Travel  

Labuan Bajo Kebakaran? Tetap Indah Kok, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Labuan Bajo Kebakaran? Tetap Indah Kok, Simak Penjelasannya Berikut Ini

tribunwarta.com – Lokasi: Labuan Bajo, Komodo, West Manggarai Regency, East Nusa Tenggara Province, Indonesia.MAP: Klik DisiniHTM: Rp. 600.000 – 3.000.000Buka/Tutup: Setiap hari 24 jamTelepon: –

Banyak tempat indah di Indonesia dan luar negeri seperti di Pulau Komodo, Manggarai, provinsi Nusa Tenggara, Derawan, Maumere, Bali, Rinca Que Faire Como Cruise City, kabupaten Denpasar, Flores Island, Jakarta Barat dan Timur City, Jayakarta, Kota Sumba, Ruteng, Makassar, Raja Ampat, Sulawesi, Sumbawa, Surabaya, Yogyakarta, NTT, Gunung Agung, Siloam, Lombok, Bandung, NTB, Padar Wae Rebo dan masih banyak lainnya.

Umumnya tempat wisata dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti cafe, coffee, cave, car rental, fish market, sman smkn, hotel bintang 5, universitas, best villa village, guest house, gardena, golo, hostelworld, hacer quoi ver restaurants, real estate.

Lebih dari itu biasanya ada restaurant, rent sewa kapal pelindo, ende eco lodge resort, harbour, marina port pelabuhan yacht, airport bandara, ayana east-west regency, penginapan, restoran, money exchange, hilltop, hostels, local laundry, nightlife, beach, sape dan mall.

Dari banyaknya tempat wisata dan kemungkinan fasiltias yang ada tersebut kita akan membahasa salah satu diantaranya, yaitu di NTT. Terdapat salah satu daerah yang berada di NTT (Nusa Tenggara Timur) yang memiliki segudang tempat wisata, dia adalah Labuan Bajo. Labuan bajo merupakan salah satu kelurahan di Komodo. Mendengar kata komodo pasti anda terbayang tentang spesies kadal terbesar di dunia.

Mengenal Sejarah Labuan Bajo

Nama labuan bajo sendiri berasal dari kata “labuan” dengan arti “tempat berlabuh” dan “bajo” berarti “suku bajo”. Ya, berpuluh – puluh tahun lalu history tempat ini menjadi sandaran dimana suku bajo berasal dari sulawesi berlayar dan dmn berujung di sini. Mereka bermukim di pesisir barat Pulau Flores ini.

Sebelum menjadi objek wisata populer seperti sekarang ini, dulu menjadi kota kecil pemasok ikan kering dan sekarang menjadi pelabuhan marina. Memang penduduk setempat menyambung hidup dengan menangkap ikan. “Nenek moyangku seorang pelaut” begitulah lirik lagu untuk menggambarkan perjuangan pendahulu.

Saat ini, suku asli Bajo masih dapat d jumpai disini dan penduduk sekitar menyebutnya Lolo dengan arti orang Bajo. Selain itu labuan bajo bukan lagi menjadi daerah pemasok ikan kering namun menjadi padat oleh turis. Tercatat pengunjung disini mencapai 49.422 orang pada tahun 2014 lalu dan bertambah banyak setiap tahunnya.

Seiring dengan meningkatnya minat pengunjung, pembangunan digerakkan demi peningkatan mutu sektor pariwisata. Namun perlu diingat kita harus tetap menjaga keindahan warisan alam ini. Ada juga kabar terkini mengenai Universitas yang telah dibangun dan terletak di Labuan Bajo.

Lokasi Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di alamat Flores sebelah timur pulau Sumbawa dan bagian utara dari Pulau Sumba. Lokasinya berada di pesisir barat flores, merupakan salah satu kelruahan dari 19 desa di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Untuk lebih tepatnya bisa lihat pada peta atau google maps. Tidak diketahui untuk letter code-nya.

Labuan Bajo termasuk salah satu dari Wonderful Indonesia. Dengan pesonanya dapat membuat takjub pengunjung melihat paras cantik alam Indonesia ini. Sehingga tak ada bosannya untuk menelusuri kecantikan alam kita ini.

Labuan Bajo sering dikunjungi pada libur akhir tahun bulan November dan Desember, selain itu juga pada awal tahun bulan Januari dan Februari. Waktu week end juga sering dengan current time tentunya waktu Indonesia.

Terkenal di Dunia

Tak sedikit tokoh ternama di dunia rela jauh – jauh baru pergi ke labuan bajo untuk berlibur. Diantaranya yaitu pemain sepak bola profesional Zlatan Ibrahimovic atau kerap disapa Ibra. Selain itu juga ada pembalap legendaris juara moto gp Valentino Rossi.

Betapa bangganya kita Indonesia, dapat dilirik oleh orang luar. Dan sudah seharusnya kita mendukung sektor pariwisata di Indonesia untuk menunjukkan sinarnya dikancah dunia.

Seharusnya anda tidak perlu ragu lagi mengenai indahnya labuan bajo. Namun jika masih ragu untuk berlibur kesini, anda bisa melihat review data a artikel olx description di wikipedia, wikitravel, news blog ataupun video vlog hd di youtube maupun live on situs lainnya. Banyak perbandingan keindahannya dengan wisata lain seperti Raja Ampat dan Derawan. Wah seperti pertandingan saja Labuan Bajo vs Raja Ampat, hehe.

