Travel  

Liburan Natal dan Tahun Baru, Bisa Santai di Kepulauan Seribu

Liburan Natal dan Tahun Baru, Bisa Santai di Kepulauan Seribu

tribunwarta.com – Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan tempat untuk menghabiskan momen liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Dilansir dari Antara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu pun telah gencar mempromosikan pariwisata daerah tersebut, seperti di mal-mal kawasan Jabodetabek melalui “Jakarta Kepulauan Seribu Travel Fair”.

“Melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu sudah melakukan berbagai promosi di mal-mal Jabodetabek untuk menarik kunjungan wisatawan,” kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, seperti dilansir Antara.

Untuk diketahui, Kepulauan Seribu memiliki sejumlah pulau indah yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa pulau yang cukup sering dikunjungi wisatawan seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu optimis kunjungan wisatawan ke daerah tersebut akan mencapai 5.000 orang pada momen liburan Natal dan tahun baru .

Sebab, akan tersedia pula sejumlah suguhan hiburan untuk meramaikan suasana.

“Malam tahun baru kami ada pagelaran musik di Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu Selatan) dan Pulau Panggang (Kepulauan Seribu Utara). Diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan,” kata Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Puji Hastuti.

Ia menambahkan, anak-anak sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas juga akan tertarik datang ke Pulau Untung Jawa yang kini semakin ramah anak.

Adapun di Pulau Untung Jawa terdapat wisata edukasi sejarah dan religi, seperti di Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan lainnya, serta wisata olahraga air.

Ada pula ruang anak terpadu sepetti Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam dan Taman Arsa yang punya sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas.

Perketat prokes

Kepulauan Seribu akan memperketat protokol kesehatan (prokes) di pintu kedatangan maupun keberangkatan wisatawan pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pengawasan prokes dilakukan di setiap pelabuhan keberangkatan, yakni dari Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol, serta Pelabuhan Tanjung Pasir dan Pelabuhan Cituis di Tangerang.

Pengawasan melibatkan unsur Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Junaedi juga mengimbau para wisatawan yang datang berlibur m tetap mematuhi prokes. Adapun saat ini, Jakarta masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!