jalan Raya Solo – Jalan Raya Jogjakarta-Solo – jalan Mpu Sedah – Jalan klaten-Ngupit – Jalan Raya Jatinom-Boyolali – Jalan Raya Tulung.

Lalu ke Ngangkruk – Jalan Sonolayu-Ngangkruk – Jalan Raya Boyolali-Semarang – Jalan Semarang-Surakarta – Jalan Lingkar Selatan Salatiga – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Tol.

Kemudian di lanjut ke Tembalang-Ungaran – Jalan Tol Tanjungmas-Srondol – Panggung Lor – Pantai Baruna.

Rute dari Magelang: Jalan Majapahit – Jalan Pahlawan – Jalan A. Yani – Jalan Raya Grabag-Magelang – Jalan Semarang-Yogyakarta – Jalan Kalimas ke Secang – Jalan Semarang.

Lalu ke Yogyakarta – Jalan Tol Ungaran-Bawen – Jalan Tol Tembalang-Ungaran – Panggung Lor – Pantai Baruna.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Baruna anda akan dikenakan harga tiket sebesar 3000 rupiah per orang.

Jika masih belum puas menjelajahi Semarang ada baiknya Anda pun mengunjungi Pantai Cipta dan Tirang yang lokasinya tak begitu jauh dari bahari ini.

Jangan lewatkan juga untuk menjelajahi Lawang Sewu yang terkenal penuh misteri dan mitos-mitos gaib yang akan membuat bulu kuduk Anda meremang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!