Kalau kita telisik lebih jauh, ternyata labuan bajo juga dimuat dalam zeitzone. Zeit zone yaitu salah satu petunjuk waktu sekitar untuk membantu para traveler mengetahui waktu bagian setempat (current time).

What can you see, What can you do ynk

Hal yang bisa kamu nikmati saat berada di Labuan bajo diantaranya mengunjungi goa (cave), ke pantai untuk melihat sunset (Pede Beach dan Binongko Beach), island tours atau hopping island, melihat komodo di alamnya, jalan-jalan mengunjungi desa tradisional Wae Rebo. Perjalanan ke Wae Rebo mungkin sedikit menantang dengan berjalan kaki. Tak perlu bingung karena sudah tersedia itinerary dari paket terpilih

Opsi lain yaitu mengunjungi desa bajawa ngada (Bajawa village) dan juga gunung kelimutu (volcano kelimutu) bagi penyuka mendaki. Meskipun sedikit jauh dari labuan bajo ini bisa jadi pilihan tujuan (destination).

Liburan mewah dengan berlayar menggunakan yacht cruise atau sailing boat bisa dilakukan disini. Terdapat penyewaan (rental) kapal. Sehingga anda bisa menikmati indahnya pemandangan (view) kualitas premium yang bisa anda abadikan dengan mengambil gambar dan jadikan wallpaper handphone.

Liburan tidak lengkap rasanya tanpa mencoba kuliner atau makanan khas setempat. Terdapat banyak restoran/ restaurant dan café.

Cara Menuju Labuan Bajo

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuju kelabuan bajo baik dari kalur darat, udara maupun laut. Sebelum itu sebaiknya anda melihat cuaca/ weather setempat agar perjalanan anda nyaman. Untuk penjelasan tiap jalur adalah sebagai berikut:

Jalur darat: anda bisa menuju lokasi via bus untuk menuju ke labuan bajo apa bila jauh dari bandara. Meskipun memakan waktu yang lebih lama, itu bukan lagi masalah jika kita berlibur bersama rombongan yang menghidupkan suasana di perjalanan. Atau anda bisa sewa mobil di rent car.

Jalur udara: sudah jelas untuk jalur udara anda bisa naik pesawat, seperi Garuda. Untuk pengunjung luar negeri biasanya akan turun di bandara international flights seperti Jakarta (Jayakarta), Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bali (Denpasar) dan Lombok. Selanjutnya bisa menuju bandar udara (airport) komodo dengan letter code departures destination (LBJ). Tiket penerbangan (flight ticket) bisa anda beli secara online.

Jalur laut: ada beberapa alasan mengapa jalur laut dipilih sebagai sarana menuju lokasi (location). Diantaranya yaitu harga yang cukup murah dan juga memiliki kenikmatan tersendiri untuk para traveler atau backpacker. Untuk jalur laut anda bisa menggunakan kapal ferry dari sape menuju labuan bajo. Anda akan tiba di pelabuhan (harbour) pukul 16.00.

Untuk turis luar negeri sebaiknya memiliki visa dan juga menukarkan uang ke penukaran uang atau money exchange in english.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga biaya budget paket wisata di Labuan Bajo memerlukan budget yang cukup besar. Diantaranya trip komodo one day mulai dari IDR 688.000 per pax, paket wisata 2D1N mulai dari angka IDR 1.188.000 per pax, paket 3D2N mulai dari IDR 2.188.000 per pax, paket 4D3N mulai dari IDR 2.688.000 per pax dan Open Trip seharga IDR 3.088.000 per pax

Fasilitas yang disediakan diantaranya akomodasi, transportasi darat selama progam wisata, private boat untuk sailing, makan, coffee break, tiket masuk wisata, pawang komodo, alat snorkeling, jaket pelampung dan professional guide.

Penginapan di Hotel dan Villa

Banyak sekali pilihan penginapan guest house di Labuan Bajo ini. Hotel bintang 5 yang terkenal yaitu Ayana Komodo Resort. Cocok nih buat yang lagi honeymoon. Saat malam tiba anda bisa menikmati nighlife bersama pasangan anda.

Ada juga penginapan unik yaitu Le Pirate crew, penginapan ini bernuansa laut dengan warna putih dan biru. Desain yang unik menambah suasana pantai yang sejuk dan damai. Pemesanan penginapan lainnya dapat dilakukan di situs booking hotel, seperti Mister Aladdin, Agoda dan lain sebagainya.

Biasanya tempat yang nyaman dan tenang sangat cocok untuk melakukan yoga dan mengambil photos. Umumnya tiap hotel biasanya ada yang menyediakan fasilitas yoga tersebut.

Lokasinya di tengah laut tentu dapat melakukan sailing, melihat sunset, night fishing forecast, melihat operator-operators kapal ferry cruise dari jarak dekat dan lin sebagainya. Itinerary lob le board quotes umumnya sudah terencana jika menggunakan open trip zoover, karena itu sudah termasuk dalam extensions in english quote run dapdikmen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!