Travel  

Lokasi Jembatan Berapa Pantai Viovio Batam dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Lokasi Jembatan Berapa Pantai Viovio Batam dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

tribunwarta.com – Alamat: Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan RiauMap: KlikDisiniJam Operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 19.00 WIBNomor Telepon: –HTM: Rp 10.000 per Orang

Murah Kok!

Berwisata ke kepulauan di Indonesia sudah menjadi hal yang menarik dan menyenangkan, meskipun wisatawan sendiri harus merogoh kocek lumayan besar dalam kunjungannya. Salah satu lokasi di tanah air yang mempunyai objek wisata kepulauan terbagus adalah Kepulauan Riau, terutama Batam City.

Kota Batam sendiri terletak di wilayah Pulau Sumatera, lebih tepatnya di gugusan Riau Islands dekat dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Sudah menjadi sebuah fakta bahwa biaya hidup di Batam City ini saja sudah besar, apa lagi untuk mengunjungi kota ini dalam rangka liburan dan berwisata.

Tetapi tidak perlu khawatir, di Batam pun ada tempat wisata alam murah meriah namun menyuguhkan pemandangan keindahaan alami yang memuaskan. Beberapa objek wisata alam itu sendiri adalah deretan pantai berpesisir melandai dengan pemandangan sunset di beberapa wilayah di Kepulauan Riau.

Kawasan pulau yang terkenal memiliki pantai dengan pesisir landai adalah Pulau Galang, pulau ini adalah pulau terbesar ketiga di Riau Islands dan juga masuk dalam provinsi Kota Batam. Beberapa warga lokal disini juga mengatakan bahwa Pulau Galang memiliki lokasi wisata terbagus dan terunik di Batam.

Salah satu pantai dengan nama menarik namun menyimpan keindahan alam yang juga unik adalah Pantai Viovio di Pulau Galang, lebih tepatnya dekat dari Jembatan 5 Barelang atau Jembatan Tuanku Tambusai. Objek ini sendiri tidak kalah indah dengan tempat wisata di Batam dan di tanah air lainnya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Pantai Vio Vio ini, tak hanya mengambil gambar yang instagramable, tetapi juga menikmati beberapa fasilitas yang disediakan. Berikut informasi detail mengenai alamat, gambar dan foto, lokasi, harga tiket masuk, hingga rute menuju Pantai Vio Vio.

Fasilitas dan Akomodasi

Layaknya sebuah pantai visata pada umumnya, Pantai Viovio menyediakan fasilitas permainan dan wahana air seru, walaupun masih kurang begitu lengkap. Seperti banana boat, bagi pecinta olahraga air yang menantang adrenalin, pengelola menyediakan fasilitas permainan banana boat bagi pengunjung.

Tetapi khusus wisatawan yang hanya ingin bermalas-malasan sambil menikmati pemandangan pantai ditemani dengan es kelapa segar, bisa menyewa gazebo seharian. Beberapa gazebo terletak di spot yang memungkinkan wisatawan menikmati pemandangan laut, sekaligus dapat terlindung dari terik matahari.

Hal menarik yang wajib dan patut dicoba adalah ayunan di tengah laut serupa dengan ayunan tengah laut di Gili Trawangan, Lombok dan kebanyakan pantai di Bali. Ayunan ini yang menambah kesan menarik bagi para pengunjung sehingga gambar dan fotonya banyak diabadikan dan dishare ke socmed.

Dari ayunan itu sendiri, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan laut dari kejauhan, terutama kalau sudah sore dimana keindahan sunsetnya yang paling ditunggu-tunggu. Untuk menonton matahari terbenam, pengelola juga menyediakan panggung khusus bagi wisatawan untuk melihat pemandangan.

Pantai Viovio memiliki pesisir melandai sehingga tidak terlalu membahayakan pengunjung, terutama anak-anak saat berlaria di pinggirnya. Tetapi perlu berhati-hati saat memasuki kawasan perairannya karena di dasar laut dekat pantai ini memiliki terumbu karang yang cantik namun juga keras dan tajam.

Terumbu karang inilah yang juga kemudian menarik minat para wisatawan disini untuk berenang, snorkeling dan diving. Pengunjung dapat menyelam sambil menikmati pemandangan kekayaan alam bawah lautnya, arus air yang tidak terlalu deras akan memudahkan para pecinta snorkeling berenang.

Namun bagi yang sekadar ingin melihat dan menikmati pemandangan laut di tengah perairan pantai sendiri, pengunjung dapat menyewa perahu atau kapal kecil dari beberapa nelayan. Pengelola dan warga yang tinggal di sekitar sini terkadang ada yang menyewakan perahu dan kapalnya untuk wisata.

Di beberapa lokasi di dalam pantai, sudah terdapat penjual makanan dan minuman ringan namun tidak terlalu banyak. Beberapa fasilitas lain seperti toilet umum juga disediakan disini, lalu untuk keperluan ibadah ada mushola yang tidak terlalu jauh dari kawasan luar Pantai Viovio, tempat parkir pun juga luas.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki dan berwisata di dalam kawasan Pantai Viovio tidak memerlukan biaya yang mahal, terutama harga tiket masuknya. Kisaran biaya masuknya sendiri hanya Rp 10.000 perorang, dimana pada hari libur atau saat pengunjung membludak, kemungkinan akan ada kenaikan harga dari pengelola.

Beberapa gazebo yang didirikan di deretan pesisir pantai ini sendiri pun disewakan seharian dengan kisaran harga beragam. Mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 150.000 keatas, gazebo ini juga dapat digunakan untuk menaruh barang bawaan pengunjung atau bersantai sambil memesan makanan.

Letak dan Lokasi

Lokasi Pantai Viovio ini sendiri langsung bisa ditemukan saat melewati Jembatan 5 Barelang yang menghubungkan Pulau Rembang dengan Pulau Galang. Tempat ini jika dilihat dari Google Maps bersebelahan letaknya dengan Pantai Mirota, objek wisata lain yang tidak kalah indah dan unik.

Letak Pantai Viovio juga tidak terlalu jauh dari Camp Vietnam, sebuah objek wisata sejarah dan juga mistis berupa kampung kosong bekas pengungsi warga Vietnam pada masa perang jaman dahulu. Camp Vietnam berada di seberang Pantai Viovio dan dapat menjadi alternatif wisata lain di Pulau Galang ini.

Rute Menuju Lokasi

Menuju Pantai Vio Vio di Pulau Galang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor, karena transportasi umum sendiri disini sangat jarang. Jika menggunakan taksi atau ojek, wisatawan diharapkan menyediakan biaya lebih karena ongkos kendaraan umum disini lumayan mahal.

Dari Kota Batam, pengunjung dapat menuju arah Jembatan Barelang dimana nantinya akan melewati Pulau Rembang dan beberapa pulau kecil lainnya di Kepulauan Riau ini. Selanjutnya kendaraan masuk ke Pulau Galang dan keluar dari Jembatan 5 Barelang, langsung melewati Pantai Mirota di sebelah kiri jalan.

Dari sini, pengunjung sudah bisa menemukan dengan mudah, papan petunjuk untuk menuju Pantai Viovio, beberapa spanduk besar terpampang sebagai petunjuknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!